alexa

Ubah Tone Foto dengan AI Palette di OPPO Reno6, Nggak Perlu Lightroom!

Kalau Gizmo friends sedang punya hobi untuk ambil foto dan mengunggahnya ke Instagram, pasti ingin agar hasil fotonya tampil menarik, estetik dan bisa mendapatkan banyak respon atau likes. Di smartphone terbaru OPPO Reno6, kamu bisa manfaatkan fitur AI Palette yang ada di dalamnya.

Ya, smartphone yang dirilis pertengahan tahun 2021 ini bawa beberapa peningkatan pada sektor kameranya, dibandingkan generasi sebelumnya. Yang sangat diunggulkan adalah kemampuannya hasilkan efek bokeh creamy secara instan dan real-time lewat fitur Bokeh Flare Portrait. Tak hanya pada foto, namun juga berfungsi saat rekam video.

Baca juga: Review OPPO Reno6: Lebih Menawan, Bawa Fitur Video Unggulan

Namun tentu tak hanya itu saja yang diunggulkan. Nah, uniknya fitur AI Palette ini tak banyak dibahas secara resmi. Tersimpan dalam aplikasi galeri Photos bawaan, kamu bisa ubah tone foto sesuai dengan selera, hanya dengan beberapa kali sentuh saja. Bikin feed Instagram kamu lebih kece dan beragam.

Fungsi Fitur AI Palette di OPPO Reno6

AI Palette - OPPO Reno6

Lalu sebenarnya bagaimana cara kerja fitur AI Palette? Mudahnya, ini bisa gantikan fungsi dari mengubah tone warna lewat aplikasi seperti Adobe Lightroom. Di Lightroom, umumnya pengguna harus membuat preset khusus, atau bahkan membeli preset dari fotografer lain agar bisa mengaplikasikan tone warna yang sama.

Selain harus membayar, kamu juga harus menyimpan profil tersebut ke dalam smartphone, lalu memilihnya di Lightroom dan menyimpannya agar bisa digunakan. Cara ini bisa dibilang agak merepotkan, terutama bagi kamu yang ingin semuanya serba instan. AI Palette cocok dijadikan alternatif sederhana, bisa replikasikan tone warna dalam sebuah foto secara otomatis.

OPPO Reno6 - AI Palette

Fitur ini diturunkan langsung dari sang flagship, OPPO Find X3 Pro ke OPPO Reno6. Cara menggunakannya? Gampang banget. Cari foto yang ingin kamu edit pada aplikasi Photos bawaan OPPO Reno6. Setelahnya, pilih tombol edit, geser ke kanan dan kamu bakal menemukan menu baru, AI Palette.

Di dalamnya, terdapat dua foto bawaan yang bisa kamu replikasikan tone warnanya sebagai pengujian. Nah, kalau kamu ingin mengambil tone warna foto lain, tinggal tekan tombol “+” di sebelah kiri, lalu pilih foto yang mau dituju karakteristiknya. Setelahnya, tinggal dipilih dan efek bakal langsung muncul. Semudah itu!

Bisa Tiru Warna Foto dengan Mudah

AI Palette - OPPO Reno6

Nah, sedikit lifehack, kalau kamu ingin mencontoh tone warna foto yang kamu temukan di Instagram, cara menirunya sangat mudah. Semudah dengan mengambil tangkapan layar atau screenshot, tambahkan ke AI Palette dan pilih foto tersebut. Jadi nggak perlu ubek-ubek atau beli preset Lightroom, deh.

AI Palette hanyalah satu dari sekian banyak fitur yang bisa bikin konten foto kamu lebih menarik. Masih ada fitur-fitur kamera lainnya seperti AI Color Portrait serta Portrait Beautification yang dapat tingkatkan tampilan wajah secara natural, langsung saat mengambil foto.

Ingin perdalam konten video? Selain Bokeh Flare Portrait, OPPO Reno6 juga punya fitur AI Highlight Video yang ditingkatkan. Hanya dalam satu sentuhan, efek HDR akan otomatis diaplikasikan. Sementara di malam hari, mode ini bakal cerahkan video selayaknya menggunakan mode malam, tanpa perlu bantuan lampu flash.

Tinggalkan komen