Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Berlaku Mulai 1 Oktober, Ini Harga Langganan Google Meet Berbayar

1 2.383

Sejak awal Mei yang lalu, Google Meet langsung menjadi favorit pengguna internet. Karena layanan video conference milik Google tersebut bisa dipakai secara gratis tanpa batas. Harga Google Meet gratis, sementara kompetitor seperti Zoom, Microsoft Teams, Cisco Webex dan lainnya berbayar, meski ada yang gratis dengan sejumlah batasan.

Nah, pada 30 September 2020 mendatang, promosi layanan Google Meet yang sepenuhnya gratis tersebut telah berakhir. Ketika penulis melontarkan informasi tersebut ke media sosial, sebagian besar mengungkapkan kekecewaannya.

Pasalnya, Google Meet telah mendukung berbagai aktivitas mereka selama pandemi. Dengan layanan Google Meet yang digratiskan tanpa ada batasan waktu, mereka bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Sehingga dengan berakhirnya masa promosi tersebut, tak sedikit yang memutuskan untuk berpindah ke layanan lain.

Padahal informasi terkait masa gratis tanpa batas tersebut juga sudah diungkapkan oleh Google sejak awal. “Video call Anda dibatasi hingga 60 menit untuk produk gratis, meskipun kami tidak akan memberlakukan batas waktu ini sampai 30 September,” tulis Javier Soltero, Vice President & GM, G Suite, di blog resmi Google.

Perbedaan Google Meet Gratis dan Berbayar dengan G Suite

harga Google MeetDengan berakhirnya masa promosi tersebut, pengguna sebenarnya masih bisa mengakses Google Meet secara gratis. Hanya saja seperti lainnya, menjadi ada sejumlah batasan.

Google membagi paket layanan Google Meet menjadi tiga, yakni gratis, G Suite Essentials, dan G Suite Enterprise. Berikut ini perbedaannya:

  • Durasi rapat maksimum
    Gratis: 1 jam; G Suite Essential dan Enterprise: 300 jam
  • Peserta rapat maksimum
    Gratis: 100 orang; G Suite Essential: 150, G Suite Enterprise: 250
  • Live streaming dalam domain
    Gratis dan G Suite Essential: tidak ada; Enterprise: 100.000 audiens
  • Penyimpanan rekaman rapat
    Gratis dan G Suite Essential: tidak ada; Enterprise: Google Drive

Harga Google Meet

Bagi yang membutuhkan layanan Google Meet, tentu akan lebih maksimal jika memakai versi berbayar. Harga Google Meet untuk paket G Suite Essentials adalah USD 8 atau sekitar Rp118 ribu per bulan. Sedangkan untuk harga Google Meet paket G Suite Enterprise, tidak diberitahukan kepada publik. Pengguna harus mengontak langsung. Layanan  berbayar Google Meet ini berlaku mulai 1 Oktober 2020.

Harga Google Meet tersebut terhitung lebih terjangkau jika dibanding dengan Zoom Meeting. Di mana untuk paket Pro atau yang paling murah seharga $14,9 atau sekitar Rp220 ribu per bulan. Di atasnya lagi ada paket Business USD 19,9 atau sekitar Rp294 ribu per bulan.

Baca juga: Mengenal Lark Suite, Platform Kolaborasi Digital Gratis untuk Work From Home