Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y72 5G Punya Kamera 64MP Eye Autofocus, Dibanderol Rp4 Jutaan

0 4.065

Berbagai produsen smartphone global nampak makin menggebu-gebu untuk hadirkan produk baru yang berikan dukungan jaringan 5G. Meski ketersediaan jaringannya belum merata di semua negara (termasuk Indonesia), setidaknya perangkatnya sudah siap lebih dulu. Termasuk vivo, yang baru saja rilis vivo Y72 5G di Thailand kemarin (22/3).

Memiliki kemampuan 5G, vivo Y72 adalah smartphone pertama dengan kemampuan tersebut yang dipasarkan di luar negara asalnya, yaitu China. Harganya bisa dibilang cukup bersaing dengan seri Xiaomi dan realme, di mana kedua merek tersebut juga punya segelintir jajaran smartphone 5G kelas menengah.

vivo sendiri nampaknya belum mau membuat lompatan yang masif terkait desain dari produknya. Sejak tahun lalu, desain antar seri smartphone mulai terlihat mirip. Begitu pula dengan vivo Y72 5G yang mengusung modul kamera serupa vivo X60 series. Hanya saja punya warna berbeda, dan tentunya, setup sensor kamera yang juga lebih sederhana. Mengingat harganya jauh lebih murah.

Baca juga: vivo Y20s G Diam-diam Diluncurkan, Smartphone Gaming Rp2 Jutaan

Vivo Y72 5G Usung Chipset Dimensity 700

vivo Y72 5G

Merek yang tergabung dalam perusahaan induk BBK Corp. ini juga dikenal dengan beberapa serinya yang masih gunakan desain waterdrop notch. Di vivo V20, sih, alasannya karena sensor kameranya yang memang sangat superior. Sementara di vivo Y72 5G, belum diketahui fitur spesial tertentu dari sensor 16MP pada bagian depannya.

Layar tersebut berukuran besar di 6,58 inci, sudah beresolusi full HD+ dengan reproduksi warna 96% NTSC. Masih gunakan panel IPS, dan belum mendukung refresh rate tinggi. Otomatis, sensor sidik jari diletakkan pada samping bodi, secara natural mudah diraih oleh ibu jari saat sedang menggenggam smartphone dengan tangan kanan.

Tanpa sensor depth khusus, vivo gunakan kombinasi kamera efektif yang diletakkan di bagian belakang kiri atas bodi vivo Y72 5G. dua sensor yang berukuran besar di atas adalah sensor 64MP serta ultra wide-angle 8MP, memiliki sudut pandang lebar 120 derajat.

Sementara yang diletakkan di sebelah lampu kilat adalah sensor super makro 2MP dengan jarak pandang terdekat 4cm. Seperti kamera depan vivo V20, kamera belakang vivo Y72 dilengkapi teknologi eye autofocus. Ditambah dengan super night mode serta EIS demi pengambilan video stabil tanpa alat bantu khusus.

Dukungan 5G pada smartphone ini dibawa dari chipset MediaTek yang diusungnya, yaitu seri Dimensity 700 dengan CPU octa-core dan fabrikasi 7nm. Dipasangkan dengan RAM berjenis LPDDR4x dan penyimpanan UFS 2.1, masih disematkan jack audio 3,5mm pada bagian ujung bawah bodi smartphone.

Harga vivo Y72 5G, Dijual Secara Pre-Order

vivo Y72 5G

Smartphone yang punya baterai 5,000 mAh ini bisa diisi secara instan lewat dukungan 18W fast charging. Harganya? Dibanderol 9,999 Baht atau sekitar Rp4,6 jutaan dengan memori 8/128GB.

vivo bakal menjualnya secara pre-order di Thailand, dimulai pada 25 Maret 2021 mendatang, dilanjut penjualan perdana di 31 Maret. Sementara di Indonesia, masih belum ada desas-desus kehadiran sang flagship maupun seri 5G terbaru secara resmi. Semoga turut ramaikan persaingan dalam waktu dekat ya.

Tinggalkan komen