Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Sembunyikan Data Pribadi di Smartphone dengan HideX

Smartphone kini telah menjadi perangkat utama untuk melakukan berbagai hal. Di dalamnya kita bisa menyimpan beragam dokumen maupun aplikasi. Terkadang ada teman atau keluarga yang meminjam smartphone kita. Bagaimana jika ada data penting di dalamnya? Kamu bisa coba pakai HideX.

Bisa saja itu dokumen kantor yang sifatnya rahasia. Ataupun file-file koleksi foto pribadi yang tidak ingin orang lain tahu.  Menyembunyikan data pribadi bisa jadi tantangan tersendiri. Karena itu kamu membutuhkan aplikasi penjaga data dan berkas pribadi yang dapat diandalkan seperti aplikasi HideX.

Sebenarnya di Play Store banyak aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menyembunyikan konten di dalam smartphone. Namun tak sedikit yang fitur dan kinerjanya tak sesuai ekspektasi. Nah, HideX ini adalah salah yang kami rekomendasikan karena mudah digunakan dan aman.

Aplikasi HideX untuk sembunyikan foto, file, dan data pribadi 

aplikasi hidex android HideX berfungsi seperti “brankas” digital untuk data pribadi di smartphone yang berkamuflase sebagai kalkulator. Buat kamu yang memang sedang mencari aplikasi untuk menyembunyikan berbagai macam berkas seperti foto, video, file, sampai menyembunyikan aplikasi lainnya, aplikasi ini bisa jadi satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan.

Di Google Play Store, aplikasi ini bisa kamu temukan dengan nama “Calculator Lock – App Hider & Photo Vault – HideX”. Ketika artikel ini dibuat, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 10 juta jumlah instalasi.

Secara resmi, HideX sudah ada sejak November 2019 dan terus meraih banyak pengguna baru hingga mencapai rating rata-rata sebesar 4,7 dari 580 pengguna. Mau tahu fitur lebih lengkap? Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi HideX agar kita bisa menyimpan data dengan lebih aman di smartphone.

Baca juga: 9 Tips untuk Pemula Saat Trading Aset Kripto Bitcoin dll

Satu PIN untuk akses “brankas” digital

HideX dirancang untuk menyembunyikan segala berkas dan aplikasi yang sifatnya pribadi secara mudah. Tujuannya tentu agar terhindar dari pihak yang iseng membuka smartphone kamu.

Hanya dengan 1 PIN yang bisa kamu input ketika pertama kali aplikasi dibuka, kamu akan diperlihatkan tampilan yang menyerupai launcher dengan ragam ikon dan setting yang bisa disetel sesuai kebutuhan.

Sesuai dengan namanya, HideX Calculator Lock ini membuat tampilan PIN input menyerupai kalkulator yang tak akan menimbulkan kecurigaan siapapun yang membukanya. Masukkan 4 digit PIN, lalu tekan tombol sama dengan (=), lalu kamu akan masuk ke launcher.

Selain tampilan PIN input, ikon dan nama aplikasi pun disesuaikan dengan tema kalkulator. Mengapa kalkulator? Tujuannya ya tentu untuk mengelabui jika ada yang ingin meminjam ponsel kita. Toh, itu juga tetap bisa berfungsi seperti kalkulator pada umumnya. Kecuali jika kita memasukkan angka sesuai kode PIN, maka masuk ke dalam aplikasi.

Bisa sembunyikan file melalui galeri 

aplikasi hidex Ketika sudah masuk ke tampilan utama HideX yang menyerupai launcher, kamu bisa klik ikon galeri untuk memulai menyembunyikan file di HP.

Klik tombol “+” di pojok kanan bawah, kemudian pilih file yang ingin kamu sembunyikan. Setelah itu, file ini tidak akan bisa ditemukan dari file manager biasa, melainkan hanya bisa diakses dari galeri HideX.

Tersedia browser + VPN bawaan untuk privasi lebih

Selain menyembunyikan file, HideX juga bisa kamu gunakan sebagai browser yang privat. Dari tampilan utama HideX, kamu bisa klik ikon browser untuk mulai menggunakannya.

Aplikasi browser sudah termasuk VPN untuk menjamin kerahasiaan data yang kamu komunikasikan di internet. Ketika fitur VPN HideX aktif, kamu bisa melihat ada ikon kunci kecil di bagian status bar.

Harga langganan aplikasi HideX

Apapun yang ada di smartphone kamu, pada esensinya adalah privasi kamu sendiri. Namun, terkadang memang ada teman atau orang terdekat yang suka iseng mencoba membuka kunci smartphone dan melongok file, foto, dan video yang harusnya enggak diketahui orang lain.

Semua ini bisa kamu hindari dengan menggunakan aplikasi tersebut. Hanya dengan 1 PIN, kamu bisa mengakses ragam fitur privasi, mulai dari menyembunyikan foto, video, aplikasi, hingga kloning aplikasi yang kamu inginkan.

Memang, ada beberapa fitur bawaan yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Tapi beberapa fitur ekstra yang butuh biaya berlangganan pun rasanya sepadan jika kamu memang orang yang butuh privasi lebih.

Salah satu fitur premium adalah adalah Hide Apps. Sesuai namanya, berfungsi buat menyembunyikan aplikasi dari home screen utama kamu. Juga ada Clone App yang berfungsi untuk kloning aplikasi apapun yang diinginkan. Fitur ini biasanya banyak digunakan untuk kloning aplikasi chat dan media sosial.

Namun, 2 fitur tadi, Hide Apps dan Clone Apps hanya bisa kamu gunakan jika berlangganan fitur premium yang terbagi menjadi mingguan atau tahunan. Harga langganan fitur premium ini berkisar Rp69.000 untuk mingguan dan Rp990.000 untuk tahunan.

Bagaimana, tetarik mencobanya? Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Tinggalkan komen