Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hands-on: Melihat Lebih Dekat Samsung Galaxy Note 10

Galaxy Note menjadi perangkat paling powerful untuk produktivitas dan kreativitas dengan S Pen yang telah diperbarui dan kamera pro-grade kini hadir dalam dua ukuran

Hari ini, Samsung memperkenalkan produk terbarunya Galaxy Note 10. Inilah seri teranyar dari smartphone premium Note Series yang menggabungkan desain elegan, performa powerful dan pendukung produktivitas. Samsung Galaxy Note 10 dirancang untuk memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berkreasi dengan memanfaatkan sejumlah fitur.

Peluncuran dilaksanakan dengan megah di Barclays Centre, New York, Amerika Serikat. Dibuka oleh DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communications Division, Samsung Electronics, yang mengatakan Galaxy Note10 dibuat dengan fitur dan teknologi terbaik bagi para pengguna, agar produktivitas dan kreativitas mereka meningkat ke level selanjutnya.

“Setiap fitur pada Galaxy Note 10 dirancang untuk membantu pengguna meraih lebih lagi. Baik ketika mereka menyelesaikan proyek besar untuk pekerjaan, merekam dan mengedit video, atau bermain game mobile favorit, Galaxy Note 10 akan membantu mereka melakukannya dengan lebih cepat dan lebih baik,” ujar DJ Koh.

Beberapa media dan tech reviewer dari Indonesia pun diundang untuk menyaksikan peluncuran produk tersebut, langsung di Amerika Serikat. Untungnya, Samsung berbaik hati mengajak yang tidak diundang ke New York, untuk mencicipi produk tersebut secara singkat di Jakarta, di hari yang sama.

Berikut ini kesan singkat saya ketika memegang Samsung Galaxy Note10 yang kini hadir dengan dua varian, yaitu Note10 biasa dan Note10 Plus.

Desain

Samsung Galaxy Note 10 mengikuti bahasa desain Galaxy S10 series, namun dengan ketipisan yang lebih ramping. Bagian depannya kaca penuh sampai ke pinggir sehingga nyaris tidak ada bezel. Kamera depan tidak berbentuk poni, tetapi seperti lubang yang letaknya tidak di pinggir kanan seperti Galaxy S10, melainkan berada di tengah.

Sebagaimana disinggung di atas, Galaxy Note10 hadir dengan dua varian yang dibedakan berdasarkan ukuran. Pertama adalah Galaxy Note10 biasa yang berukuran kecil dengan layar 6,3″. Cocok bagi pengguna yang suka perangkat berukuran kompak. Kedua Galaxy Note10+ dengan ukuran 6,8″ yang lebih bongsor namun fiturnya juga lebih banyak dengan harga yang tentu lebih mahal.

Kedua ponsel ini cukup nyaman di genggaman. Mungkin karena bodinya yang tipis dan masih terlihat ramping serta terasa kokoh. Ada tiga varian warna yang dipilih, yaitu Aura Glow, Aura Black, dan Aura White. Warna paling favorit di antara ketiganya adalah Aura Glow, karena bisa memunculkan pendaran efek warna-warni ketika terkena cahaya. Versi ini juga yang paling cepat terjual habis ketika preorder di sejumlah e-commerce.

Layar

Layar Galaxy Note10 diklaim sebagai terbaik yang Samsung miliki. Mulai dari konstruksi fisik hingga teknologi yang dibenamkan, layarnya dirancang untuk memanjakan pengguna ketika menikmati tayangan TV, film, dan game favorit.

Galaxy Note 10 dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED dengan sertifikasi HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping. Ini membuat foto dan video menjadi lebih terang dibandingkan seri Note sebelumnya, selain juga menghasilkan varian warna yang lebih memukau.

Tapi tunggu dulu, kedua varian ini ternyata tidak hanya memiliki dua ukuran layar yang berbeda, tetapi juga kualitas. Samsung Galaxy Note 10 Plus mempunyai layar 6,8″ dengan resolusi Quad HD+ (3040×1440) dan 498ppi. Sementara Galaxy Note 10 yang kecil memiliki layar 6,3″ dengan resolusi Full HD+ (2960×1080) dan 401ppi.

Jika Note 10 Plus kualitasnya meningkat, maka Note 10 justru menurun jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya Galaxy Note9 karena memiliki layar 6,4″ dengan Quad HD+ (2960 x 1440) dan 516 ppi.

Kamera

Saya tidak sempat mencoba secara detail fitur kamera karena keterbatasan waktu di acara. Dibanding Galaxy Note9, tentu fitur dan kualitasnya meningkat secara signifikan. Secara umum fitur yang ditawarkan merupakan kombinasi dari Galaxy S10 dan Galaxy A80.

Secara spesifikasi, Galaxy Note 10 memiliki kemiripan dengan Galaxy S10 dengan tiga kamera yang merupakan konfigurasi lensa wide, ultra wide dan telephoto (2x zoom). Sedangkan Note 10 Plus ada tambahan satu kamera lagi yaitu ToF (Time of Flight) yang berguna untuk memberikan efek live focus video dan penghitungan ukuran secara real time. Fitur ini pada dasarnya sudah ada di Galaxy A80.

Pada sektor fotografi, Samsung akhirnya ikut tren foto malam dengan menyertakan fitur Night Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dalam kondisi redup. Secara teknis, ini merupakan metode long exposure yang dipermudah secara otomatis.

Untuk urusan swafoto, agaknya Note10 masih harus menyerah dengan Galaxy S10. Pasalnya untuk S10 Plus memiliki dua kamera depan yang menyajikan kualitas gambar dan angle yang lebih luas. Bagusnya kamera depan Galaxy S10 Plus ini pun sudah diakui oleh lembaga sekelas DXO Mark. Sementara di Note10, baik yang versi kecil maupun versi besar (Plus) hanya punya satu kamera saja.

Hal paling menarik adalah untuk urusan video. Samsung melampaui para kompetitornya dalah hal videografi. Fitur Super Steady yang sudah ada sejak Galaxy S10 diperbarui kemampuannya. Karena saat ini hadir pula dalam mode Hyperlapse untuk video time-lapse stabil.

Related Posts
1 daripada 213

Selanjutnya Video Life Focus yang seperti halnya ditemui di Galaxy A80, bisa memberikan efek bokeh atau mengaburkan latar belakang pada video. Menariknya, kita bisa mengganti latar belakang dengan beberapa efek keren.

Kemudian fitur Zoom-In Mic yang memperkuat audio pada frame dan menjauhkan noise di sekitar untuk membantu fokus pada suara yang diinginkan. Ini sebenarnya fitur yang sudah lama di smartphone flagship LG G Series, namun Samsung baru mengadopsinya sekarang. Untung bagi Samsung, smartphone baru LG tidak lagi beredar di Indonesia.

Setelah sempat absen di Galaxy Note 9 karena penggunaan antarmuka baru One UI, kini Samsung kembali menghadirkan fitur Edit Video. Pengguna bisa langsung mengedit video secara on-the-go. Video Editor bisa digunakan dengan S Pen, sehingga daripada tap untuk memilih atau edit clip. Tapi harus diakui, fitur editingnya masih sangat sederhana bila dibandingkan dengan Kine Master ataupun Power Director. Terlebih jika dibandingkan dengan aplikasi Adobe Rush yang menyajikan fitur lebih kaya.

Hal seru lainnya, Galaxy Note 10 menghadirkan Screen Recorder. Kita bisa capture apa yang ada di layar dengan mudah. Termasuk bisa menggunakan picture-to-picture untuk menambah reaksi, dan gunakan S Pen untuk menambah catatan untuk video yang lebih menghibur dan menarik.

Produktivitas

Pembeda utama Galaxy Note dibanding smartphone lainnya adalah keberadaan stylus S Pen yang tak tertandingi. Fitur ini sangat berguna bagi para pebisnis untuk mencatat maupun content creator atau seniman yang gemar melukis.

Kini fitur produktivitas ditambah lagi kemampuannya. S Pen unibody yang didesain ulang memiliki kemampuan handwriting to text. Sekarang, pengguna tidak hanya bisa mencatat, namun secara instan bisa mengubah tulisan tangan mereka menjadi teks digital di Samsung Notes. Selanjutnya menyimpannya dalam berbagai format berbeda, termasuk Microsoft Word.

Pengguna sekarang dapat menyesuaikan catatan dengan mengecilkan, memperbesar, atau mengubah warna teks. Hanya dalam beberapa ketukan, notulen rapat dapat diformat dan dibagikan; luapan inspirasi dapat dengan cepat menjadi dokumen yang dapat diedit. Keren.

Selanjutnya, fitur konektivitas Samsung DeX for PC juga makin pintar. Galaxy Note10 memperluas kemampuan Samsung DeX, sehingga pengguna bisa bekerja di smartphone dan PC atau Mac dengan lebih mudah. Dengan koneksi USB kompatibel, pengguna bisa drag dan drop dokumen antar perangkat, hingga menggunakan aplikasi mobile favorit dengan sebuah mouse dan keyboard.

Kinerja

Sudah tak diragukan lagi jika Galaxy Note10 memiliki hardware berkelas dan fitur terdepan. Chipsetnya memakai Exynos 7nm 64-bit Octa-core processor (Max. 2.7 GHz + 2.4 GHz + 1.9 GHz). Kemudian pilihan RAM hingga 12GB yang bahkan laptop saja masih banyak yang memiliki RAM 4GB.

Guna memanjakan para gamers, Galaxy Note10 memiliki fitur vapor chamber cooling system yang memberikan kinerja optimal selama bermain game sambil menjaga perangkat tetap ramping dan sleek. Dengan Game Booster berbasis AI, Galaxy Note10 mengoptimalkan kinerja dan konsumsi daya tergantung pada game. Dan dengan layanan streaming PlayGalaxy Link P2P, pengguna dapat mengetahui dimana mereka berhenti di game PC apa pun dan memungkinkan mereka untuk terus bermain saat bepergian tanpa perlu penyimpanan lokal.

Galaxy Note 10 juga menjadi smartphone pertama dengan Super Fast Charging hingga 45W yang mampu mengisi daya 30 menit saja. Sayangnya, kabel 45W dijual terpisah, sementara untuk bawaannya adalah 25W. Samsung Galaxy Note10+ dengan baterai 4300 bisa bertahan seharian. Ponsel ini juga sudah mendukung Wireless PowerShare untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel seperti  Galaxy Watch, Galaxy Buds, atau perangkat lainnya yang sudah tersertifikasi Qi.

Harga Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+ tersedia dalam warna Aura Glow, Aura White, dan Aura Black. Ponsel ini mulai dipasarkan dari 23 Agustus, namun sudah bisa memesannya dari sekarang dengan harga mulai Rp13,999 juta untuk versi paling rendah. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Note10+ (512GB/12GB) : Rp18,999 juta
  • Note10+ (256GB/12GB): Rp16,499 juta
  • Note 10 (256GB/8GB): Rp 13,999 juta

Jadi, kamu pilih mana? Yang pasti, untuk varian tertinggi sudah habis saat preorder. Luar biasa.

Spesifikasi Galaxy Note 10 dan Note10+ 

 

Galaxy Note10

Galaxy Note10+

Display

6.3-inch FHD+

Dynamic AMOLED Infinity-O Display,

2280×1080 (401ppi)

HDR10+ Certified

6.8-inch Quad HD+

Dynamic AMOLED Infinity-O Display

3040×1440 (498ppi)

HDR10+ Certified

Camera

Rear: Triple Camera

 – Ultra Wide: 16MP F2.2 (123°)

 – Wide-angle: 12MP 2PD AF F1.5/F2.4 OIS (77°)

 – Telephoto: 12MP F2.1 OIS (45°)

 

 

Front: 10MP 2PD AF F2.2 (80°)

Rear: Quad Camera

 – Ultra Wide: 16MP F2.2 (123°)

 – Wide-angle: 12MP 2PD AF F1.5/F2.4 OIS (77°)

 – Telephoto: 12MP F2.1 OIS (45°)

 – DepthVision Camera: VGA

 

Front: 10MP 2PD AF F2.2 (80°)

Body

71.8 x 151.0 x 7.9mm, 168g

(BLE S Pen: 5.8 × 4.35 × 105.08mm, 3.04g)

77.2 x 162.3 x 7.9mm, 196g

(BLE S Pen: 5.8 × 4.35 × 105.08 3.04g)

* Galaxy Note10+ 5G mmWave model weighs 198g.

AP

– 7nm 64-bit Octa-core processor (Max. 2.7 GHz + 2.4 GHz + 1.9 GHz)

– 7nm 64-bit Octa-core processor (Max. 2.8 GHz + 2.4 GHz + 1.7 GHz)

* May differ by market and mobile operator.

Memory

– 8GB RAM with 256GB internal storage

(LTE model only)

– 12GB RAM with 256GB internal storage

(5G model only)

– 12GB RAM with 256GB internal storage

– 12GB RAM with 512GB internal storage

 

SIM Card

LTE

Dual SIM: one Nano SIM and one Nano SIM

Dual SIM (Hybrid): one Nano SIM and one Nano SIM or one MicroSD slot (up to 1TB)

5G

Single SIM: one Nano SIM

Single SIM: one Nano SIM and one MicroSD slot (up to 1TB)

 

* May differ by market and mobile operator.

* SIM card and MicroSD card sold separately.

* Hybrid SIM tray available only on Galaxy Note10+ LTE model.

Battery

3,500mAh (typical)

4,300mAh(typical)

OS

Android 9.0 (Pie)

Network

LTE

Enhanced 4×4 MIMO, Up to 7CA, LAA, LTE Cat.20

 – Up to 2.0Gbps Download / Up to 150Mbps Upload

* Actual speed may vary depending on market, carrier and user environment.

5G

5G Non Standalone (NSA), Sub6 / mmWave

*Requires optimal 5G connection. Actual spend may vary depending on market, mobile operator and user environment.

Connectivity

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM

– Up to 1.2Gbps Download / Up to 1.2Gbps Upload

*May differ by market and mobile operator.

Bluetooth® v 5.0, ANT+, USB Type-C, NFC, Location (GPS, Galileo*, Glonass, BeiDou*)

*Galileo and BeiDou coverage may be limited. BeiDou may not be available for certain markets.

Payment

NFC, MST

*May differ by market, mobile operator and service providers.

Sensors

Accelerometer, Barometer, Ultrasonic Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Proximity Sensor, RGB light sensor

(BLE S Pen: 6-axis Sensor including Gyro Sensor and Acceleration Sensor)

Authentication

Lock Type: Pattern, PIN, Password
Biometric Lock Types: Fingerprint sensor, Face recognition

Audio

Stereo speakers and earphones: Sound by AKG

(In-box earphones: Type-C plug, hybrid canal type, 2way dynamic unit)

Surround sound with Dolby Atmos technology (Dolby Digital, Dolby Digital Plus included)

 

Audio Playback Format:

MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA, DSF, DFF, APE

Video

MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM