Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 8.3 5G, Smartphone Global 5G dengan Kamera Zeiss

0 1.823

Berkat ditiadakannya Mobile World Congress 2020, HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal ponsel Nokia memutuskan untuk memperkenalkan portofolio produk baru mereka secara daring melalui kanal YouTube resminya. Tahun ini, mereka menyiapkan ponsel affordable flagship Nokian 8.3 5G.

Lewat Nokia 8.3 5G, HMD tak hanya merilis ponsel dengan dukungan 5G global pertama di dunia, ponsel tersebut juga diklaim future-proof, berkat kerjasama HMD dengan Qualcomm. HMD juga mengumumkan ekspansi mereka ke negara Brazil pada tahun ini.

Baca juga: 10 Tren Teknologi 2020 Versi Alibaba: AI, IoT dan 5G Berkembang Pesat

Juho Sarvikas, Chief Product Officer, HMD Global, dalam sambutannya mengatakan dengan bantuan Qualcomm Snapdragon 765G Modular Platform, timnya telah menciptakan smartphone Nokia 5G yang benar-benar global, dirancang dengan mempertimbangkan biaya, kegunaan, dan tahan masa depan.

“Solusi 5G dari Qualcomm tak hanya memungkinkan kami untuk memadatkan lebih dari 40 komponen frekuensi radio yang berbeda dalam satu modul, juga menghadirkan jumlah band 5G terbanyak, mulai 600MHz hingga 3,8GHz, menjadikan perangkat benar-benar global dan future-proof,” ujar Juho.

Fitur Kunci Nokia 8.3 5G

Nokia 8.3 5G

Menjadi ciri khasnya, Nokia 8.3 5G memiliki inspirasi desain khas Finlandia, hadir dalam warna spesial Polar Night yang terinspirasi langsung dari cahaya aurora borealis di utara. Layar depannya berdimensi 6,8 inci dengan teknologi PureDisplay, hasil kerjasama HMD dengan PixelWorks. Teknologi tersebut mampu memberikan fitur always-on HDR untuk konten video.

Menjalankan sistem operasi Android 10 murni, HMD memberikan jaminan pembaruan software selama 2 tahun dan keamanan selama 3 tahun. Nokia 8.3 5G juga dilengkapi tombol pintasan Google Assistant di sisi samping bodi, sementara sensor sidik jari dibuat menyatu pada tombol power. Ditenagai chipset Snapdragon 765G, ponsel ini hadir dalam dua varian memori; 6GB/64GB & 8GB/128GB. Kapasitas baterainya 4500 mAh, dan sudah mendukung pengecasan 18W.

Keempat kamera belakang Nokia 8.3 5G menggunakan optik dari ZEISS. Sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.89, dengan kamera ultra wide-angle 12MP f/2.2, 2MP depth sensor dan 2MP macro lens (jarak terdekat 3,6cm). Kamera ultra wide-anglenya sedikit unik, dilengkapi fitur video HDR dan piksel besar 2,8um saat merekam video, sehingga tetap terang walaupun kondisi pencahayaan gelap. ZEISS juga menyematkan efek video sinematik serta format lebar 21:9. Kamera punch-hole di depan beresolusi 24MP f/2.0 juga dengan optik dari ZEISS.

Nokia 5.3, varian murah dari 8.3 5G

Harga Nokia 8.3 5G

Ponsel Nokia terbaru ini juga akan tampil pada waralaba film 007 terbaru, “No Time To Die”, lewat kampanye global bertajuk, ‘The Only Gadget You Will Ever Need’. Menurut rencana awal, film ini dirilis secara premier pada akhir bulan Maret ini. Namun karena pandemi COVID-19, film yang dibintangi Daniel Craig ini diundur jadwal tayangnya menjadi 12 November mendatang. Ponsel Nokia 8.3 5G yang akan digunakan oleh agen baru 007, Nomi, dimainkan oleh aktris Lashana Lynch.

Nokia 8.3 5G mulai dirilis secara global pada musim panas 2020 mendatang, dengan harga rata-rata retail 599 Euro (Rp10 jutaan) untuk varian 6GB/64GB. Namun belum ada informasi lebih rinci apakah produk ini dirilis di Indonesia atau tidak. Meski jika melihat rekam jejak sebelumnya, harapannya cukup kecil. Mengingat dalam setahun terakhir saja, sangat sedikit produk yang dirilis, itupun hanya kelas menengah ke bawah.


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace