Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor 9A Hadir Sebagai Smartphone NFC Murah di Eropa

0 4.975

Meski kini harus berjuang tanpa layanan Google, Honor tetap bersemangat untuk merilis produk smartphone baru. Awal bulan kemarin, telah diluncurkan Honor Play4 Pro yang dilengkapi sensor temperatur untuk cek suhu tubuh. Kali ini, mereka merambah ke pasar Eropa dengan merilis sebuah smartphone terjangkau, yaitu Honor 9A. Menariknya, smartphone ini dilengkapi NFC.

Di negara asalnya, layanan Google memang tak begitu diperlukan. Namun bila Honor masih berani hadirkan produk baru, mereka sepertinya memang berkomitmen untuk kembangkan Huawei Mobile Services secara serius. Di Indonesia sendiri, hal tersebut terbukti dengan sudah adanya banyak aplikasi lokal populer seperti mobile banking, e-commerce, operator sampai aplikasi hiburan seperti JOOX.

Kembali ke smartphone yang baru diperkenalkan di Eropa ini. Honor 9A sebelumnya sudah hadir di Rusia bersamaan dengan dua seri Honor 9 lainnya. Smartphone ini punya desain menarik dengan back cover yang berubah warna sesuai penerimaan cahaya. Hadir dalam tiga varian warna yaitu Ice Green, Phantom Blue dan Midnight Green.

Baca juga: Honor Rilis Lini Produk Ekosistem Smart Home

Spesifikasi Honor 9A

Honor 9A

Di sisi depan terdapat layar berdimensi 6,3 inci dengan resolusi HD+ dan waterdrop notch, yang berisi kamera depan 8MP. Sementara sensor sidik jari masih diletakkan di belakang, menemani tiga kamera utamanya. Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan adalah kapasitas baterainya yang besar di 5.000 mAh. Meski begitu, bobotnya masih relatif ringan di 189 gram.

Dengan baterai 5.000 mAh, Honor mengklaim jika Honor 9A dapat digunakan untuk menelepon selama 33 jam lewat jaringan 4G, memutar video sampai 35 jam, atau 37 jam mendengarkan radio dengan built-in antenna. Ketika sudah lebih banyak orang memilih menggunakan platform streaming, agak unik jika Honor berikan angka durasi penggunaan untuk radio FM ya.

Smartphone ini gunakan chipset MediaTek MT6765, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Helio P22. Ini adalah chipset rilisan 2018 yang dulu juga digunakan di smartphone besutan HMD, yaitu Nokia 3.1 Plus. Chipset ini dipasangkan dengan RAM 3GB serta penyimpanan internal 64GB. Jika dirasa kurang, masih bisa ditambah kartu microSD (tenang, bukan NM Card) hingga kapasitas 512GB.

Jalankan Huawei Mobile Services Tanpa Layanan Google

Honor 9A

Spesifikasi tersebut dirasa cukup untuk menjalankan Magic UI 3.1, yang merupakan versi rebranding dari EMUI 10.1 milik Huawei. Dan sama seperti smartphone Huawei terbaru, Honor 9A menjalankan Huawei Mobile Services, dengan Huawei AppGallery sebagai pengganti Google Play Store. Di bodi belakangnya, terdapat tiga kamera yang masing-masing beresolusi 13MP (wide), 5MP (ultra-wide 120 derajat) & 2MP (makro).

Honor 9A dijual seharga EUR149.90 atau sekitar Rp2,3 jutaan. Smartphone ini mulai tersedia melalui program pre-order pada 1 Juli mendatang di toko ritel Huawei di Eropa serta Amazon. Pada momen yang sama, Honor juga menghadirkan MagicBook 14 plus sebuah earbuds TWS Honor Choice.


Beli perangkat Honor di:

Lazada Shopee JD.ID