Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tiga Alasan Utama Upgrade dari Galaxy Note10 ke Galaxy Note20

1 933

Selang kurang lebih satu tahun sejak peluncuran Galaxy Note10 series pada 2019 lalu, sudah saatnya bagi Samsung untuk hadirkan penyegaran pada seri flagship yang unggulkan fitur produktivitas ini. Maka pada 5 Agustus kemarin, Samsung perkenalkan Galaxy Note20 series. Keduanya hadir dengan desain baru, fitur S Pen yang ditingkatkan dan banyak lagi.

Dengan Galaxy Note20 series, pengalaman menulis atau menggambar di atas layar dibuat jauh lebih nyaman. Prosesor baru yang lebih kencang serta fitur nirkabel baru, mampu tingkatkan produktivitas penggunanya. Dengan desain timeless yang lebih menawan dan lebih kuat, dapat menjadi alasan agar konsumen Indonesia melakukan upgrade ke seri ini.

Lantas apa saja fitur-fitur unggulan yang membuat pengguna Galaxy Note10 serta Galaxy Note10+ wajib berpindah atau upgrade ke Galaxy Note20 & Galaxy Note20 Ultra? Berikut tiga alasan utamanya.

Lebih Mewah dan Powerful

Desain Galaxy Note20 Ultra

Tak hanya fitur atau komponen di dalamnya, Samsung juga merombak desain dari Samsung Galaxy Note20 series. Hadir dengan warna yang lebih netral seperti Mystic Bronze, Samsung membuat kedua smartphone flagship terbarunya ini lebih premium, simpel dan timeless, alias tidak mudah termakan waktu.

Perlindungan Gorilla Glass Victus pada layar Galaxy Note20 Ultra mampu tahan dari kejatuhan hingga 2 meter (menurut hasil tes laboratorium dari Corning), serta miliki ketahanan gores 4 kali lebih baik dari kompetitor. Performanya juga tentu ditingkatkan, kini dengan chipset Exynos 990 yang punya kemampuan pemrosesan AI lebih powerful, namun tetap hemat daya berkat fabrikasi 7nm.

Chipset ini mampu berikan pengalaman gaming yang lebih baik, serta tingkatkan kualitas foto dengan algoritma AI. Membuat Samsung Galaxy Note20 series dapat merekam video hingga resolusi 8K 24fps dan berikan refresh rate 120Hz di Galaxy Note20 Ultra. Selain chipset, jenis penyimpanan UFS 3.1 dan RAM LPDDR5 punya kecepatan yang lebih kencang dari generasi sebelumnya, yang sudah kami jelaskan sebelumnya di sini.

Meski dibuat lebih efisien daya, kapasitas baterainya meningkat pada kedua seri. Jika Galaxy Note10 hanya memiliki kapasitas baterai 3.500 mAh, maka di Galaxy Note20 meningkat cukup jauh ke 4.300 MAh. Tentunya dengan dukungan fast charging 25W dan fast wireless charging 15W.

Produktivitas Lebih Optimal

S Pen Galaxy Note20 Ultra

Stylus S Pen senantiasa menemani setiap generasi Samsung Galaxy Note series. Samsung selalu berikan peningkatan dari generasi ke generasi, hingga kini menjadi jauh lebih baik di Galaxy Note20 series. Lebih baik di sini tak hanya meningkat dari segi fitur, namun pengalaman penggunaannya pun juga ditingkatkan.

Pada Galaxy Note10+, stylusnya memiliki latensi rendah di 42ms, membuat proses menulis atau gambar terasa natural. Di Galaxy Note20 Ultra, berkat penggabungan AI serta teknologi layar yang lebih canggih, latensi dapat direduksi hingga 9ms saja, alias memiliki input hampir tanpa jeda, serasa menulis di atas kertas fisik.

Tidak hanya itu, stylus S Pen yang semakin canggih juga dipasangkan dengan Samsung Notes terbaru, mempermudah proses pencatatan kapanpun pengguna Galaxy Note20 series sedang terinspirasi atau harus bekerja. Fitur screen off memo membuat pengguna dapat mencatat secara instan dengan mengeluarkan stylus dan langsung menulis di layar, tanpa harus akses aplikasi atau buka kunci layar.

Selain itu, seluruh catatan yang tersimpan dapat diakses dari beragam perangkat lain, baik tablet maupun komputer PC. Samsung Notes juga dapat merapihkan tulisan tangan, serta mengubahnya menjadi format teks yang kemudian dapat di-copy maupun paste ke dokumen yang diperlukan.

Layar dan Kamera Maksimal

Kamera Galaxy Note20 Ultra

Tidak hanya dapat menunjang produktivitas, menjadi sebuah flagship premium, Samsung Galaxy Note20 series hadir dengan fitur entertainment yang lengkap. Keduanya hadir dengan layar yang lebih besar – 6,7 inci pada Galaxy Note20 dan 6,9 inci untuk Galaxy Note20 Ultra. Berikan tampilan maksimal untuk konsumsi konten video.

Di Galaxy Note20 Ultra, Samsung gunakan panel Dynamic AMOLED 2X, yang punya tingkat kecerahan lebih baik dari Galaxy Note10+, sampai 1.500 nits. Dengan resolusi hingga 3088×1440 piksel, foto, video maupun konten aplikasi akan terlihat lebih tajam. Sementara opsi refresh rate 120Hz perhalus transisi atau pergerakan konten di layar.

Layar terbaik pada Galaxy Note20 series juga dipasangkan dengan setup kamera canggih, membuat keduanya cocok menjadi pilihan para smartphone photographer maupun videographer. Keduanya mampu merekam video hingga resolusi 8K 24fps, meningkat dari resolusi 4K pada generasi sebelumnya. Resolusi tinggi memungkinkan pengguna untuk melakukan cropping lebih leluasa, serta ambil tangkapan gambar hingga 33MP.

Baik Galaxy Note20 & Galaxy Note20 Ultra dilengkapi kemampuan zoom lebih jauh, berkat sensor kamera beresolusi tinggi. Khusus di Galaxy Note20 Ultra, selain lensa Wide-angle , juga dipasangkan dengan kamera 12MP Ultra Wide serta 12MP Telephoto. Dan untuk pertama kalinya, dipasangkan dengan sensor Laser Auto Focus System untuk percepat pengambilan fokus di seluruh kondisi pencahayaan.

Kemampuan zoom-nya juga ditingkatkan, jauh lebih baik dibandingkan dengan seri Galaxy Note10+ yang miliki kemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom. Lensa Telephoto pada Galaxy Note20 Ultra miliki kemampuan hingga 5x optical zoom dan 50x Super Resolution Zoom, berikan keleluasaan bagi pengguna untuk membuat konten.

Khusus bagi yang telah melakukan pre-order di awal periode, akan berkesempatan untuk mengikuti program flash sale Samsung Care+, layanan perlindungan tambahan dari Samsung. Akan ada potongan hingga 30% untuk perlindungan selama 24 bulan seharga Rp1,469,300, dan potongan 5% untuk 12 bulan seharga Rp1,281,550. Lebih lanjut mengenai program ini, dapat Gizmo friends ketahui pada halaman berikut ini.

Galaxy Note20 dibanderol seharga Rp14,499 juta, sementara Galaxy Note20 Ultra dijual di Rp17,999 juta & Rp19,999 juta (masing-masing untuk varian 256GB & 512GB). Akan ada bonus e-voucher pembelian Galaxy Buds+ (untuk pembelian Galaxy Note20) & Galaxy Buds Live (untuk pembelian Galaxy Note20 Ultra) selama masa pre-order. Serta bank cashback hingga Rp1 juta dan bunga cicilan 0% hingga 24 bulan.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli  Bukalapak App Tokopedia


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia