Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Z Fold2 Mulai Dijual, Harga Rp29 Jutaan

0 2.812

Smartphone lipat terbaru dari Samsung ini memang telah diperlihatkan bersamaan dengan Galaxy Note20 series pada gelaran Samsung Unpacked beberapa waktu lalu. Namun pada saat itu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut belum memberikan informasi lebih detil mengenai harga dan spesifikasinya. Kini, Samsung Galaxy Z Fold2 telah diresmikan.

Lewat sebuah gelaran terpisah yang dinamakan “Galaxy Unpacked Part 2”, Samsung secara khusus memperkenalkan Galaxy Z Fold2 yang hadir dalam dua edisi berbeda, yaitu varian biasa dan tentunya versi Thom Browne edition. Perangkat ini mulai dapat dipesan pada pertengahan bulan mendatang, dengan harga global yang cukup fantastis.

Banyak sekali peningkatan yang dihadirkan di Samsung Galaxy Z Fold2, jika dibandingkan dengan generasi pertama yang seolah baru hadir untuk membuktikan konsep layar lipat saja. Edisi kedua ini hadir dengan layar yang jauh lebih besar, baik layar depan (Cover Screen) maupun layar utama di dalamnya. Mekanisme lipatnya juga tentu diperkuat, termasuk fitur yang diberikan.

Baca juga: Ini Harga Resmi Samsung Galaxy Tab S7 Series di Indonesia

Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold2

Galaxy Z Fold2

“Perjalanan kami menuju perangkat mobile generasi berikutnya penuh dengan orisinalitas dan inovasi,” kata Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (1/9). Lewat Samsung Galaxy Z Fold2, Samsung mendengarkan masukan dari seluruh pengguna untuk memastikan telah bawa peningkatan yang berarti.

Dimulai dari tampilan luarnya, Samsung Galaxy Z Fold2 hadir dengan layar yang jauh lebih besar, dari 4,6 inci menjadi 6,2 inci SuperAMOLED dengan aspek rasio tinggi 25:9. Menggunakan desain Infinity-O, modul kameranya juga diperbarui, miliki desain serupa Galaxy Note20.

Sementara di dalamnya, layarnya juga membesar berkat bezel yang jauh lebih ramping. Punya dimensi 7,6 inci dengan resolusi tinggi hingga 1768p, panel Dynamic AMOLED yang digunakan sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz. Untuk proteksi lebih, Samsung gunakan Ultra Thin Glass yang sebelumnya ada di seri Galaxy Z Flip.

Engselnya diperkuat dengan mekanisme CAM baru, yang membuat Galaxy Z Fold2 dapat diputar atau berdiri dalam berbagai sudut bebas. Di dalam celah antara bodi dan rumah engsel, terdapat teknologi sweeper yang secara otomatis  bisa bersihkan kotoran debu serta partikel yang masuk. Samsung sediakan empat warna engsel berbeda untuk tingkat personalisasi yang tinggi.

Galaxy Z Fold2

Dengan besarnya layar utama yang ada di Galaxy Z Fold2, Samsung bekerja sama dengan pihak Google serta Microsoft untuk optimalkan aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat ini. Menjalankan aplikasi seperti Google Duo, YouTube, Spotify sampai Office 365 bisa lebih produktif, menampilkan dua menu berbeda di setiap bagian layar.

Samsung juga tingkatkan pengalaman penggunaan kameranya. Lewat fitur seperti Capture View Mode yang otomatis tampilkan lima jepretan terbaru di salah satu bagian layar, atau fitur Auto framing dimana objek secara otomatis dipaskan ke dalam tangkapan kamera, ketika perangkat diletakkan di media statis seperti meja untuk rekam konten video.

Samsung Galaxy Z Fold2 ditenagai chipset Snapdragon 865+ dengan RAM 12GB dan memori penyimpanan 256GB UFS 3.1. Kapasitas baterai 4,500 mAh di dalamnya mendukung 25W fast charging serta fast wireless charging. Total ada lima kamera di smartphone lipat terbaru Samsung yang satu ini.

Di bagian luar, ada kamera depan 10MP f/2.2 dan tiga kamera belakang, masing-masing punya sensor 12MP f/1.8 dengan Dual Pixel AF & OIS (sensor utama), 12MP f/2.4 OIS 2x optical zoom, plus 12MP f/2.2 ultra wide-angle. Sementara di dalam, juga terdapat kamera punch hole 10MP f/2.2, sehingga pengguna bebas untuk melakukan panggilan video dalam mode tertutup atau terbuka.

Harga Samsung Galaxy Z Fold2

Samsung Galaxy Z Fold2 Thom Browne Edition.
Samsung Galaxy Z Fold2 Thom Browne Edition.

Untuk sebuah perangkat dengan inovasi fantastis, tentunya harganya tidak murah. Samsung Galaxy Z Fold2 dijual secara pre-order secara global mulai hari ini, dan akan mulai dikirim pada 18 September mendatang. Harganya? USD1,999 atau sekitar Rp30 juta. Belum diketahui berapa harga resminya di Indonesia.

Samsung juga menghadirkan perangkat ini dalam varian Thom Browne edition, terbatas 5.000 unit seharga USD 3,299 (Rp48 jutaan). Dalam paket penjualannya, disertakan Galaxy Buds Live & Galaxy Watch 3, semuanya diberikan sentuhan desain khusus dari Thom Browne New York, bahkan hingga detil terkecil seperti kabel pengisi dayanya.


Cek harga perangkat Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli Tokopedia