Review Redmi 7: Smartphone Harga Rp1 Jutaan Terbaik dari Xiaomi

Jika kita cermati, pasar smartphone di Indonesia itu seperti piramida. Segmen terbesar berada di bagian paling bawah yang lebih dikenal low-end ataupun entry level sesuai daya beli masyarakat. Makanya hampir semua produsen, kecuali Apple tentu saja, berlomba-lomba menguasai kelas ini. Di segmen ini, salah satu brand paling kuat adalah Xiaomi lewat produknya Redmi 7.

Ponsel ini menyasar segmen kelas menengah ke bawah atau entry level yang punya dana terbatas. Spesifikasi oke dengan harga miring menjadi jurus andalannya.

Redmi 7 sendiri merupakan suksesor dari Redmi 6 yang diluncurkan tahun lalu. Dengan sejumlah peningkatan, Redmi 7 seharusnya bisa tampil lebih perkasa dibanding pendahulunya. Hal paling menonjol adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 632.

Penasaran kan seperti apa? Mari simak review Redmi 7 berikut ini.

Desain

Redmi 7 desain

Dari tampilan luar, ponsel ini hadir secara kekinian dengan layar berponi. Di mana Redmi 7 hadir dengan poni berbentuk huruf U yang lebar.

Pada bagian belakang, Redmi 7 tampil dengan bodi mengkilap plus gradasi kombinasi dua warna.  Desain bagian belakang Redmi 7 dibuat menggunakan cetakan kompresi transparan dan efek gradien warna dengan lapisan nano untuk memberikan warna yang lebih kaya. Terdapat tiga varian pilihan warna yang tersedia yaitu comet blue, lunar red, dan eclipse black. Unit yang saya review sendiri berwarna eclipse black alias hitam.

Tidak ada material mewah seperti metal atau kaca, maklum kelas harganya sensitif. Tapi material polikarbonat yang diusung sudah terasa baik, berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Hanya saja dengan bodi plastik mengkilap, Redmi 7 rawan baret. Untungnya terdapat softcase yang sudah disediakan pada paket pembelian.

Layar

Redmi 7 layar

Beralih ke bagian depan yang diisi sepenuhnya oleh layar. Ponsel ini memiliki layar 6,26 inci dengan resolusi HD+ 720×1520 piksel. Display sudah menggunakan panel layar IPS LCD. Kualitas layarnya tergolong baik mampu menyajikan visualisasi dengan cemerlang. Panel yang dikenal baik dalam urusan tampilan meski dilihat dari sudut pandang miring. Tak hanya itu, layar juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glasss 5.

Redmi 7 masih menggunakan MIUI sebagai antarmuka yang sekarang sudah masuk  versi 10. Ini merupakan antarmuka yang dimodifikasi dari Android 9.0 Pie. Bentuk ikon dan tampilan antarmuka MIUI lebih segar dan terasa lebih ringan dalam penggunaan. Namun sayangnya, MIUI ini berisi iklan ketika mengakses beberapa menu di dalamnya.

Baca juga:  Redmi K20 dan K20 Pro, Sub-brand Xiaomi yang Siap Bertarung di Zona Flagship

Kamera

Redmi 7 kamera

Di sektor fotografi, Redmi 7 memiliki kamera belakang dengan konfigurasi lensa 12MP + 2MP disertai LED Flash. Kamera utama memiliki ukuran piksel besar 1,25μm yang dapat menghasilkan foto cukup baik di kondisi pencahayaan cukup.

Kamu dapat dengan mudah mendapatkan foto potret dengan latar belakang blur yang ditenagai oleh teknologi AI. Keberadaan kamera kedua akan sangat membantu hasilkan potongan bokeh atau buram yang presisi.

Fitur kamera tergolong lengkap dimana terdapat beberapa pilihan mode seperti Portrait, Square, Short Video, dan Pro serta menu HDR, AI, dan filter.

Bagi yang ingin selfie, Redmi 7 kamera depan punya resolusi 8MP yang didukung oleh sensor gerakan tangan untuk berswafoto. Ingin merekam video? Redmi 7 dapat melakukan perekaman hingga 1080p.

Kualitasnya secara umum cukup baik. Terlebih jika mengingat posisinya di kelas entry level dengan harga Rp1 jutaan. Kameranya sudah memenuhi hasrat memotret.

Hasil Foto:

Foto 01
Siang hari di outdoor
Foto 02
Di dalam kereta MRT
Foto 03
Foto di dalam ruangan
Foto redmi malam
Foto Redmi 7 malam hari
Foto selfie Redmi
Foto selfie Redmi 7

Fitur

Seperti sudah disinggung di atas, Xiaomi Redmi 7 menggunakan antarmuka MIUI 10. Di dalamnya tersedia sejumlah aplikasi bawan Xiaomi, seperti Mi Drop untuk berbagi file dan Mi Forum untuk berdiskusi antar pengguna. Ada juga fitur Second Space dan Dual App untuk memiliki dua home screen menyerupai dua smartphone dan dua aplikasi dengan dua akun berbeda. Cocok buat pengguna yang memiliki banyak akun media sosial.

Bagi para gamers, terdapat fitur Game Booster yang menyediakan opsi tambahan yaitu memberikan prioritas bandwidth koneksi internet untuk kebutuhan game. Kemudian memberingan ruang konsumsi memori RAM untuk aplikasi atau game yang diinginkan.

Untuk fitur keamanan perangkat, Redmi 7 memiliki pemindai sidik jari dan AI Face Unlock di kamera depan. Pemindaik sidik jarinya berfungsi sangat baik, proses buka kunci tergolong cepat. Demikian pula dengan AI Face Unlock namun akan sedikit lambat dalam kondisi minim cahaya.

Menariknya, Redmi 7 juga dilengkapi dengan sensor infra merah yang bisa digunakan sebagai universal remote untuk lebih dari 4.000 perangkat elektronik dan peralatan rumah tangga.

Performa

Redmi 7 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632 dengan arsitektur CPU Kryo 250 octa-core. Chipset kelas menengah ini diklaim mampu meningkatkan kinerja kinerja 40% dibanding sebelumnya, serta memberikan pengalaman yang lebih cepat dan lancar.Untuk bermain game, terdapat Adreno 506 GPU yang menciptakan pengalaman grafis lebih tajam.

Dengan harga Rp1 jutaan, memiliki prosesor kelas menengah yang biasanya ditemui pada ponsel Rp2 atau 3 jutaan menjadi kemewahan tersendiri bagi Redmi 7.

Dengan modal tersebut, performa untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game pun terasa sangat lancar. Ya walaupun tidak bisa ngebut dan semulus yang prosesor kelas atas, tetapi nyaman dipakai. Terlebih jika mengingat ini adalah ponsel entry level. Saran kami jika dipakai memainkan PUBG, jangan dipaksa untuk menyeting grafis pada kualitas tertinggi. Melainkan cukup di medium atau low saja.

benchmark redmi 7Pada varian yang dipasarkan di Indonesia, Redmi 7  memiliki dua varian yaitu versi 2GB + 16GB dan 3GB + 32GB. Untuk menambah ruang penyimpanan, disediakan slot micro SD.

Selanjutnya untuk penggunaan sehari-hari, Redmi 7 menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar di kelasnya, membuatnya bisa tahan sehari semalam. Namun sayangnya, tidak dibekali pengisian daya cepat (fast charging).

Kesimpulan

Redmi 7 ok

Ponsel Redmi 7 dijual dengan harga mulai dari Rp1,599 juta untuk konfigurasi 2GB+16GB. Jika kapasitas memori keduanya dirasa kurang cukup, terdapat opsi lain dengan kapasitas memori 3GB+32GB dimana Redmi 7 dijual Rp 1.899.000.

Di kelas ini, Redmi 7 punya penantang serius yakni Realme C2. Keduanya memiliki spesifikasi yang terbilang mirip. Namun Xiaomi seharusnya lebih pede karena popularitasnya yang lebih kuat di pasar kelas menengah ke bawah.

Menurut saya, Redmi 7 adalah ponsel Xiaomi yang terbaik di harga Rp1 jutaan. Jika kamu tidak terlalu suka main game dan cukup menggunakannya untuk sekadar akses media sosial, nonton YouTube, dan browsing maka varian dengan RAM 2GB sudah mencukupi. Namun jika kamu senang bermain game, maka harus memilih RAM 3GB.

Catatan:
Artikel ini sudah tayang di BukaReview dengan judul Review Redmi 7: Smartphone Terbaik Xiaomi Harga Rp1 Jutaan

Spesifikasi Xiaomi Redmi 7

Redmi 7 spec
Klik pada gambar di atas untuk review selengkapnya

General

Device Type Smartphone
Model / Series Xiaomi Redmi 7
Released 23 April, 2019
Status Available
Price Rp 1.599.000 (2GB+16GB) dan Rp 1.899.000 (3GB+32GB)

Platform

Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632
CPU Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPU Adreno 506
RAM (Memory) 2GB / 3GB RAM
Storage 16 GB / 32GB, support micro SD 128GB
Operating System Android 9.0 (Pie);
User Interface MIUI 9

Design

Dimensions 158.7 x 75.6 x 8.5 mm
Weight 180 g
Design Features Color: Lunar Red, Eclipse Black, Comet Blue
Battery Non-removable 4000mAh
Fast Charging 10W

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.26 inches, (~81.5% screen-to-body ratio) 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
Touch Screen Yes, Multitouch capacitive touchscreen
Features Corning Gorilla Glass 5

Network

Network Frequency 2G: GSM: 2/3/5/8
3G: WCDMA: 1/2/5/8
4G: FDD-LTE: 1/3/4/5/7/8/20
4G: TDD-LTE: 38/40
SIM 4G dual SIM: 3-pilih-2 hybrid SIM tray Nano-SIM + micro-SIM atau Micro-SIM + kartu SD micro
Data Speed 4G LTE

Camera

Multi Camera No
Rear 12 MP, f/2.2, 1.25µm, PDAF
Front 8 MP, f/2.0, 1.12µm
Flash Dual LED flash (rear), softlight (front)
Video 1080p/720p video, 30fps
Camera Features Peningkatan low light
HDR
Panorama
Mode foto beruntun (Burst)
Pengenalan wajah (Face recognition)

Connectivity

Wi-fi 801.12 a/b/g/n, Mendukung 2.4/5GHz Wi-Fi / Wi-Fi Direct / Wi-Fi Display
Bluetooth Bluetooth 4.2/HID
USB Ada, micro USB 2.0
GPS Yes, with GPS, AGPS, GLONASS, BeiDou
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features MP4M4VMKVXVIDWAVAACMP3AMRFLAC
Mendukung H.265 /HEVC (profil utama), H.264 (profil dasar/utama/tinggi), MPEG4 (profil simple/ASP), dan format video lainnya. Mendukung PCM, AAC / AAC+ / eAAC+, MP3, AMR (NB dan WB), WAV dan format audio lainnya.
Web Browser HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
80%
Good

Review Xiaomi Redmi 7

Redmi 7 adalah ponsel Xiaomi yang terbaik di harga Rp1 jutaan. Fungsi dan spesifikasinya cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Beli
Redmi 7 3/32GB - Resmi TAM
  • Design
Tinggalkan komen