Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartphone Nokia 3.4 Bakal Hadir dengan NFC di Indonesia

2 3.231

Mendekati akhir bulan September ini, HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal merk smartphone Nokia, baru saja memperkenalkan sejumlah perangkat baru secara daring. Selain dua smartphone, juga diperkenalkan beberapa aksesori berupa perangkat audio nirkabel, serta sebuah layanan yang dirilis khusus untuk kelas enterprise, yaitu HMD Connect Pro.

Dari kedua smartphone baru yang diperkenalkan, Nokia 3.4 menjadi yang paling tinggi, meskipun sebenarnya kelasnya masuk ke menengah ke bawah. Spesifikasi di atas kertas cenderung biasa saja, namun memiliki desain yang serupa dengan seri flagship terbarunya. Sudah mengusung layar dengan kamera punch-hole, serta desain kamera membulat seperti Nokia 8.3 5G.

Baca juga: Pre-order Nokia C1 Dibuka, Smartphone Android Go Rp800 Ribuan

Spesifikasi Nokia 3.4

Nokia 3.4

Smartphone ini merupakan suksesor dari seri Nokia 3.2, yang tidak masuk ke Indonesia tahun lalu. Nokia 3.4 punya dimensi layar yang cukup besar, yaitu 6,39 inci, meski resolusi panelnya masih HD+. Dapat menyala terang hingga 400 nits, HMD masih menyematkan logo Nokia di bagian bezel bawahnya. Mungkin karena itu nilai jualnya, ya.

Desainnya sendiri cukup menarik—HMD janjikan permukaan yang solid khas smartphone Nokia, meski sepertinya gunakan material polikarbonat seperti Nokia 5.3. Bagian back covernya diberi pola khusus 3D nano texture agar lebih mantap di genggaman, sementara pilihan warnanya terinspirasi dari material bebatuan, yaitu Fjord,  Dusk dan Charcoal. Bobot smartphone in mencapai 180 gram dengan ketebalan 8,7mm.

Untuk sektor dapur pacu, Nokia 3.4 ditenagai chipset Snapdragon 460 dari Qualcomm. Chipset dengan CPU octa-core ini diklaim 70% lebih kencang daripada seri sebelumnya, yang masih gunakan Snapdragon 429. HMD berikan tiga varian memori yang bisa dipilih; 3GB/32GB, 3GB/64GB dan 4GB/64GB, menggunakan jenis penyimpanan eMMC 5.1.

Termasuk dalam program Android One, Nokia 3.4 belum menjalankan Android 11 sejak awal, namun dipastikan akan mendapatkannya dalam waktu dekat. Di bagian belakang, terdapat tiga sensor kamera ditemani dengan lampu LED pada bagian modul yang didesain membulat, diletakkan di atas fingerprint sensor.

Sensor utama Nokia 3.4 punya resolusi 13MP, lalu ditemani dengan sensor 5MP ultra wide-angle, dan 2MP depth sensor untuk efek bokeh yang lebih bagus. Kameranya dilengkapi fitur AI untuk percantik foto sesuai kondisi dan objek pencahayaan. Sementara kamera punch-hole di depannya beresolusi 8MP.

Kapasitas baterainya cukup modis di 4.000 mAh, sayangnya belum dilengkapi fast charging alias masih mentok di 10W. Namun setidaknya, jenis port yang digunakan sudah USB-C. Sementara sensor lainnya cukup lengkap, termasuk adanya sensor NFC di negara tertentu.

Harga Nokia 3.4, Bakal Masuk Indonesia

Nokia 3.4 akan mulai dijual pada awal bulan Oktober mendatang, tersedia dalam opsi warna Charcoal dan menyusul untuk warna lainnya. Harga resmi yang ditentukan adalah mulai dari 160 Euro untuk varian terendah, atau sekitar Rp2,7 jutaan.

Apakah bakal hadir di Indonesia? Menariknya, dalam situs resmi Nokia, tertulis jika smartphone ini bakal tersedia dengan NFC di beberapa negara tertentu, dan HMD mencantumkan Indonesia pada list tersebut. Sehingga cocok untuk menjadi pilihan satu dari sedikit smartphone Rp2 jutaan yang punya sensor tersebut.