Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Bocoran Fitur Smartphone Flagship Sony Xperia XZ3

1 1.083

Sony Xperia XZ3 telah wara-wiri menjadi pemberitaan media. Telah muncul pula tebakan fitur unggulannya. Akan tetapi baru-baru ini saja Sony mengeluarkan tampilan visual yang diduga kuat merupakan XZ3, smartphone yang menyasar kelas premium ini.

MySmartPrice menulis dugaan bahwa visual tersebut adalah Sony Xperia XZ3 berasal dari bagian depan dan belakang yang terlihat tinggi plus sentuhan akhir premium. Dari gambar tersebut terlihat Sony menghilangkan “poni” yang bukan berarti XZ3 mempunyai bezel yang luas. Kebalikannya, kecuali bezel yang kecil pada “dagu” di sisi atas dan “dagu” kecil pada bagian bawah, ponsel cerdas ini sepertinya akan mempunyai display layar penuh dengan layar beresolusi tinggi.

Baca juga: Sony Xperia XZ2 Premium Akhirnya Pakai Dual Camera, Seperti Apa Kemampuannya?

Sony Xperia XZ3 kemungkinan mempunyai setup kamera belakang ganda dengan ukuran lebih besar dengan sensor lonjon panjang. Sensor yang lebih kecil tersebut bisa jadi merupakan bagian dari teknologi fokus Hybrid dari Sony yang memadukan deteksi fase dan auto fokus deteksi laser.

Sony Xperia XZ3 leaked
Bye, bye desain berponi.. Foto oleh phonearena.com

Fitur bocoran lainnya adalah tombol shutter pada bagian kanan bawahnya. Hal ini mengindikasikan Sony telah merancang Sony Xperia XZ3 bagi mereka yang menginginkan gawai dengan mutu gambar bagus dan tidak berharap adanya tombol shutter virtual yang biasanya ditemukan pada mayoritas ponsel pintar. Lalu di sisi bawah ada penambah volume dan di atas tombol shutter kamera adalah tombol daya. Menariknya, Sony Xperia XZ3 tidak meletakkan penindai sidik jari di dalam tombol daya seperti Xperia Z5.

Sepertinya Sony Xperia XZ3 menyematkan pula fitur Near Field Communication atau NFC sebab logonya terlihat di samping sensor.

Calon seri Xperia terbaru ini akan menjalankan Snapdragon 845 dari Qualcomm yang berpasangan dengan Adreno 630 GPU. RAM sebesar 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB akan dipilih untuk ditawarkan ke konsumennya.

Fitur konektivitas Sony Xperia XZ3 sepertinya akan mirip dengan pendahulunya, Xperia XZ2. Sistem operasional kemungkinan akan menjalankan Android 8.1 Oreo yang akan diperbaharui menjadi Android 9 Pie OTA. Xperia XZ3 sendiri kemungkinan akan resmi diperkenalkan ke publik saat perhelatan IFA 2018 di Berlin, Jerman, 31 Agustus mendatang.