Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Kirin 980, Chipset Paling Powerful dan Efisien dari Huawei

Tak hanya terus merilis smartphone terbarunya, vendor Huawei turut memperbaharui prosesor yang menjadi urat nadi performa ponsel cerdas buatannya. Chipset Kirin 980 menjadi prosesor teranyar yang siap bersaing dengan “jeroan” bikinan Qualcomm dan Apple yang masing-masing dipakai pada gawai berbasis Android dan iOS.

Chipset Kirin 980 sendiri telah dirilis ke publik dalam ajang elektronik bergengsi IFA 2018 di Berlin, Jerman, akhir Agustus lalu. Chipset Kirin 980 menjadi SoC chipset pertama di dunia yang diproduksi dengan teknologi proses 7nm. Prosesor ini memadatkan 6,9 miliar transistor ke dalam bentang seluas kurang dari 1 cm persegi yang membuatnya bisa mendukung kinerja luar biasa tapi pada saat yang sama hemat daya.

“Kirin 980 adalah chipset paling powerful dan efisien dengan kecerdasan yang tak tertandingi dan konektivitas yang sangat cepat,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

“Ini adalah hasil dari riset bersama selama 36 bulan dari lebih dari 1000 pakar semikonduktor, desain dan pakar proses,” kata Lo Khing Seng.

Beberapa upgrade pada prosesor Kirin 980

Dibandingkan dengan chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm seperti Kirin 970, chipset Kirin 980 mengalami peningkatan performa hingga 20 persen. Di lain pihak,  kepadatan transistor 1,6 kali dalam prosesor ini memberikan penghematan daya sampai 40 persen. Hal ini dimungkinkan berkat adopsi arsitektur heterogen untuk mengintegrasikan 6,9 miliar transistor dalam ruang kurang dari 1 sentimeter persegi untuk menghasilkan peningkatan kinerja yang luar biasa dan penghematan energi yang signifikan.

Selain dibuat menggunakan teknologi proses 7nm, chipset Kirin 980 juga menjadi yang pertama mengintegrasikan dual Neural-network Processing Unit atau NPU sekaligus. NPU ini seperti ‘otak’ pembelajaran mesin bagi sebuah smartphone. Dengan kombinasi dua ‘otak’ ini, kemampuan komputasi Artificial Intelligence (AI) di smartphone pun melambung tinggi. Dengan kata lain, chipset Kirin 980 memungkinkan penggunanya nantinya dalam menjalankan lebih banyak aplikasi untuk mendukung berbagai kebutuhan mereka.

Baca juga: Honor 10 Meluncur dengan Kirin 970 & Kamera Ganda AI

Sedangkan dengan dual NPU dan komputasi paling kuat membuat Kirin 980 mampu menjalankan pengenalan wajah dan obyek, pendeteksian obyek, segmentasi gambar, penerjemahan pintar, dan masih banyak fitur lain yang berbasis AI. Kemampuan ini menghadirkan smartphone dengan pengalaman aplikasi AI on-device yang lebih pintar. Ia mampu mengenali 4.500 gambar per menit, sehingga kecepatan pengenalannya 120 persen lebih tinggi ketimbang Kirin 970 dan jauh lebih tinggi lagi dibandingkan rata-rata industri.

Dengan frame rate yang real-time hingga 30 fps untuk pose lebih dari satu orang, chipset Kirin 980 memampukan smartphone merekam tarian berirama dan pelari cepat dengan baik.

Tentu tak ketinggalan adalah bagaimana chipset SoC Kirin 980 mendukung sistem fotografi mobile di smartphone. Chipset Kirin 980 memakai Image Signal Processor (ISP) buatan sendiri yang merupakan generasi keempat, dengan throughput rate untuk piksel 46 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Alhasil, Kirin 980 bisa merekam foto yang lebih indah dan jernih, serta mendukung lebih banyak kamera. Chipset ini juga dilengkapi dengan fitur reproduksi warna HDR yang baru, sehingga dapat menyesuaikan foto menurut kawasan dan keseimbangan warna yang lebih baik dan menampilkan detil dalam foto.

Yang terakhir adalah kemampuan chipset Kirin 980 dalam hal video dimana ia memakai teknologi pipeline yang dirancang khusus untuk menambah mutu video. Sendatan dalam perekaman video dikurangi sampai 33 persen. Hal ini memungkinkan pengguna hanya membutuhkan smartphone untuk bisa membuat klip video bermutu bening secara gampang.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.