Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Samsung Galaxy A50s: Upgrade Menjadi Lebih Baik

Di semester kedua tahun ini, Samsung gencar merilis seri “s”. Maksudnya bukan Galaxy S10 yang memang menjadi flagship. Melainkan Galaxy A’s series sebagai upgrade dari produk yang dirilis pada semester pertama. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A50s.

Seri ini merupakan pembaruan dari Galaxy A50 yang lebih dulu hadir pada bulan Maret di tahun ini juga. Artinya, setelah kurang lebih 6 bulan, Samsung langsung menggeser keberadaan A50 dengan beberapa perubahan di Galaxy A50s. Perubahan yang diberikan pun tak sekadar subtitusi minor, namun menyentuh bagian seperti kamera, serta chipset yang lebih baik.

Seberapa baik perbedaan yang diusung, akan kami ulas dalam artikel di bawah ini. Samsung Galaxy A50s sendiri menjadi semacam jawaban atas tantangan dan cepatnya upgrade model dari vendor pesaing Samsung, seperti Oppo dan Vivo. Dan kamu sebagai pengguna, harus jeli membaca arah tren tersebut. Sebab akan sangat menyedihkan ketika baru membeli sebuah ponsel, yang sebulan kemudian sudah keluar versi barunya.

Desain 

spesifikasi Samsung Galaxy A50sSamsung Galaxy A50s memiliki tampilan casing menarik dengan tarikan grafis holografis. Dengan garis-garis diagonal yang bertabrakan dipadu warna berbeda membuat segar Galaxy A50s. Di bawah pantulan cahaya terang membuat casing ponsel ini jadi lebih cantik. Pun bisa dipakai untuk becermin bila kamu butuh untuk mematut diri.

Bodi ponselnya yang apik secara tampilan berbanding lurus dengan kenyamanan. Terasa sleek berkat dimensinya 158.5 x 74.5 x 7.7 mm, tapi juga mantap digenggam di saat bersamaan. Dipadu bobot 169 gram, menjadikan Galaxy A50s salah satu ponsel terbaik untuk dipegang-pegang.

Sementara untuk penempatan tombol fungsi maupun port dari Galaxy A50s tak jauh berbeda dengan A50. Kamu akan mendapati letak port kartu SIM dan microSD ada di sisi kiri bodi ponsel. Port charging, audio 3.5 mm, serta speaker terletak di sisi bawah. Oh ya, untuk proses pengisian baterai sudah menggunakan jenis port USB type C agar lebih cepat.

Tombol volume dan power/stand-by ada di sisi kanan. Sedangkan noise cancelation ada di sisi atas bodi ponsel. Pada bagian sisi ponsel, Samsung memanfaatkan material alumunium. Menjadikan kesan saat menggenggam Galaxy A50s jadi terasa kokoh.

Display

Layar Samsung Galaxy A50s

Pembaruan pada isi Samsung Galaxy A50s ternyata tidak melibatkan sektor display ponsel. Kamu masih bisa menemukan ukuran dan teknologi yang sama. Ukuran layar masih di angka 6, 4 inci pada Galaxy A50s. Teknologi Super AMOLED layar sentuh kapasitif juga masih digunakan serta jadi pattern dari produk milik Samsung. Dan kami akui teknologi layarnya memang jadi salah satu yang terbaik hingga kini. Nyaman dalam cahaya terang atau redup hingga gelap.

Konsep layar masih membawa konsep Infinity-U. Istilah yang sudah lama dipakai pendahulu Galaxy A50s. Sebenarnya ini adalah sebutan untuk letak kamera depan pada bagian tengah yang mengambil keutuhan layar dengan lekukan U. Desain seperti ini memang masih jadi andalan untuk ponsel di kategori mid-level seperti Samsung Galaxy A50s.

Kamera

kamera Samsung Galaxy A50sSektor fotografi menjadi salah satu aspek utama yang mendapat koreksi dari seri sebelumnya. Samsung A50s memang harus mendapatkan pembaruan kinerja, bila melihat pada produk saingan yang sudah muncul dengan konfigurasi lebih baik dibandingkan seri A50.

Tiga kamera masih menjadi andalan pada ponsel ini. Hanya saja kualitas kamera utama kini sudah 48 megapiksel (f/2.0). Berbeda dengan sebelumnya yang hanya 25 MP. Meski begitu output yang dihasilkan memang hanya di resolusi 12 MP, berkat mekanisme tetracell yang mengompresi 4 piksel menjadi satu. Sehingga kualitas gambar menjadi lebih tajam dan bagus.

Sedangkan dua kamera lain beriringan masih sama dengan seri terdahulu. Yakni sebuah lensa untuk ultrawide 8 MP (f/2.2), dan sebuah lensa bokeh 5 MP (f/2.2). Keduanya menyahikan variasi foto yang lebih luas dibanding hanya menggunakan kamera utama di fungsi wide.

Beberapa fitur kamera belakang juga bisa meransang kreativitas kamu. Di antaranya mode Live Focus. Pada mode ini kamu bisa mengedit hasil foto jadi lebih hidup. Efek seperti color point, spin atau zoom bisa dipakai untuk hasil maksimal.

Pada kamera depan, Samsung melengkapi Galaxy A50s dengan sebuah lensa berkemampuan 32 MP (f/2.0). Kemampuan tersebut sudah mengalami peningkatan. Efeknya tentu hasil foto jadi lebih baik. Salah satu fitur menarik ialah wide selfie sehingga kamu bisa mengambil lebih banyak objek masuk dalam frame.

Terakhir dari fungsi kamera tentu saja pemanfaatannya untuk rekam gambar alias video. Fitur yang tersemat termasuk kaya. Super slow-motion, slow motion, dan hyperlapse bisa dipilih untuk efek gerakan yang lebih dramatis. Resolusi video mancapai [email protected] fps. Pada penggunaan lensa belakang, kamu bisa mendapatkan Ultra HD 16:9 pada resolusi 3840 x 2160 piksel.

Pengaturan kamera juga bisa dilakukan. Sehingga ketika kamu hendak memanfaatkan fungsi HDR yang kaya warna, maka lensa akan menyesuaikan. Termasuk fungsi super steady agar lensa tetap fokus meski pengguna merekam dalam keadaan bergerak.  Meski hal tersebut mengorbankan ketajaman detail gambar jadi lebih berkurang. Kemampuan ini sebenarnya peningkatan dari yang ada di Galaxy A50 lewat istilah EIS (Electronic Image Stabilization).

Kemampuan kamera memang Galaxy A50s patut diacungi jempol. Selain fitur yang kaya, pengoperasiannya juga mudah. Kamu bisa berpindah dari kamera belakang ke depan dan sebaliknya hanya dengan menggerakan jari di permukaan layar. Yang intinya memudahkan pengguna dalam memaksikmalkan kerja kamera.

Hasil foto kamera Samsung Galaxy A50s

Related Posts
1 daripada 33

Fitur

Keamanan menjadi salah satu fitur penting yang tersemat pada Galaxy A50s. Dan ponsel ini memadukan fungsi keamanan mulai dari pola pattern, sidik jari, hingga pembaca wajah. Untuk fitur fingerscan sudah tidak lagi ditempatkan pada bagian casing belakang, melainkan berpindah ke bawah layar. Pemindahan tersebut memang membuat ponsel lebih advance dan membuat tampilan jadi lebih clean.

Kemampuan baca sensor sidik jari berlangsung halus dengan respon cepat. Begitu juga dengan lensa kamera depan ketika dipakai untuk mendeteksi wajah sebagai medium pembuka kunci ponsel. Apalagi kamu mengalami masalah saat mengakses dengan dua fitur keamanan tersebut, tetap bisa mengakses ponsel dengan membuat pola titik yang sudah dibuat sebelumnya.fitur Samsung Galaxy A50s

Tak ketinggalan fitur Bixby Vision. Aplikasi yang memanfaatkan lensa kamera untuk menangkap informasi dari objek yang hendak difoto. Informasi harga atau spesifikasi langsung dicarikan melalui mesin pencarian otomatis. Tentu saja kamu harus terhubung dengan data internet terlebih dahulu.

Teknologi Near Field Communication (NFC) juga sudah diaplikasikan dalam Galaxy A50s. Samsung sepertinya belajar dari konsumen di Indonesia saat ini. Ketika makin menjamurnya model pembayar digital, tentu fitur semacam NFC sangat berguna. Dan bisa menambah poin penting bagi kamu yang memang mencari kemudahan bertransaksi.

Salah satu aplikasi bawaan yang mendukung penggunaan NFC adalah Samsung Pay. Aplikasi tersebut berkolaborasi dengan pembayaran DANA. Diklaim akan menghadirkan pengalaman membayar lebih baik dan mudah.

Performa

Seperti sama-sama kita tahu, bahwa Samsung memiliki chipset yang mereka kembangkan sendiri. Dan hasil pengembangannya sudah pasti akan diaplikasikan pada produk terbaru milik mereka. Hal itulah yang bisa kamu temukan pada Galaxy A50s terbaru ini.

Ponsel ini menggunakan chipset Exynos 9611 (10nm), sebuah seri lebih baik dari 9610 (10nm) yang dipakai A50. Perubahan yang paling terasa dari chipset terbaru itu adalah clock speed lebih tinggi hingga 1050 MHz. Dampaknya akan langsung terasa ketika pengguna mengakses ragam aplikasi di dalam ponsel.

Dalam pengujian menggunakan tiga aplikasi berbeda, Antutu Benchmark, Geekbench, dan 3D Mark menunjukkan angka yang relatif baik. Dalm artian di angka yang memang lazim didapat pada ponsel kelas menengah.benchmark Samsung Galaxy A50s

Penggunaan sistem operasi Android Pie 9.0 menjadi basis dari antarmuka One UI versi 1.5. One UI memberikan tampilan yang semakin user friendly. Pengguna akan mendapati icon aplikasi tersaji cerah dengan ukuran realtif besar. Pergantian antarmuka dari tiap menunya juga berlangsung smooth.

Urusan gaming juga mendapat perhatian. Samsung Galaxy A50s memiliki AI Game Booster. Dengan teknologi kecerdasan buatan itu, ponsel bisa mendeteksi peningkatan suhu saat dipakai bermain game. Membuat usia ponsel jadi lebih panjang dan awet. Meski kamu juga bisa menonaktifkan fitur tersebut agar bisa mendapatkan pengalaman gaming tertinggi.

Hanya saja tidak ada perubahan dalam pasokan daya ponsel. Baterai Galaxy A50s sama dengan A50 berukuran 4000 mAh Li-Po. Juga dengan kemampuan fastcharging 15W sehingga proses pengisisan bisa lebih cepat. Kapasitas tersebut memang tidak jelek juga, karena kamu bisa tetap bisa mengoptimalkan penggunaan ponsel hingga satu hari penuh. Tergatung pada jenis aktivitas dan aplikasi yang dibuka.

KesimpulanSamsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s menjadi ponsel yang menjawab tantangan dinamika pemasaran. Perubahan cepat dari sisi konfigurasi dan fitur seakan memaksa vendor harus cepat menyesuaikan produknya agar tidak tergerus pasar. Bisa dilihat dari rentang hadir ponsel ini yang tak sampai satu tahun dari pendahulunya.

Lalu bagaimana potensi ponsel yang hadir sejak September lalu ini? Dengan harga jual di angka awal 4 jutaan, ponsel ini memang sudah sesuai dengan pasar menengah. Peningkatan fitur pun diberikan pada sektor yang tepat guna. Chipset dan kamera yang memang menjadi perhatian utama dari sebuah ponsel.

Tambahan fungsi NFC menjadi tambahan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tren pembayaran digital bisa menjadi pertimbagan bagi seseorang untuk memilih tipe ponsel yang sesuai. Ponsel ini bisa dikatakan layak beli. Sisanya adalah soal selera saja, terutama di pasar ponsel kelas menengah yang sudah sesak.

Ingin memiliki ponsel ini? Kamu bisa membelinya di official store Samsung di Blibli.com

Spesifikasi Samsung Galaxy A50s

Klik pada gambar untuk spesifikasi detail

General

  • Device Type
    smartphone
  • Model / Series
    Samsung Galaxy A50s
  • Released
    12 September, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 4.099.000 (4/64GB), Rp 4.899.000 (6/128GB)

Platform

  • Exynos 9611 (10nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G72 MP3
  • RAM (Memory)
    4 / 6 GB RAM
  • Storage
    64 GB or 128 GB, support Micro SD Slot Up to 512 GB
  • Operating System
    Android 9.0 (Pie)
  • User Interface
    One UI 1.1

Design

  • Dimensions
    158.5 x 74.5 x 7.7mm
  • Weight
    166 g
  • Design Features
    3D Curved Edge Design Front glass, plastic body
    Warna: Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green
  • Battery
    Non-removable 4,000 mAh battery
    Fast battery charging 15W

Network

  • Network Frequency
    GSM/ HSPA/ LTE
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Display

  • Screen Type
    Infinity-U SuperAMOLED
  • Size and Resolution
    6.4-inch FHD+ (1080x2340), 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Touch Screen
    capacitive touchscreen
  • Features
    Corning Gorilla Glass 3

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    48MP (F2.0) + 5MP (F2.2) + 8MP (Ultra Wide) (F2.2)
  • Front
    32MP (F2.0) wide
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    LED flash, panorama, HDR

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - Active noise cancellation with dedicated mic
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS; MMS
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
    ANT+
  • Other
    Samsung Pay, Bixby Home, Bixby Reminder3, Dolby Atmos, Samsung Knox
81%
Affordable!

Review Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s menjadi ponsel yang menjawab tantangan dinamika pemasaran.
Dengan harga jual di angka awal 4 jutaan, ponsel ini memang sudah sesuai dengan pasar menengah. Peningkatan fitur pun diberikan pada sektor yang tepat guna. Chipset dan kamera yang memang menjadi perhatian utama dari sebuah ponsel. Tambahan fungsi NFC menjadi tambahan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ponsel ini layak beli!

Beli
Samsung Galaxy A50s Blibli
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Features
  • Battery