Bali, Gizmologi – Jelang Ramadan 2024 biasanya akan dipenuhi penawaran menarik dari brand berbagai industri, bagi penjual pemula perlu persiapan jualan online yang matang.
Dengan memaksimalkan persiapan jualan online jelang Ramadan 2024 besar kemungkinan kamu bisa mendapat banyak keuntungan. Apalagi pandemi yang berakhir di Indonesia tak membuat industri e-commerce mengalami penurunan yang signifikan.
Tokopedia sebagai platform e-commerce memberikan tips agar penjual pemula atau UMKM baru memaksimalkan persiapan jualan online mereka di platformnya. Apalagi jelang Ramadan atau pun ketika Ramadan, persaingan brand akan terlihat kompetitif.
Baca Juga: Ini Produk Terlaris Jelang Ramadan 2024 di Tokopedia dan TikTok
Tips Persiapan Jualan Online di Tokopedia

Jaga Stok Barang
Tokopedia mengatakan ketika Ramadan, jumlah penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan. Cek stok barang di toko dan pastikan jumlahnya aman agar pembeli tidak berpaling ke toko lain.
Agar penjualan maksimal, penjual dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia untuk mengetahui produk yang paling laris. Selain itu, dalam persiapan jualan online, kamu juga perlu untuk cari tahu bocoran produk terlaris Ramadan 2024 di Rekomendasi Produk pada halaman Pusat Edukasi Seller.
Dekorasi Halaman Produk dan Toko dengan Tema Ramadan
Pelaku usaha pemula bisa lakukan persiapan jualan online dimulai dengan ciptakan suasana ala Ramadan di halaman toko penjual dengan menggunakan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia.
Pada halaman Dekorasi Toko, penjual bisa menampilkan banner atau gambar promosi toko, video dan kupon promo. Tokopedia mengatakan dekorasi Toko berpotensi menarik lebih banyak calon pembeli dengan konten-konten menarik yang dapat meningkatkan branding hingga penjualan toko.
Tak lupa juga untuk pelaku usaha pemula diingatkan untuk mempertajam tulisan atau copywriting yang langsung bisa dipahami oleh target pembeli. Gunakan kalimat yang bisa mencuri perhatian calon pembeli pada Banner Toko maupun deskripsi produk, misalnya dengan menaruh harga produk setelah diskon.
Agar lebih relevan, terapkan teknik SEO dengan menyasar kata-kata relevan yang lagi populer agar toko penjual mudah ditemukan calon pembeli melalui mesin pencarian.
Hadirkan Berbagai Promosi

Dalam persiapan jualan online berikutnya kamu perlu untuk menyisihkan sekian anggaran untuk promosi saat Ramadhan 2024. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk hadirkan berbagai promosi menarik untuk menarik perhatian calon pembeli.
Sebelum menghadirkan promosi, kenali target pasar lewat fitur Wawasan Pembeli serta pantau terus pola penjualan produk di toko. Penjual juga bisa melakukan riset dengan melihat strategi penjual lainnya, seperti cara mereka atur promosi dan apa yang disukai pembelinya.
Di Tokopedia terdapat fitur promosi yang bisa kamu manfaatkan seperti kupon cashback, diskon toko, flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkir, dan sebagainya.
Penjual juga bisa memanfaatkan fitur ‘Buy More, Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’, dan berkesempatan muncul di halaman strategis Tokopedia, seperti kampanye Tokopedia dan TikTok Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung sepanjang bulan puasa.
Penerapan fitur ‘Buy More, Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’ bisa dikombinasikan sesuai preferensi. Contohnya, buatlah opsi ‘Beli 2 diskon 5%’ atau ‘Beli 3 diskon 10%’.
Manfaatkan Tren Video Pendek dan Live Streaming
Di era platform video pendek lebih diminati, persiapan jualan online berikutnya ialah dengan menghadirkan konten video pendek atau live streaming. Gunakan media sosial untuk menyebarkan kemeriahan promo yang dihadirkan, dengan menetapkan konten yang ingin disampaikan dan mengatur jadwal unggah konten, termasuk saat sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa.
Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut. Penjual dapat membuat konten berupa cara pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) pakaian untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli.
Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN 2024, agar penjual bisa mendapatkan tips dan trik agar konten video penjual bisa jadi trending atau masuk ‘FYP’ di platform video singkat TikTok.
Evaluasi Jualan Toko Agar Penjualan Semakin Optimal

Persiapan jualan online selanjutnya ialah kamu bisa meluangkan waktu untuk mengevaluasi performa penjualan toko selama Ramadhan melalui fitur Wawasan Toko. Tinjau data penjualan, kunjungan toko, produk terlaris dan yang belum terjual, ulasan pembeli, dan tren pasar untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Evaluasi pula anggaran yang telah dikeluarkan, serta manfaat dari kampanye atau promosi toko yang sudah diterapkan.
Kamu juga perlu memantau performa promosi toko di media sosial. Lakukan evaluasi angka, metrik serta engagement rate di media sosial setiap minggunya.
Cek juga kualitas komentar yang ada di setiap konten untuk mengetahui relevansi konten yang dibuat. Penjual juga sangat disarankan untuk membangun kedekatan dengan pembeli, termasuk membalas pesan dan komentar.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




