OPPO Reno6 Bakal Punya Fitur Bokeh Flare Portrait untuk Video

Nampaknya kehadiran smartphone khusus fotografi & videografi dari OPPO Indonesia bakal semakin dekat. Setelah kemarin muncul di sebuah situs e-dagang, kini pihak resmi telah perkenalkan sebuah fitur baru yang dinamakan Bokeh Flare Portrait. Penjelasannya sendiri cukup mengejutkan, karena ini bukanlah fitur untuk pengambilan gambar atau foto.

Sebelumnya, OPPO Reno5 Series hadir dengan segudang fitur kamera baru yang ditingkatkan. Selain AI Color Portrait, Reno5 dilengkapi fitur Night Flare Portrait yang mampu percantik hasil foto malam. Sementara untuk video, disiapkan mode dengan AI khusus, demi berikan efek HDR serta mode malam secara real-time.

Lalu bagaimana dengan OPPO Reno6? Pertama kali dibocorkan, smartphone ini bakal mengusung fitur gaming khusus yang disebut dengan Quick Startup. Fitur tersebut dibocorkan lewat sebuah unggahan video pada akun YouTube PMNC 2021. Menarik, karena membuktikan bila smartphone yang fokus pada sektor kamera, juga memiliki keandalan untuk mobile gaming.

Baca juga: OPPO Reno6 Dipastikan Bakal Membawa Fitur Gaming Khusus

Bokeh Flare Portrait Jadi Fitur Unggulan OPPO Reno6

OPPO Reno6 - Fitur Bokeh Flare Potrait

Setelah tampilkan desain bodi belakangnya secara pertama kali, sekarang giliran fitur unggulan kedua yang dipertunjukkan dalam bentuk teaser. Fitur Bokeh Flare Portrait pada Reno6 pun muncul di video berdurasi singkat 15 detik pada kanal YouTube resmi OPPO Indonesia. Digadang bakal menjadi salah satu keunggulan perangkat kelas menengah tersebut.

Secara keseluruhan, fitur yang terlihat nampak persis seperti Night Flare Portrait. Mode yang telah hadir pada generasi sebelumnya ini memanfaatkan algoritma low-light HDR, serta algoritma bokeh secara langsung. Hasilkan efek lampu artistik pada bagian layar subyek, seolah dijepret dari kamera profesional dengan diafragma besar.

Dan sesuai namanya, fitur ini bakal hanya bekerja dan terlihat efeknya ketika dalam situasi kurang cahaya, dengan kondisi sarat lampu di kejauhan. Namun bila dilihat lebih jelas, pada video tersebut, tombol yang terletak di bawah merupakan tombol video. Artinya, Bokeh Flare Portrait merupakan fitur tambahan dalam perekaman gambar bergerak.

Ini merupakan peningkatan yang cukup jauh signifikan dibandingkan sebelumnya. Bila Reno5 saja membutuhkan waktu untuk proses simpan hasil foto potret, OPPO Reno6 nampaknya hadir dengan chipset yang lebih powerful. Sehingga bisa memproses semuanya secara real-time dalam bentuk video.

Ada dua kemungkinan bagaimana fitur ini bisa hadir. Yang pertama, chipset yang digunakan pada OPPO Reno6 nantinya lebih bertenaga, dengan ISP dan processing power lebih tinggi agar dapat memproses algoritma video lebih baik. Atau optimalisasi dari tim internal OPPO supaya proses bisa dilakukan lebih efisien, tanpa memerlukan prosesor kelas tinggi.

Peningkatan Fitur Video Sejak OPPO Reno5

Kamera OPPO Reno5

Sebelumnya, OPPO telah tingkatkan kualitas perekaman video pada OPPO Reno5. Dual-View Video, misalnya, memungkinkan pengguna untuk merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, dengan opsi bingkai berbeda-beda. Juga terdapat fitur AI Mixed Portrait yang bisa gabungkan foto dan video layaknya double exposure.

Dan yang tak kalah canggih adalah AI Highlight Video, satu fitur yang berfungsi ganda. Dalam kondisi cahaya terang atau backlight, AI Highlight Video secara otomatis terapkan algoritma HDR, untuk berikan efek rentang dinamis lebar agar bagian gelap terlihat lebih terang dan juga sebaliknya agar seimbang.

Sementara saat kamera mendeteksi cahaya yang kurang, algoritma mode malam bakal nyala otomatis. Sehingga dapat merekam subyek maupun obyek dalam pencahayaan gelap secara lebih jelas, tanpa perlu bantuan lampu kilat. Kira-kira, fitur apa lagi ya yang bakal hadir di OPPO Reno6?

Tinggalkan komen