Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Alasan Samsung Galaxy Note20 Pakai RAM 8GB LPDDR5

0 1.679

RAM (Random Access Memory) atau memori akses acak memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Karena ini adalah tempat penyimpanan pada perangkat yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Fungsi RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada smartphone. Seperti untuk penggunaan Multitasking dan menyimpan memori sementara. Terlebih jika penggunaannya untuk gaming dan desain, maka membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya.

Hal ini disadari oleh Samsung yang terus meningkatkan kemampuan RAM di setiap generasi Galaxy Note Series tidak hanya dalam kapasitas, tetapi juga performa dengan menggunakan teknologi terbaru.

Hal ini ditegaskan oleh Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia yang menyampaikan dalam pengembangan setiap produk yang dimiliki, Samsung selalu mengedepankan pengalaman pengguna. “Setiap teknologi yang kami hadirkan, selalu mendengarkan keinginan pengguna untuk mendukung cara bekerja ataupun bermain mereka lebih baik lagi dan tanpa batasan,” kata Taufik.

Kinerja Lebih Ngebut dan Efisien

Samsung Galaxy Note20
Meskipun ukuran memori merupakan hal yang cukup penting ketika membahas mengenai RAM, kecepatan data-transfer juga tak kalah penting. Duo Galaxy Note20 menggunakan RAM dengan kapasitas 8GB menggunakan teknologi LPDDR5 yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya yang menggunakan teknologi LPDDR4x.

LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s yang 50% lebih kencang dibanding LPDDR4X yang berada di 4266 Mb/s. Dan yang menarik, meski lebih cepat, RAM LPDDR5 menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X.

Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multitasking, serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.

Main Game Tanpa Ngelag


RAM 8GB LPDDR5 sudah sangat baik dalam mendukung performa untuk bermain-main di Galaxy Note20 Series, mulai dari bermain game casual, Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K.

Perlu diketahui bahwa, Mobile Legend yang merupakan game paling populer di kalangan mobile gamer atau Fortnite yang dikenal sebuah game berat membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2GB saja.

Pengguna dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun, mulai dari menghubungkan Wireless Dex, sampai terhubung dengan online meeting pekerjaan. Semua aktivitas bisa dilakukan dengan lancar berkat prosesor Exynos 990 yang didukung RAM LPDDR5 sebesar 8GB yang digunakan oleh Galaxy Note20 Ultra. Memastikan para penggunanya tetap produktif setiap saat.

Taufik menambahkan, sebelum meluncurkannya, tim di Samsung telah melakukan pengujian pada device 8GB LPDDR5 dan menemukan bahwa kemampuan ini merupakan sebuah sweet-spot untuk smartphone, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“RAM 8GB LPDDR5 mendukung penggunanya melakukan segala hal lebih baik lagi, baik itu penggunaan Samsung DeX yang dibarengi dengan Samsung Notes, maupun bermain game sambil membalas pesan di Whatsapp. Masih banyak lagi keseruan bekerja sambil bermain sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir mengenai performa,” tutup Taufik.

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Penawaran menarik  selama masa pre-order tersebut:

Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000. Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan  e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli  Bukalapak App Tokopedia


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia