Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 2.4, Android One Terbaru & Termurah dari HMD

0 3.660

Sejak terakhir meluncurkan sebuah smartphone dengan lima sensor kamera utama, HMD Global belum lagi meluncurkan flagship untuk bersaing dengan kompetitornya. Melainkan hanya rilis kelas mid-range premium, yaitu Nokia 8.3 5G yang bakal tampil di salah satu film layar lebar, No Time To Die pada November mendatang.

Selain meresmikan penjualan smartphone tersebut, HMD Global juga perkenalkan dua smartphone kelas entri. Selain Nokia 3.4, juga dirilis Nokia 2.4. Sesuai dengan penamaan angkanya, Nokia 2.4 hadir dengan harga lebih terjangkau, dirancang untuk mereka yang inginkan pengalaman pure Android dengan jaminan pembaruan software jangka panjang.

Smartphone ini merupakan penerus dari Nokia 2.3, yang tidak hadir di Indonesia (sebagai penerus Nokia 2.2). Secara tampilan desain, tak terlihat perbedaan yang jauh. Baik tampilan depan, maupun modul kamera di belakang masih dibuat identik. Yang baru adalah hadirnya sensor sidik jari pada bodi belakangnya, berikan opsi keamanan tambahan selain AI face unlock.

Spesifikasi Nokia 2.4

Nokia 2.4

Saat acara peluncurannya, Juho Sarvikas, Chief Product Officer & VP of North America, HMD mengatakan jika Nokia 2.4 & 3.4 hadir sebagai komitmen mereka dalam hadirkan ponsel Nokia yang handal dan dapat dipercaya, yang disukai para fans dengan desain premium yang bisa dibanggakan. HMD juga perkenalkan palet warna segar, terinspirasi dengan tradisi Finlandia.

Nokia 2.4 hadir dalam tiga pilihan warna; Fjord, Dusk dan Charcoal. Bagian sasis terbuat dari metal, sementara back cover-nya terbuat dari plastic polikarbonat dengan tekstur halus tiga dimensi. Dari tiap generasi, dimensi layarnya terus diperbesar, hingga kini mencapai 6,5 inci. Sayangnya, lebar bezel serta bentuk notch masih sama, begitupun resolusinya yang masih HD+.

Tak lagi gunakan Helio A22, Nokia 2.4 bakal punya performa lebih kencang berkat penggunaan chipset MediaTek Helio P22 octa-core, sebelumnya telah digunakan di Nokia 3.1 Plus. Disediakan dua konfigurasi RAM serta penyimpanan; 2GB/32GB & 3GB/64GB, dengan slot microSD hingga kapasitas 512GB.

Di sisi software, Nokia 2.4 termasuk dalam program Android One milik Google. Konsumen akan mendapatkan jaminan tiga tahun pembaruan keamanan bulanan, serta dua tahun upgrade software. HMD juga telah menyiapkan Android 11 untuk smartphone ini, bakal segera hadir tak lama setelah perilisan. Juga disematkan tombol pintasan khusus untuk Google Assistant di sisi samping kiri bodi.

Kapasitas baterainya 4,500 mAh, diklaim sanggup digunakan hingga dua hari pemakaian. Sementara untuk kameranya, disiapkan kamera 5MP di depan dan 13+2MP di belakang. Nokia 2.4 sudah punya mode malam khusus, serta mampu atur tingkatan bokeh pada foto potret baik sebelum maupun sesudah foto diambil.

Harga Nokia 2.4

Lebih awal dari Nokia 3.4, Nokia 2.4 bakal mulai dirilis secara global pada akhir September ini. Varian termurahnya bakal dijual di kisaran harga 119 Euro, atau sekitar Rp2 jutaan. Naik cukup signifikan jika dibandingkan dengan Nokia 2.2 yang hadir resmi tahun lalu.

Bila akan masuk resmi ke Tanah Air dengan harga yang sama, sepertinya HMD bakal susah untuk berkompetisi dengan brand lain. Sebut saja realme yang miliki setup kamera lebih banyak lewat lini C-series, atau Xiaomi dengan Redmi 9 yang sudah punya layar resolusi full HD. Kita nantikan saja kehadirannya ya.