Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kilas Balik Samsung Galaxy Note, Pelopor Phablet dengan Inovasi S Pen

0 2.909

Sembilan tahun silam, di ajang IFA Berlin 2011, Samsung mengumumkan lahirnya perangkat baru yang revolusioner. Dialah Samsung Galaxy Note yang hadir dengan layar 5,3 inci, ukuran yang sangat besar untuk sebuah ponsel pada waktu itu, disertai dengan S Pen. Penerimaan konsumen sangat bagus. Mulai dipasarkan Oktober 2011, pada Desember 2011 Samsung melaporkan telah menjual Galaxy Note sebanyak 1 juta unit dalam waktu dua bulan saja.

Hadirnya Galaxy Note pada waktu itu terbilang melawan tren di pasar smartphone yang mulai meninggalkan stylus. Pena stylus sebelumnya sempat marak di era PDA, namun dengan akurasi yang kurang bagus karena teknologi layar yang juga masih terbatas. Kemudian masuk ke era layar sentuh di mana penggunaan jari semakin nyaman. Samsung berupaya mengembalikan tren stylus, namun pada level dan konsep yang jauh berbeda.

Pena stylus yang disebut S Pen tidak lagi digunakan untuk membantu menekan menu dan mengetik, namun mengikuti fungsi seperti layaknya pena yang digunakan untuk melukis, mencoret-coret, menulis, dan sebagainya. Keunikan S Pen pada smartphone inilah yang menjadi keunggulan Galaxy Note yang tidak dimiliki oleh pesaingnya bahkan hingga saat ini.

Galaxy Note juga menjadi pelopor smartphone dengan layar besar, yang pada waktu itu disebut sebagai “phablet”. Merupakan istilah perpaduan dari smartphone dan tablet, karena memang ukurannya yang berada di antara kedua perangkat tersebut. Samsung Galaxy Note Series telah mengubah persepsi orang tentang kemampuan sebuah smartphone.

Sejak saat itu juga, Samsung Galaxy Note Series, yang sekarang telah mencapai seri Samsung Galaxy Note20, mampu menciptakan terobosan yang tidak hanya memulai tren smartphone layar besar yang sedang kita nikmati saat ini, namun juga mengeluarkan potensi terbaik yang bisa dimiliki oleh sebuah smartphone.

Sebelum membahas Galaxy Note20 yang baru, mari kita flashback mengenang jajaran Galaxy Note yang sudah dirilis Samsung. Simak ulasannya berikut ini.

1 Samsung Galaxy Note 

Samsung Galaxy Note 

Ini adalah seri pertama Galaxy Note yang diresmikan di IFA Berlin akhir Oktober 2011. Galaxy Note memiliki ciri khas punya bodi yang sangat besar dengan layar 5,3 inci, dan dibundel dengan stylus yang diberi merek “S Pen”. Pena ini dapat digunakan untuk menavigasi antarmuka pengguna perangkat, dan menulis atau menggambar di aplikasi yang didukung.

Samsung Galaxy Note mengusung prosesor Exynos 4 dual-core 1,4 GHz yang memungkinkan fitur multitasking pada dua layar perangkat sekaligus secara simultan. Pada Februari 2012, Samsung meluncurkan versi Note dengan dukungan LTE. Pada Agustus 2012, Note telah terjual 10 juta unit di seluruh dunia.

2 Samsung Galaxy Note II

Samsung Galaxy Note II

Sebagaimana seri pertama, Samsung memanfaatkan IFA Berlin 2020 untuk kelahiran sang penerus, Galaxy Note II. Model baru yang dirilis pada September 2012 ini menampilkan peningkatan pada perangkat keras Note pertama. Seperti prosesor quad-core, layar 5,5 inci yang lebih besar, stylus yang direvisi dan digitizer yang ditingkatkan dengan 1.024 tingkat sensitivitas tekanan untuk pena yang lebih presisi.

Bersama dengan fitur-fitur baru seperti gerakan pena, multitasking layar terpisah, Air View (yang memungkinkan pratinjau konten ditampilkan dengan mengarahkan pena di atas layar). Juga desain perangkat keras dan fitur baru lainnya yang mengadopsi Galaxy S3.

3 Samsung Galaxy Note 3

Samsung Galaxy Note 3

Kembali di IFA Berlin 2013, Samsung meluncurkan Galaxy Note 3 dengan desain lebih premium serta spesifikasi lebih tinggi. Spesifikasi phablet ini adalah punya layar 5,7 inci resolusi 1080p, RAM 3 GB, kemampuan perekaman video 4K 30fps hingga 5 menit, 1080p 60fps, konektor USB 3.0, dan fungsionalitas S Pen yang diperluas.

Galaxy Note 3 dilengkapi dengan sensor termometer dan hygrometer serta dukungan Air View untuk stylus dan jari. Perangkat ini juga memiliki perintah suara tambahan, seperti “Dismiss” dan “Snooze” untuk alarm, dan “Answer” dan “Decline” untuk panggilan.

4 Samsung Galaxy Note 4 & Note Edge

Samsung Galaxy Note 4 & Note Edge

Masih di IFA Berlin, di Oktober 2014 Samsung merilis Galaxy Note 4. Produk ini memperkenalkan desain baru dengan dukungan kulit plastik dan bingkai logam, 5.7- Layar QHD inci, kamera 16 MP dengan Optical Image Stabilizer (OIS), pengisian cepat 15 Watt menggunakan Qualcomm Quick Charge 2.0, stylus S Pen yang ditingkatkan, digitizer yang ditingkatkan dengan 2.048 tingkat sensitivitas tekanan dan fungsionalitas yang diperluas, pemindai sidik jari, dan fitur lain yang diambil dari Galaxy S5. Galaxy Note 4 secara unik dilengkapi dengan sensor sinar ultraviolet. Ini juga ponsel andalan Samsung terakhir yang dilengkapi dengan baterai yang dapat diganti pengguna.

Bersamaan dengan Galaxy Note 4, Samsung juga meluncurkan Galaxy Note Edge yang menampilkan layar dengan bagian melengkung yang membungkus bezel kanan perangkat. Area lengkung dapat digunakan sebagai sidebar untuk menampilkan ticker berita dan informasi, pintasan aplikasi, dan alat lainnya. Area layar sisi kanan yang melengkung memperluas resolusi layar dari 1440 × 2560 menjadi 1600 × 2560.

5 Samsung Galaxy Note5

Samsung Galaxy Note5

Setelah empat seri sebelumnya di Jerman, Samsung memilih kota baru untuk tempat kelahiran Galaxy Note5 yakni New York. Di ajang Samsung Unpacked, Galaxy Note5 dirilis bersamaan dengan Galaxy S6 Edge. Ponsel ini didasarkan pada spesifikasi, perangkat keras dan desain eksterior Galaxy S6, termasuk bingkai logam dan bagian belakang kaca. Galaxy Note 5 punya spesifikasi layar 5,7 inci 1440p, chipset Exynos 7 Octa 7420, serta slot stylus pegas baru.

Samsung Galaxy Note5 juga merupakan smartphone pertama yang didukung Exynos 7420, prosesor fabrikasi 14nm FinFET pertama di dunia. Sebagai salah satu prosesor terbaik pada 2015, Exynos 7420 mampu meningkatkan performa perangkat sekaligus memperpanjang umur baterai.

6 Samsung Galaxy Note7

Samsung Galaxy Note7

Samsung meloncati angka 6 dengan langsung merilis Galaxy Note7 pada Agustus 2016 di New York. Ponsel ini sebagian besar didasarkan pada perangkat keras Galaxy S7. Tujuannya memang biar penamaan mereknya sinkron dengan flagship S7, karena spesifikasinya pun mewarisi. Seperti prosesor, kamera, dan pemulihan tahan air IP68 dan penyimpanan yang dapat diperluas, tetapi dengan layar 5,7 inci 1440p yang lebih besar. Ini juga merupakan perangkat pertama Samsung yang memiliki fitur konektor USB-C dan perangkat terlindung air pertama dari seri Galaxy Note, yang juga memiliki stylus berpelindung air.

7 Samsung Galaxy Note8

Samsung Galaxy Note8

Samsung Galaxy Note 8 diumumkan pada 23 Agustus 2017 dan tersedia pada 15 September 2017. Ponsel ini memiliki layar yang lebih besar dari pendahulunya, yakni 6,3 “1440p Super AMOLED Infinity Display dengan baterai 3300 mAh. Prosesornya memakai Exynos 8895 atau Snapdragon 835 dengan dukungan Quick Charge 2.0. Punya pemindai iris, tahan debu dan air IP68, kamera lensa ganda baru setup dengan lensa telephoto dan dukungan untuk Samsung DeX.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah ponsel pintar Samsung, Galaxy Note8 punya sistem kamera ganda di bagian belakang perangkat; satu berfungsi sebagai lensa sudut lebar dan yang lainnya sebagai lensa telefoto, dengan keduanya menampilkan resolusi 12 MP dan stabilisasi gambar optik. S Pen telah meningkatkan tingkat sensitivitas tekanan dan perangkat lunaknya telah ditingkatkan untuk menawarkan kemampuan pencatatan yang lebih baik pada tampilan yang selalu aktif, serta GIF animasi dan fitur terjemahan yang ditingkatkan.

8 Samsung Galaxy Note9

Samsung Galaxy Note9

Bertempat di New York, di acara “Unpacked” Samsung luncurkan Galaxy Note9 pada Agustus 2018. Galaxy Note9 menyertakan pembaruan ke Bixby yang secara otomatis bisa memproses perintah pengguna. Galaxy Note9 terhubung ke aplikasi Smart Things (ekosistem IoT Samsung) dan mencakup fitur seperti peralihan suara otomatis di antara perangkat pintar yang berbeda.

Di seri ini, S Pen punya kemampuan baru yakni mendukung Bluetooth. Pengguna dapat mengontrol kamera, video YouTube, dan tayangan slide dari jarak jauh. Galaxy Note 9 memiliki prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810, RAM 6 GB untuk varian 128 GB dan 8 GB RAM untuk varian 512 GB, baterai 4000 mAh.

Ponsel ini menggunakan perangkat keras kamera yang sama dengan yang terlihat pada Samsung Galaxy S9+. Di antaranya dengan pengaturan kamera ganda, sensor wide-angle 12 MP dengan aperture ganda f / 1.5 dan f / 2.4 dan sensor telephoto 12MP dengan aperture f / 2.4 dan 2x optical zoom serta kamera depan 8MP. Kemampuan fotografi ditingkatkan dengan perangkat lunak AI.

9 Samsung Galaxy Note10 Series

Samsung Galaxy Note10 Series

Samsung masih cinta dengan New York. Pada 7 Agustus di Barclays Center Brooklyn, produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut meluncurkan Galaxy Note10 dan Note10+. Ini sekaligus menandai Galaxy Note10 untuk pertama kalinya punya model Plus.

Galaxy Note10 menawarkan layar Infinity-O Display 6,3 inci 1080p, sedangkan Galaxy Note10+ menawarkan layar 1440p 6,8 inci yang mengusung Dynamic Super AMOLED Display dan mendukung fitur ultrasonic in-display fingerprint scanner.

Galaxy Note10 memiliki penyimpanan 256 GB yang tidak dapat diperluas, sedangkan Galaxy Note10+ memiliki penyimpanan yang dapat diperluas melalui microSD.  Kinerja makin ngebut dengan RAM 12MB LPDDR4x di Galaxy Note10+.

Galaxy Note10 memiliki pengaturan tiga kamera baru yang diadopsi dari lini Galaxy S10. Ponsel menawarkan lensa ultra wide 16MP, lensa wide-angle 12MP, dan lensa telephoto 12MP. Sedangkan Galaxy Note10+ memiliki empat kamera, hanya berbeda pada lensa tambahan berupa sensor depth vision. Seri Galaxy Note10 ini juga memiliki varian terbanyak dibanding lainnya. Mulai Galaxy Note10, Galaxy Note10 5G, Galaxy Note10+, Galaxy Note10+ 5G, dan Galaxy Note10 Lite.

10 Samsung Galaxy Note20 Series 

Samsung Galaxy Note20 Series 

Tahun 2020 adalah masa adaptasi kebiasaan baru. Samsung sendiri menyebutnya sebagai era Next Normal yang diantisipasi dengan merilis sejumlah perangkat, salah satunya adalah Galaxy Note20 Series. Tidak lagi New York, Samsung kali ini memilih kampung halamannya yakni Seoul sebagai tempat lahir smartphone flagship generasi terbarunya.

Galaxy Note20 Series – seri Note paling powerful saat ini – adalah powerhouse untuk produktivitas yang dapat bekerja layaknya komputer dan membiarkan pengguna bermain game seperti profesional.

Seri ini hadir dalam dua versi: Galaxy Note20 Ultra, didesain untuk penggemar Note series yang menginginkan teknologi mutakhir yang kuat dan menunjang produktivitas. Serta Galaxy Note20, untuk pengguna Note pada umumnya yang mencari cara untuk memaksimalkan waktu mereka untuk bekerja dan bermain dengan lebih efisien.

Samsung Galaxy Note20 telah melakukan lompatan besar melalui Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nanometer yang menghemat konsumsi baterai, dan 19% peningkatan performa CPU dan 13% pada GPU dibandingkan pendahulunya. Exynos terbaru ini mampu mengoptimalkan peran AI di berbagai fitur, salah satunya pada kamera untuk lebih mengenali objek yang difoto dengan mengatur pencahayaan hingga mengurangi noise secara otomatis.

Pengalaman multitasking dengan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra dengan RAM 8GB lebih cepat dan mulus berkat teknologi RAM LPDDR5. Samsung Galaxy Note20 juga punya baterai hingga 4.500mAh dengan teknologi Super Fast Charging 25W yang mampu mengisi daya 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Di seri terbaru ini, Samsung menyematkan layar WQHD+ Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci yang dapat ditemukan pada Samsung Galaxy Note20 Ultra dengan refresh rate 120Hz serta sertifikasi HDR10+.

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre- order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Penawaran menarik selama masa pre-order tersebut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e- voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.
  • Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre-Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com. Galaxy Note20 juga tersedia di berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia