Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spesifikasi & Harga Google Pixel 5 Bocor Jelang Peluncuran

0 3.047

Dalam waktu dua hari lagi, kita bakal kehadiran sebuah smartphone baru terbaik dari Google, lewat sebuah lini seri yang sampai saat ini belum pernah hadir resmi di Indonesia. Ya, adalah Google Pixel, smartphone yang secara spesifikasi bukan yang terbaik, tapi mampu hadirkan pengalaman terbaik lewat optimasi software.

Walaupun kabarnya untuk tahun ini, Google Pixel 5 disiapkan dengan spesifikasi setara smartphone Android kelas menengah premium, tak sekencang ROG Phone 3 atau flagship lainnya. Namun juga dengan harga yang lebih terjangkau. Penasaran dengan spesifikasinya? Berikut kumpulan informasi bocoran yang sudah beredar, dari sumber yang cukup kredibel.

Baca juga: Berlaku Mulai 1 Oktober, Ini Harga Langganan Google Meet Berbayar

Spesifikasi Google Pixel 5

Google Pixel 5

Dari bocoran gambar yang diberikan oleh  Roland Quandt dan Evan Blass, Pixel 5 punya desain yang bisa dibilang biasa saja, dan cenderung konvensional. Bodinya seperti terbuat dari plastik, dengan sensor sidik jari yang masih diletakkan di belakang. Setidaknya, sensor ini lebih berfungsi di situasi sekarang, daripada face recognition di Pixel 4 yang mengharuskan untuk membuka masker.

Beda dari Pixel 4a yang sudah dirilis, Pixel 5 bakal hadir dalam warna baru yang menarik, yaitu Sage Green. Dan untuk kamera utamanya, tersedia dua sensor, masing-masing sensor wide serta ultra wide-angle. Di bagian depan, sangat terlihat bila Pixel 5 merupakan smartphone kelas premium.

Ciri khas flagship saat ini adalah punya keempat bezel yang dibuat sama-sama tipis, dan hal tersebut juga berlaku di Pixel 5. Bezel bawahnya terlihat sangat tipis, persis seperti bagian atas. Tak lagi membawa banyak sensor untuk pengenalan wajah, bagian depan tampak simple dengan satu kamera punch-hole.

Layarnya punya dimensi 6 inci, gunakan panel OLED yang mendukung refresh rate 90Hz dan konten HDR. Bagian depannya sudah terlindung dari Gorilla Glass 6. Sementara yang cukup mengejutkan, smartphone ini bakal hadir dengan RAM 8GB serta penyimpanan 128GB, setelah sebelum-sebelumnya cenderung punya memori pas-pasan.

Yang mungkin mengecewakan bagi para pencari smartphone kencang, adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Bukan yang terbaik, memang, namun ketika saya gunakan chipset tersebut di vivo X50 Pro, performa sehari-hari tidak jauh terasa beda dari, sebut saja Poco F2 Pro. Apalagi, Google selalu merancang Pixel agar punya performa tinggi dengan penguatan software.

Setidaknya kapasitas RAM yang besar bisa permudah tugas chipset untuk menjalankan beragam aplikasi. Kapasitas baterainya juga jauh ditingkatkan, sudah mencapai 4,080 mAh, dengan dukungan 18W fast charging serta wireless & reverse wireless charging.

Google Pixel 5

Di belakang, terdapat dua sensor kamera dengan konfigurasi yang berbeda dari Pixel 4. Tak menggunakan sensor telephoto, Google kali ini gunakan sensor ultra wide-angle 16MP f/2.2 dengan sudut pandang 107 derajat, menemani sensor utama 12.2MP f/1.7. Sensor tersebut dapat merekam video hingga 4K 60fps atau 1080p 240fps.

Bingkai smartphone ini terbuat dari aluminium, dan sudah tersertifikasi IP68 untuk ketahanan debu dan air. Dengan bobot yang sangat ringan di 151 gram, Pixel 5 juga kini mendukung dual SIM. Hanya saja, slot SIM fisik hanya satu, alias membutuhkan eSIM untuk nomor sekunder.

Harga Google Pixel 5

https://twitter.com/jon_prosser/status/1309548123098877958

Perlu informasi harga? Jon Prosser juga sudah membocorkan informasi tersebut lewat akun Twitternya. Pixel 5 dengan memori 128GB bakal dijual seharga USD699, atau setara Rp10 jutaan. Terhitung cukup murah untuk kelas flagship, atau yah setara dengan vivo X50 Pro dengan chipset sama (meski hardware-nya jauh lebih sederhana, termasuk setup kameranya).

Pre-order akan dimulai di hari peluncuran, sementara ketersediaan resmi bakal hadir di 15 Oktober—alias menjelang tanggal perilisan iPhone 12 series. Apakah Google akan berhasil mengambil panggung milik Apple dengan rilis produk lebih dulu? Kita nantikan peluncurannya ya.