Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Samsung Galaxy Note9: Smartphone yang Maksimal di Segala Lini

Layar, kamera, dapur pacu, fitur dan kemampuannya serba maksimal. Termasuk harganya yang juga maksimal.

0 8.925

Crazy Rich Asian itu benar adanya. Di Indonesia, orang yang tajir melintir inipun cukup banyak tersebar di kota-kota besar, terutama di Jakarta dan Surabaya. Bahkan tak harus kaya raya, kelas menengah pun bejibun. Buktinya, di tengah kondisi ekonomi yang melemah dengan kurs dolar melambung tinggi, penjualan Samsung Galaxy Note 9 terbilang laris manis.

Padahal smartphone flagship terbaru besutan Samsung ini harganya tidaklah murah. Ada dua varian yang ditawarkan yaitu kapasitas 128GB/6GB RAM dengan harga  Rp13.499.000 (128GB/6RAM) dan kapasitas 512GB/8RAM yang dibanderol “cuma” Rp17.999.000. See?  Sama sekali bukan harga yang murah.

Kendati dibanderol dengan harga yang termahal untuk smartphone flagship saat ini, ponsel tersebut tetap diburu oleh sebagian konsumen yang tentu saja dari kalangan kelas menengah hingga “Crazy Rich Asian”. Penjualan konsumen perdana dipilih pada tiga kota “tajir” yaitu Jakarta, Medan, dan Surabaya pada akhir Agustus yang lalu.

Hasilnya? Pihak Samsung menyebut bahwa Samsung Galaxy Note 9 telah terjual habis pada masa pre order 2 kali lebih cepat dibandingkan seri Note sebelumnya. Bisa jadi salah satu faktor penunjang larisnya ponsel ini pada masa pre-order, walaupun tidak disebutkan jumlah unitnya- adalah bonus televisi yang nilainya hingga Rp4 jutaan. Tapi rupanya pada consumer launch, dari pengamatan kami saat di Central Park Jakarta, tetap saja yang berniat membeli ini banyak.

Baca juga: Hands-on: Melihat Lebih Dekat Samsung Galaxy Note 10

Nah, kenapa ponsel yang harganya mahal ini bisa selaris itu? Terlepas dari pemasaran yang dilakukan besar-besaran, produk ini memang handal. Dibekali spesifikasi kelas atas dengan fitur yang melimpah, Agar tidak tambah penasaran, simak ulasan kami berikut ini.

1 DESAIN

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/ry1Huog5//player_html[/publitio]

Mari kita mulai dari hal yang pertama kali orang lihat ketika memegang sebuah produk, yaitu desainnya. Kamu tidak akan melihat adanya perbedaan yang signifikan antara seri Galaxy Note8 dengan Galaxy Note9. Keduanya bisa dibilang terlihat identik, sehingga sulit untuk membedakan ketika melihatnya sekilas.

Perbedaannya adalah ukuran dimensi yang sedikit lebih besar dan lebih berat, karena ukuran layar yang lebih lebar. Kemudian sensor sidik jari yang diposisikan dengan lebih baik di bawah kamera belakang, seperti di Galaxy S9. Ini sebagai respon dari pengguna yang banyak mengeluh posisi fingerprint di samping kamera, seringkali salah pencet.

Desain Samsung Galaxy Note 9 tidaklah buruk. Namun jika melihat tren desain yang sekarang banyak memakai konsep warna gradasi dan mengkilat yang dipelopori oleh Huawei P20 Pro, penampilan Note9 terlihat seperti ketinggalan. Tidak masalah, hanya sedikit membosankan saja. Karena seperti desain tahun lalu saja.

Terlepas dari itu, form factor ponsel ini terasa sangat solid, kokoh dan berkelas. Bezel metal ramping Galaxy Note9, didesain dengan menggunakan teknik Dia-cut untuk tampilan dan kesan yang lebih ramping, serta memberikan tampilan desain premium.

Terdapat pilihan warna Midnight Black, Metallic Copper dengan warna S Pen yang sama, serta Ocean Blue dengan S Pen berwarna KuningDitambah dengan sertifikasi IP68 yang semakin menegaskan kemampuan ponsel ini bisa dibawa ke berbagai kondisi, termasuk basah-basahan.  Saya mencobanya untuk dibawa berenang dan ponsel ini tetap bekerja dengan baik.

Sebelum lanjut ke pembasan berikutnya, ada baiknya kamu nonton dulu video unboxing kami berikut ini 😀

2 DISPLAY

DISPLAY

Bagian selanjutnya adalah Infinity Display yang telah menjadi ciri khas ponsel premium Samsung. Dan Note 9 memiliki layar edge-to-edge terbesar pada seri Galaxy Note. Layar Infinity Display 6.4-inch pada Samsung Galaxy Note 9 dengan teknologi layar 3K (2960×1440) Quad HD+ Super AMOLED, memberikan pengalaman multimedia yang istimewa.

Kualitas layar Galaxy Note 9 menghasilkan brightness 27% lebih terang dari Note sebelumnya, dan menampilkan tingkat kontras 32% lebih tinggi pada cahaya sekitar yang terang. Layarnya tak hanya inovatif, tetapi juga memiliki performa tinggi  pada pantulan layar, akurasi warna mutlak, kecerahan maksimum layar, gamut warna asli, rasio kontras, dan resolusi layar.

Mode High Brightness yang telah ditingkatkan pada smartphone ini menghasilkan visual yang hidup saat membutuhkannya. Seperti ketika berada di bawah sinar matahari langsung atau di lingkungan dengan cahaya sekitar yang terang.

3 S PEN

Fitur S Pen di Samsung Galaxy Note 9

Satu-satunya pembeda yang membuat seri Galaxy Note menonjol dibanding ponsel lainnya adalah keberadaan S Pen. Samsung terus memperbaiki kemampuan stylus S Pen ini agar memudahkan penggunanya dalam mencoret-coret di atas layar.

Samsung Galaxy Note 9 meningkatkan standar S Pen dengan berbagai penambahan yang bermanfaat, termasuk konektivitas Bluetooth Low-Energy (BLE), kompatibilitas Samsung DeX, dan integrasi dengan beberapa fitur Note.

Konektivitas S Pen berkat BLE memungkinkannya berfungsi sebagai remote control intuitif yang dapat bekerja dengan jarak hingga 10 meter dari perangkat. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk mengisi daya S Pen hingga penuh, untuk dipakai hingga 30 menit atau 200 klik.

S Pen di Samsung Galaxy Note 9 berukuran panjang 106milimeter dan berat 3.1gram. Dengan tip 0.7 milimeter dan 4.096 tingkat sensitivitas tekanan memberikan presisi yang lebih baik, menambah kenyamanan dan akurasi untuk mencatat dan menggambar. Dan asyiknya lagi, S Pen dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu IP683.

Beberapa fungsi yang bisa kita lakukan dari remote control di S Pen ini antara lain memotret (termasuk selfie). Klik dua kali akan beralih dari kamera depan ke kamera belakang, dan sebaliknya.

Aplikasi lain yang mendukung penggunaan S Pen sebagai remote control adalah aplikasi Galeri dan berbagai aplikasi presentasi dan pemutar media. Dengan satu atau dua kali klik, kita bisa play/ pause lagu, melompat ke trek atau video berikutnya, atau melihat gambar berikutnya/sebelumnya dalam album.

Aplikasi yang kompatibel, termasuk Camera, Gallery, Voice Recorder, Samsung Music, Samsung Video, Microsoft PowerPoint, Hancom SHOW, B162, Snow, YouTube, Snapchat dan hampir semua aplikasi pemutar musik.

Kita bahkan dapat memanfaatkan S Pen sebagai clicker yang nyaman untuk menampilkan Galaxy Note9 dan Samsung DeX. Dan dengan SDK (software development kit) terbuka, pengembang software dapat mengintegrasikan kontrol intuitif S Pen pada berbagai aplikasi yang memungkinkan untuk memudahkan lebih banyak pekerjaan dengan satu klik sederhana.

4 KAMERA

Kamera Galaxy Note9Kamera telah menjadi fitur utama di sebuah ponsel. Dan di Samsung Galaxy Note9, kualitasnya semakin meningkat. Di atas kertas, kamera belakang Galaxy Note9 dilengkapi dengan Dual Aperture F1.5/F2.4, Super Speed Dual Pixel, HDR, Live Focus serta Super Slow-mo.

Kamera ini telah diperbarui dengan kemampuan memilih bagian yang diinginkan dalam video super slow-mo serta memilih durasi 2 atau 4 detik. Keunggulan merekam gambar pada kondisi rendah cahaya juga dimiliki kamera depan Galaxy Note9 dengan aperture F1.7. Sedangkan untuk kamera depan, memiliki sensor 8 MP dengan aperture F/1.7.

Hardware yang ada di ponsel ini secara umum mirip dengan yang ada di Samsung Galaxy S9 Plus. Namun Samsung menambahkan dengan teknologi deep-learning yang mengambil peran untuk menghasilkan gambar lebih bagus. Teknologi Intelligent Camera, yang telah memaksimalkan AI (artificial intelligence) untuk mengambil foto seperti profesional. Di industri smartphone sendiri, penerapan AI pada kamera bukanlah hal baru. Kompetitornya seperti Huawei telah menerapkannya pada beberapa produknya seperti Huawei P20 Pro dan Huawei Nova 3i.

Ada dua fitur utama di Samsung Galaxy Note 9 yang memanfaatkan AI yaitu Scene Optimizer. Fitur ini mampu mengidentifikasi elemen foto, seperti scene dan subyek, dan mengklasifikasikannya secara otomatis menjadi satu hingga 20 kategori, serta mengoptimalkan secara otomatis berdasarkan kategori.  Menjadikan foto yang hidup dengan warna terang dan dinamis.

Fitur kedua adalah Flaw Detection yang menjawab kebutuhan pengguna yang selalu ingin foto tanpa cela. Seringkali jepretan pertama hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, tapi Galaxy Note9 dapat menginformasikan kepada pengguna apabila ada yang tidak sesuai, sehingga mereka bisa menyimpan foto yang sempurna tanpa kehilangan momen. Notifikasi akan langsung muncul apabila foto buram, subyek foto berkedip, lensa kotor, atau backlight yang dapat mempengaruhi kualitas foto.

Hasil foto kamera Samsung Galaxy Note9
Foto outdoor di Central Park

Foto outdoor di Central Park

Selfie menggunakan S Pen di Galaxy Note9

Foto makanan dengan Note9

Hasil foto malam hari dengan Galaxy Note9

Hasil foto infoor dengan Galaxy Note9

Hasil foto selfie efek bokeh dengan Galaxy Note9

Hasil Video Samsung Galaxy Note 9

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/MwmqHL49//player_html[/publitio]

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/j6GtBBAQ//player_html[/publitio]

5 FITUR

Ya. Samsung Galaxy Note9 benar-benar dibekali dengan fitur yang melimpah. Baik itu untuk mendukung produktivitas, kreativitas, maupun hiburan, bisa kamu dapatkan di sini.

Oke, sekarang untuk have fun. Ponsel ini memiliki fitur Live Message yang memungkinkan untuk memberi lebih banyak emosi ke dalam pesan dengan menggambar emoji sendiri, membuat animasi GIF, dan menyesuaikan foto dengan efek pena dan catatan tulisan tangan.

Samsung Galaxy Note 9 memperluas kemampuan ekspresif dari Live Message dengan mengintegrasikan dukungan untuk stiker AR Emoji yang sangat emotif dan menyerupai pengguna. Dengan S Pen kita bisa berbagi stiker AR Emoji, dimana dapat menyesuaikannya dengan pesan yang dipersonalisasi, gambar, dan efek lainnya, yang dapat dibagikan melalui aplikasi messaging.

Kesenangan tidak berhenti di situ. Berkat fitur Photo Drawing dan Live Drawing dari PENUP yang baru, kita dapat menambahkan sentuhan kreatif ke aplikasi Galeri. Kita bisa menggambar di atas foto sendiri untuk membuat karya seni yang mengesankan.

Sementara itu untuk mendukung produkvitas, Galaxy Note9 meningkatkan dukungan Samsung DeX yangmenawarkan lebih banyak cara kepada pengguna dalam memudahkan pekerjaan. Tidak perlu lagi perangkat DeX terpisah, karena kita tinggal mencolokkan ponsel ke monitor, maka sudah bisa berfungsi layaknya monitor.

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/LTZmlaQ4//player_html[/publitio]

Terdapat kabel HDMI portabel yang dapat dengan mudah dipasang ke layar saat bepergian tanpa perlu perangkat terpisah. Selain itu, ada juga dukungan dual screen untuk bekerja secara bersamaan di layar smartphone dan di monitor yang terhubung.

Menghubungkan Galaxy Note9 ke monitor juga memungkinkan untuk memanfaatkan perangkat sebagai keyboard sentuh, trackpad, maupun permukaan untuk menulis atau menggambar dengan S Pen. Tip S Pen yang presisi, memberikan pengalaman menulis yang realistis dan efisien saat bekerja pada Samsung DeX, membuatnya mudah untuk membuat catatan pada video yang ditonton di monitor.

Selain itu, tedapat layanan Samsung seperti Samsung Health untuk memonitor aktivitas olahraga dan makanan yang dikonsumsi. POnsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan Samsung Knox dan pilihan keamanan biometrik termasuk kemampuan fingerprint scanning, iris scanning dan facial recognition untuk menjaga keamanan informasi.

Dan di era yang serba terhubung berkat internet of things ini, Samsung Galaxy Note9 memungkinkan untuk terhubung ke berbagai perangkat dan layanan Samsung lainnya. Terdapat fitur SmartThings untuk mengontrol perangkat terkoneksi. Fitur asisten digital Bixby juga semakin ditingkatkan kemampuanya.

6 GAMING

Fitur gaming di Galaxy Note9

Dalam gaming, waktu dan akurasi adalah segalanya. Perubahan sedikit saja pada kinerja smartphone, seperti rasio FP (frame per second) yang tidak stabil, dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati. Banyak mobile games yang paling populer saat ini menempatkan pemain secara terbuka seluruh dunia yang membuat mereka lebih tenggelam dalam permainan, dan membuat prosesor ponsel menjadi sangat lelah.

Ketika berada di tengah-tengah pertempuran epik atau yang begitu dekat dengan pencapaian skor tinggi, ada beberapa hal yang membuat frustrasi. Misalnya saat prosesor terlalu banyak bekerja yang menyebabkan penurunan tiba-tiba pada frekuensi gambar yang membuat kehilangan fokus atau menjadi sasaran serangan musuh.

Memainkan game dengan grafis yang intensif dalam waktu yang lama dapat membuat tekanan yang tinggi pada CPU dan GPU ponsel. Untuk membantu Galaxy Note9 bekerja secara konsisten pada level maksimum di seluruh game, sistem pendinginan baru dibuat lebih cepat dan lebih efisien daripada generasi sebelumnya.

Water Carbon Cooling System pada Galaxy Note9 dirancang khusus memungkinkan perangkat menjadi dingin selama sesi permainan berat. Sistem yang pertama kali diperkenalkan di Galaxy S7, menggunakan perubahan dalam fase air untuk memancarkan panas secara efisien,  dengan siklus di mana air dalam struktur berpori menyerap panas, berubah menjadi uap, bergerak melalui pipa dan akhirnya menjadi air untuk mendinginkan kembali .

Samsung meningkatkan sistem di Galaxy Note9 dengan heat pipe, atau ‘thermal spreader’, yang tiga kali lebih besar dari Galaxy Note8, dan membuang panas lebih efektif. Selain itu juga meningkatkan asupan air pada internal sistem untuk melakukan penyerapan panas yang lebih besar. Teknologi ini menggabungkan serat karbon TIM (thermal interface material) yang ditingkatkan yang mentransfer panas dari prosesor ke penyebar termal dengan efisiensi 3,5 kali lebih besar. Sehingga meningkatkan konduktivitas termal.

Tak hanya itu, Samsung menyediakan Game Launcher, sebagai one-stop hub untuk mobile gaming.Game Launcher di Galaxy Note9 membuat game seperti Fortnite, Black Desert, dan Player Unknown’s Battlegrounds memiliki lebih banyak penggemar. Sayangnya, saya bukanlah seorang mobile gamers, jadi hanya mencoba sekilas saja.

Fitur di Game Launcher menawarkan berbagai tools dan fitur inovatif. Seperti sesi mobile gaming yang bisa mencegah notifikasi ataupun menyentuh layar secara tidak sengaja. Pengguna juga dapat berbagi game menggunakan screen shot ataupun fungsi rekam video. Serta menyesuaikan pengaturan kinerja untuk masing-masing game.

Beberap hal yang diatur antara lain menentukan frame rate, resolusi, dan tingkat penggunaan baterai untuk setiap koleksi game mereka, membuat pengalaman bermain yang optimal dan lebih menyenangkan. Selain itu, fungsi window pop-up telah ditambahkan, memungkinkan pemain untuk meluncurkan aplikasi tertentu dengan mudah dan spontan.

7 PERFORMA

Samsung Galaxy Note 9

Berbicara mengenai kecepatan, tenaga, dan kinerja, Galaxy Note9 merupakan pendukung yang paling tepat saat ini,  karena pengguna saat ini membutuhkan ponsel cerdas yang memungkinkan mereka mendapatkan hasil maksimal baik dalam pekerjaan maupun hiburan. Itulah mengapa Samsung mengemas terbarunya ini dengan inovasi dalam perangkat lunak dan perangkat keras yang tidak hanya membawa mobile productivity  ke tingkat berikutnya.

Karena kinerja CPU dan GPU ponsel dapat membuat anda dalam pilihan menang atau kalah, Samsung mengoptimalkan Galaxy Note9 dengan prosesor 10-nanometer yang mutakhir yang menangani game dengan grafis yang intensif  dengan sangat mudah. Hal ini memungkinkan perangkat untuk memberikan kinerja CPU dan GPU 33% dan 23% lebih baik daripada Galaxy Note8, membantu gamer tetap terlibat dan berada di zona permainan.

Galaxy Note9 juga dilengkapi algoritme penyesuaian kinerja perangkat berbasis AI yang secara teratur memantau panas dan kinerja perangkat, mendukung hingga 40%  FPS yang lebih stabil saat bermain game. Berkat teknologi pembelajaran mesin, perangkat dapat memprediksi perubahan suhu sebelum mencapai suhu yang tinggi dan menyesuaikan CPU dan GPU, sebelum penurunan FPS terjadi. Itu berarti visual yang ditampilkan akan lebih halus dan pengalaman yang lebih menyenangkan saat bermain game dengan grafis yang intensif seperti Fortnite.

Sementara itu baterai 4.000 mAh di Samsung Galaxy Note 9 disebut sebagai yang paling kuat dan handal yang Samsung miliki. Menawarkan baterai yang lebih dari cukup untuk menikmati jam permainan yang intens dan imersif.

8 Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9
Klik pada gambar untuk informasi lebih rinci

General

Device Type Smartphone
Model / Series Samsung Galaxy Note9
Released 23 Agustus, 2018
Status Available
Price IDR13.499.000 (128GB/6RAM); IDR17.999.000 (512GB/8RAM)

Platform

Chipset Exynos 9810
CPU Octa Octa-core (4x2.7 GHz Mongoose M3 & 4x1.8 GHz Cortex-A55), 10nm
GPU Mali-G72 MP18
RAM (Memory) 6 GB/8GB RAM LPDDR4
Storage 128GB/512GB, support MicroSD (hingga 512GB)
Operating System Android 8.1 (Oreo)

Design

Dimensions 161.9 x 76.4 x 8.8 mm
Weight 201g
Design Features - Front/back glass (Gorilla Glass 5), aluminum frame
- IP68 certified (dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes)
- S Pen bluetooth integration(IP68)
- Colors: Metallic copper, Lavender purple, Ocean blue, Midnight black
Battery Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery

Network

Network Frequency 2G GSM, 3G WCDMA, 3G TD-SCDMA, 4G LTE FDD, 4G LTE TDD
- 4G FDD LTE
B1(2100), B2(1900), B3(1800), B4(AWS), B5(850), B7(2600), B8(900), B12(700), B13(700), B17(700), B18(800), B19(800), B20(800), B25(1900), B26(800), B28(700)
- 4G TDD LTE
B38(2600), B39(1900), B40(2300), B41(2500)
- Gigabit LTE ready
SIM Hybrid: satu Nano SIM dan satu Nano SIM atau satu slot MicroSD
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat16 1024/150 Mbps

Display

Screen Type Super AMOLED display
Size and Resolution 6.4 inches (1440 x 2960 pixels) 18.5:9 ratio (~516 ppi density)(~83.4% screen-to-body ratio)
Touch Screen Yes, Multitouch capacitive touchscreen
Features -Corning Gorilla Glass 5
- 3D Touch (home button only)
- Always-on display
- Infinity Display
- HDR10 compliant

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS 12 MP, f/2.4, 52mm, 1/3.4", 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom
Front 8 MP, f/1.7, 25mm, 1/3.6", 1.22µm, AF
Flash Dual-LED (dual tone) flash
Video UHD 4K (3840 x 2160) @30fps, [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec
Camera Features 1/2.55" sensor size, 1.4 µm pixel size @ 26 mm
1/3.6" sensor size, 1.0 µm pixel size @ 52 mm
Geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot (Gigabit WiFi ready)
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. Yes, v4.2, A2DP, LE, aptX
USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector
GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky. Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device. No
Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device. Qi/PMA wireless charging (market dependent)
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range. No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/DivX/XviD/WMV/H.264 player
- MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
FM Radio No
Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages. HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device. Iris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Other - Bixbiy button
- Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
- Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0)
- Qi/PMA wireless charging (market dependent)
- ANT+ support
- S-Voice natural language commands and dictation
- Samsung DeX (desktop experience support)

 

85%
Awesome

Review Samsung Galaxy Note 9

Spesifikasi kinerja tinggi Galaxy Note9 dan peningkatan yang signifikan telah membuktikan bahwa andalan terbaru Samsung dirancang untuk mereka yang memiliki keseharian work hard, play hard.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Features
  • Battery
  • Performance

Tinggalkan Balasan