Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Bikin Konten TikTok Kreatif dengan Smartphone 1 Jutaan Samsung

0 3.775

Belakangan ini, banyak banget konten viral yang awal mulanya ditemukan dari TikTok, baru diteruskan ke platform media sosial lainnya. Padahal kalau dilihat-lihat, aplikasinya nampak sederhana. Yang bikin menarik yah murni dari kreativitas para kreator konten di sana, memanfaatkan kemampuan dari smartphone-nya.

Gizmo friends ingin juga bikin konten viral menggunakan aplikasi TikTok? Bisa banget kalau mau langsung dari smartphone. Mengingat sekarang smartphone entry level pun sudah dilengkapi dengan kamera yang bagus. Sebut saja Samsung Galaxy A11, Galaxy A01 & Galaxy A01 Core, lini smartphone terjangkau paling baru yang harganya Rp1 jutaan punya kamera mumpuni.

Ketiga smartphone Samsung tersebut dilengkapi kamera depan dan belakang yang udah pas buat keperluan pembuatan konten TikTok. Dipadukan dengan prosesor yang kuat, pemberian efek, musik dan filter juga bakal berjalan lancar. Ingin memulai untuk bikin konten TikTok kreatif? Berikut tiga tips utama yang bisa kamu coba.

Rencanakan Ide Sebelum Membuat Konten

fitur galaxy a11Sebelum memulai untuk rekam dan edit video, kamu perlu membuat rencana mengenai topik yang bakal kamu buat sebagai konten video. Nggak perlu susah-susah, manfaatkan aja hal-hal yang ada di sekitar. Terutama selama masa pandemi berlangsung, lebih banyak konten yang dibuat dari rumah.

Mulai konten parodi, tips-tips sesuai keunggulan kamu, video memasak dan lainnya. Pelajari dulu objek yang ada di sekitar, atau topik yang mau kamu bahas. Sesuaikan juga dengan durasi konten yang ingin kamu buat, apakah 15 atau 60 detik. Kalau sudah, baru deh lanjut ke tahap pembuatan dan editing.

Nggak ada ide? Tenang aja. Kamu bisa akses halaman Discover di aplikasi TikTok terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa cek, tipe konten atau tagar apa saja yang lagi trending atau banyak dicari oleh pengguna TikTok. Nah, ikutin aja topik yang lagi ngetren. Dengan algoritma TikTok, kontenmu bisa jadi viral walaupun tidak banyak pengikut (followers) sekalipun.

Asah Kreatifitas Lewat Fitur Edit di TikTok

samsung galaxy a01 modelWalaupun sekadar membuat konten di smartphone, TikTok berikan banyak sekali fitur edit yang bisa kamu manfaatkan, untuk membuat konten lebih menarik. Selain langsung merekam dari aplikasi, kamu juga bisa unggah potongan foto maupun video dari galeri.

Pilih foto dan video yang ingin dimasukkan ke dalam satu video TikTok, lakukan editing awal seperti potong durasi, percepat atau perlambat video. Kalau videonya hanya satu, bakal ada opsi untuk ubah suara dengan efek. Kalau lebih dari satu, editing awal bakal dilengkapi juga dengan efek musik, di mana transisi video bakal ngikutin potongan irama musiknya.

Nah, kalau sudah, baru deh kita berlanjut ke halaman selanjutnya, di mana TikTok kasih banyak banget fitur edit tambahan. Ingin perlihatkan pemandangan atau objek seperti makanan? Kamu bisa manfaatkan fitur filter dengan pilihan yang segambreng.

Mau kasih penjelasan tentang objek pada foto/video? Bisa kasih voiceover tambahan, atau teks di detik-detik tertentu. Lalu di menu “effects”, ada banyak alat untuk buat video lebih kreatif seperti transisi, stiker, video yang ditampilkan secara split sampai buat video menjadi slow-motion.

Manfaatkan semua fitur edit video yang ada di aplikasi TikTok. Pakai seperlunya dan disesuaikan dengan konten yang ingin dibuat saja ya.

Manfaatkan Kamera Smartphone Sebaik Mungkin

Samsung Galaxy A01 Core kameraUntuk kualitas yang lebih baik, kamu bisa mencoba untuk ambil foto maupun video lewat aplikasi kamera bawaan, baru kemudian dimasukkan ke aplikasi TikTok untuk dipilih sebagai bagian dari konten. Selain berikan kualitas kamera terbaik di kelasnya, Samsung juga membawa tampilan antarmuka yang mudah lewat One UI yang diusung Galaxy A11, Galaxy A01 dan Galaxy A01 Core.

Meski jadi yang paling murah, kamera utama 8MP di Galaxy A01 Core dilengkapi autofokus dan sanggup rekam hingga resolusi tinggi full HD 30fps, alias udah cukup banget buat konten TikTok. Kamera depan 5MP-nya juga pas buat bikin konten tips atau penjelasan topik tertentu dengan bantuan teks.

Selain Galaxy A01 Core, ada Galaxy A01 yang punya sensor utama lebih baik di 13MP, dengan tambahan depth sensor 2MP. Keduanya bisa hasilkan foto bokeh yang halus, cocok untuk tunjukkan hasil akhir kreasi memasak atau lainnya di TikTok. Punya budget lebih? Galaxy A11 bisa jadi pilihan yang lebih baik.

Samsung Galaxy A11 dilengkapi sensor 5MP ultra-wide di bagian belakang. Sensor tersebut bisa berikan kamu perspektif baru dalam menangkap sudut ruangan rumah, maupun objek yang ingin diabadikan. Nggak perlu lagi mundur terlalu jauh untuk memasukkan lebih banyak objek atau pemandangan dalam satu frame, sehingga pembuatan konten jadi lebih praktis.

Sekian tiga tips utama yang bisa kamu terapkan untuk membuat konten TikTok kreatif, lengkap dengan tiga pilihan smartphone terjangkau yang pas dari Samsung. Semoga kamu tetap bisa bikin konten yang kreatif walaupun #DiRumahAja ya!


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia