Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Galaxy Buds Live, TWS Pertama Samsung dengan Active Noise Cancellation

1 2.402

Selain memperkenalkan beragam produk Android terbarunya, dalam pergelaran Galaxy Unpacked yang diadakan sepenuhnya daring, Samsung juga meresmikan perangkat wearables terbarunya. Selain sebuah smartwatch, juga earphone TWS yang sempat membuat ramai karena desain atau bentuk yang menyerupai jenis kacang. Yup, adalah Samsung Galaxy Buds Live, hadir dengan desain unik serta fitur terbaru yaitu Active Noise Cancellation (ANC).

Ya, pada akhirnya Samsung rilis perangkat TWS dengan fitur premium, umumnya ditemukan di perangkat seperti Apple AirPods Pro atau Sony WF-1000XM3. Selain itu, kualitas suaranya juga ditingkatkan, masih teruskan kerjasama dengan AKG. Meski begitu, Samsung Galaxy Buds Live masih memiliki beberapa sisi yang kalah unggul dari seri Buds Plus.

Keunggulan Samsung Galaxy Buds Live

Jika dilihat dari desain kotaknya sendiri, Samsung Galaxy Buds Live lebih menyerupai kotak penyimpanan berlian. Karena sedikit lebar, ketebalannya dapat direduksi, sehingga akan masih nyaman untuk dimasukkan ke kantong celana. Perangkat ini hadir dalam tiga warna menarik; Mystic Black, Mystic White serta Mystic Bronze.

Mungkin Gizmo friends bingung dengan bentuk dari Galaxy Buds Live yang punya finishing glossy ini, bagaimana caranya agar perangkat bisa menempel di telinga. Yang pertama, dengan mengikuti tutorial resmi dari Samsung berikut ini. Kedua, dengan memanfaatkan dua ukuran wingtip, yang dipasangkan di bagian dalam. Berbeda dengan Galaxy Buds Plus yang lebih terlihat dari luar.

Masing-masing earbud memiliki bobot 5,6 gram, plus 42 gram dari wireless charging case-nya. Soal baterai, 60 mAh + 472 mAh di case diklaim sanggup berikan total 21 jam penggunaan, dengan rentang waktu 5,5 hingga 8 jam untuk sekali pakai berkelanjutan. Sedikit lebih rendah dari durasi 11 jam di Galaxy Buds Plus, namun masih cukup awet.

Fitur baru yang dihadirkan adalah ANC, memanfaatkan seluruh unit mikrofon yang ada untuk meredam frekuensi rendah supaya noise dari luar tidak terdengar oleh pengguna. Karena desainnya tidak terlalu menyumbat suara luar, perangkat ini tidak perlu hadir dengan mode Ambient sound terdedikasi.

Earbud Galaxy Buds Live

Total terdapat tiga unit mikrofon, dua di luar dan satu di dalam. Sementara di bagian dalamnya terdapat sebuah sensor bernama Voice Pickup Unit, yang dapat mendeteksi gerakan rahang mulut untuk mengetahui kapan suara harus ditangkap oleh mikrofon dengan jelas. Guna proses telepon yang lebih lancar dan jelas di tengah keramaian.

Kualitas audionya diklaim lebih baik, dengan dimensi driver yang lebih besar di 12mm. Samsung juga menggandeng AKG untuk optimalkan keluaran suaranya, termasuk sebuah saluran bass serta saluran angin khusus supaya suara lebih imersif.

Perangkat ini juga hadir dengan Gaming Mode serta fitur untuk membangunkannya lewat Bixby di negara tertentu. Tentunya, jika mengaktifkan fitur gaming yang menurunkan latensi, ataupun ANC, daya tahan baterai pasti berkurang cukup banyak.

Sertifikasi IPX2 membuatnya hanya tahan dari tetesan air. Sementara untuk fitur baru lainnya, satu unit Galaxy Buds Live dapat dipasangkan dengan unit Buds Live lain agar memutar lagu yang sama dari berbagai perangkat, berguna untuk mendengarkan musik bersama teman dengan seksama. Fitur ini dinamakan “Buds Together”.

Harga Samsung Galaxy Buds Live

Samsung Galaxy Buds Live - Note20 Ultra

Samsung Galaxy Buds Live hadir dengan harga yang sedikit lebih mahal dari earphone TWS Samsung sebelumnya, yaitu USD170 atau sekitar Rp2,4 jutaan. Di Indonesia sendiri, kemungkinan harganya mencapai Rp2,599 juta, berdasarkan rumor yang beredar saat ini.

Ingin mendapatkannya secara gratis? Kabarnya juga, Galaxy Buds Live bakal dijadikan sebagai bonus bundle ketika Gizmo friends memesan Samsung Galaxy Note20 Ultra selama masa pre-order. Sementara varian biasa ‘hanya’ mendapatkan Galaxy Buds Plus.