Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Watch 3 Usung Desain Lama yang Disempurnakan

0 3.434

Dalam gelaran Galaxy Unpacked yang diadakan secara daring 5 Agustus lalu, Samsung perkenalkan dua perangkat aksesori wearables terbarunya. Bagi penikmat audio yang menginginkan earphone TWS dengan desain nyaman, Galaxy Buds Live bisa menjadi pilihan yang terbaik. Dan untuk Gizmo friends yang lebih membutuhkan perangkat untuk kesehatan, Samsung siapkan jam tangan pintar terbarunya.

Pada akhirnya, Samsung meresmikan Galaxy Watch 3. Meski menggunakan angka tiga, desainnya tidak sama dengan Galaxy Watch Active 2 yang dirilis awal tahun kemarin. Melainkan seri ini lebih terlihat seperti generasi terbaru dari Galaxy Watch, miliki tampilan yang lebih klasik, dengan fitur keunggulan yang kembali dihadirkan di sekeliling layar sirkularnya.

Ya, fitur rotating bezel alias bezel yang bisa diputar untuk bernavigasi, akhirnya kembali di Galaxy Watch 3. Dengan begitu, konten yang ditampilkan di layar tidak tertutup jari saat sedang bernavigasi atau membaca pesan. Samsung sendiri merilis perangkat ini dalam dua varian dimensi – 45mm & 41mm.

Baca juga: Galaxy Buds Live, TWS Pertama Samsung dengan Active Noise Cancellation

Keunggulan Samsung Galaxy Watch 3

Samsung Galaxy Watch 3 & Note20 Ultra

Masing-masing punya dimensi layar 1,4 inci & 1,2 inci, dengan panel Super AMOLED beresolusi 360 x 360 piksel. Perlindungan ekstra Gorilla Glass DX diberikan untuk cegah baret pada permukaan kaca layar Galaxy Watch 3. Sudah kantongi sertifikasi MIL-STD 810GB, smartwatch terbaru Samsung ini juga tahan air dengan standar IP68.

Menjalankan sistem operasi buatan pabrikan sendiri yaitu Tizen OS 5.5, Samsung Galaxy Watch 3 gunakan chipset Exynos 9110, yang terdiri dari CPU dual-core 1,15GHz. Kapasitas RAM-nya cukup lega di 1GB, dengan memori 8GB untuk menyimpan ragam aplikasi. Untuk daya tahan baterai, versi 45mm diklaim dapat menyala hingga dua hari pemakaian, sementara untuk 41mm lebih singkat yaitu satu hari saja.

Dalam merancang perangkat ini, Samsung tidak main-main dan menggandeng pembuat jam tangan asal Swiss, yaitu IWC Schaffhausen. Jika sekilas terlihat sama, Galaxy Watch 3 dibuat 15% lebih ringan, 14% lebih tipis dan 8% lebih kecil dari generasi Galaxy Watch sebelumnya.

Seluruh variannya hadir dengan material stainless steel, tak lagi aluminium. Serta pilihan strap karet digantikan dengan kulit yang warnanya sesuai dengan bodi jam tangan, hadir dalam warna terbaru seperti Mystic Bronze. Fitur-fitur kesehatannya juga ditingkatkan dalam pembaruan kali ini.

Dengan perangkat ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur seperti ECG atau elektrokardiogram, serta monitor tekanan darah (SpO2) langsung dari smartwatch. Namun untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Samsung harus mematuhi regulasi di tiap negara, sehingga belum tentu bisa langsung dinikmati oleh konsumen Indonesia.

Saat digunakan untuk berolahraga seperti berlari, Galaxy Watch 3 akan berikan saran secara real-time untuk pace dan langkah yang ditempuh, dengan informasi hasil akhir yang lebih mendetil dari seri Watch Active 2. Perangkat juga bisa mengirim notifikasi ke kontak tertentu ketika mendeteksi penggunanya terjatuh.

Harga Samsung Galaxy Watch 3

Galaxy Watch 3

Samsung Galaxy Watch 3 mulai dijual seharga USD 399 atau Rp5,8 jutaan. Harga tersebut untuk varian 41mm Wi-Fi only, sementara nantinya ada varian dengan dukungan LTE maupun eSIM. Belum ada informasi mengenai harga resmi serta ketersediaannya di Indonesia.

Harga tersebut memang cukup mahal, sudah mendekati harga smartwatch milik Apple. Bahkan jauh melampaui smartwatch dari OPPO, yaitu OPPO Watch yang juga baru diluncurkan dengan WearOS dan tampilan yang tak kalah menarik.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com