Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kingston DataTraveler Duo, Flash Drive dengan Port USB-A & USB-C

0 2.550

Meski penggunaan penyimpanan cloud kini lebih banyak digunakan, bagi beberapa masyarakat, perangkat penyimpanan offline atau luring masih dibutuhkan. Terutama di situasi dimana koneksi internet masih belum cukup mendukung, sehingga penyimpanan atau pemindahan file masih perlu dipindahkan lewat penyimpanan eksternal seperti USB flash drive.

Kingston Technology, pemimpin dunia dalam produk memori dan solusi teknologi, kemarin (2/1) baru saja merilis USB flash drive terbarunya. Dinamakan Kingston DataTraveler Duo, perangkat ini tak hanya sekadar USB flash drive pada umumnya, melainkan masuk ke dalam jajaran flash drive dual-interface. Artinya, secara fisik, perangkat penyimpanan mungil satu ini memiliki dua konektor USB.

Kalau umumnya hanya memiliki port USB type-A saja, Kingston DataTraveler Duo juga dilengkapi dengan port USB type-C di bagian ujung satunya. Keberadaan dua port ini ditujukan untuk hadirkan fleksibilitas yang paling tinggi bagi konsumen, supaya bisa menggunakannya dengan komputer atau perangkat baru maupun lama.
Baca juga: Kingston Rilis USB Flash Drive Type-C Performa Tinggi dan Ekonomis

Kingston DataTraveler Duo Hadirkan Fleksibilitas Tinggi

Kingston DataTraveler Duo

Seperti yang kita tahu, perangkat komputer seperti laptop terbaru saat ini perlahan mulai meninggalkan port USB-A, alias hanya memiliki sejumlah port USB-C untuk input daya dan transfer data. Dengan menggunakan dua interface, otomatis Kingston DataTraveler Duo bisa digunakan di perangkat tersebut, termasuk juga dengan smartphone yang gunakan USB-C serta mendukung fungsi USB On-The-Go.

Kingston DataTraveler Duo hadir untuk melengkapi rangkaian seri flash drive plug-ang-play Duo sebelumnya. Yaitu DataTraveler microDuo 3C yang juga punya interface USB-A dan USB-C, punya kecepatan baca sampai 100MB/detik, plus pilihan kapasitas hingga 128GB. Perangkat tersebut juga mendukung berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, PC hingga komputer Mac.

Lalu seri lainnya ada DataTraveler microDuo 3.0 G2, yang punya antarmuka USB-A dan micro-USB, dikhususkan untuk smartphone dan tablet Android yang mendukung fitur USB OTG. Sama seperti versi 3C, yang satu ini juga punya pilihan kapasitas hingga 128GB. Berbeda dengan Kingston DataTraveler Duo yang hanya setengahnya, namun memiliki kecepatan USB 3.2 Gen 1, supaya bisa mentransfer file media dengan cepat.

Harga Kingston DataTraveler Duo

Kingston DataTraveler Duo

Kingston DataTraveler Duo sudah tersedia di Indonesia. Untuk kapasitasnya, Kingston DataTraveler Duo hadir dalam dua pilihan yaitu 32GB (DTDE/32GB) dan 64GB (DTDE/64GB). Masing-masing dibanderol seharga Rp98,500 dan Rp155,000. Dan untuk purnajual yang prima, keduanya sudah dilengkapi dengan masa garansi yang cukup panjang, hingga lima tahun dengan dukungan teknis gratis.

Dalam sebuah rilis, Kingston mengatakan bila diluncurkannya DT Duo menambah fungsionalitas yang sangat dibutuhkan pada perangkat USB type-C yang terus bertambah di pasaran. “Antarmuka ganda dan tutupan geser ganda yang unik  membuat drive kokoh dan bergaya, tanpa takut akan lepas dan hilang.”

Tinggalkan komen