Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Xperia XZ2 Premium Akhirnya Pakai Dual Camera, Seperti Apa Kemampuannya?

1 1.455

Bukan tanpa pertimbangan Sony mengumumkan smartphone baru hanya dua bulan setelah merilis Xperia XZ2 di gelaran Mobile World Congres di Barcelona. Sony Xperia XZ2 Premium disebut oleh pihak Sony akan menawan hati calon penggunanya sebab mempunyai kamera yang dirancang untuk menjepret gambar meski sangat minim pencahayaan.

Sony Xperia XZ2 Premium mempunyai desain yang secara keseluruhan masih mirip dengan Xperia XZ. Dengan display 4K, Sony Xperia XZ2 Premium berukuran 5,8 inci, sedikit lebih besar dari 5,7 inci pada XZ2. Keduanya sudah mendukung video dengan format high definition.

Yang paling mendapat porsi upgrade besar-besaran adalah bagian kameranya. Sony Xperia XZ2 Premium jadi yang pertama bagi Sony dalam hal penempatan dua kamera di bagian belakang. Ketimbang menambah telephoto atau lensa zoom seperti yang dilakukan oleh Apple, Samsung dan OnePlus, Sony memilih memecah gambar hasil jepret menjadi satu sensor warna 19-megapiksel dan satu lagi monokrom 12-megapiksel. Pendekatan ini mirip seperti yang dilakukan oleh Huawei.

Tak hanya sekadar dual camera, Sony juga meningkatkan performa ISO atau tingkat sensitivitas sensor pada kamera terhadap cahaya. Ketika mengambil gambar, Sony Xperia XZ2 Premium bisa mencapai ISO hingga 51.200, sedangkan untuk video hingga ISO dan 12.800 saat mengambil video. Sebenarnya ini pencapaian yang tergolong sangat tinggi untuk smartphone. Sayangnya, untuk urusan ISO ini, Sony Xperia XZ2 Premium masih harus bertekuk lutut dengan Huawei P9 Pro yang  mencapai angka 102.400 alias dua kali lipatnya.

Biasanya ISO pada angka tersebut pada smartphone hanya akan berupa butiran kasar. Tetapi Sony menyebut prosesor sinyal peleburan gambar AUBE miliknya sanggup memadukan data baik dari sensor, sehingga bisa mengoptimalkan hasil gambar meski kurang cahaya dan mengurangi suara sehingga gambar tetap oke.

Sony Xperia XZ2 Premium. Foto oleh theverge.comMasih perlu kita buktikan jika sudah benar-benar menggunakan Sony Xperia XZ2 Premium ini tetapi Sony percaya diri kamera pada ponsel ini membuat pengguna bisa memperoleh gambar yang sebelumnya hanya bisa dilihat pada kamera lensa yang dapat dilepas tukar (interchangable) seperti DSLR atau mirrorless.

Sistem kamera gandanya juga memungkinkan adanya fitur portrait atau Bokeh. Pengguna sudah bisa melakukan syuting cukup dengan memanfaatkan sensor monokrom demi hasil gambar hitam putih yang sudah mendetail.

Seperti pada XZ2, Sony Xperia XZ2 Premium bisa merekam gambar video gerak lambat hingga 960fps pada resolusi 1080 p, lebih tinggi dari batasan 720p yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Baca juga: Teranyar dari Sony Mobile dengan Desain Kekinian: Sony Xperia XZ2

Upgrade lainnya mencakup RAM yang kini mencapai 6GB, kapasitas baterai yang menjadi 3.540 mAh dan kamera bagian depan yang lebih tajam. Baik Sony Xperia XZ2 dan Sony Xperia XZ2 Premium sama-sama menggunakan Android 8.0 Oreo dengan prosesor Snapdragon 845 di dalamnya.

Sony Xperia XZ2 Premium akan mulai tersedia di pasaran pertengahan tahun ini. Sony belum mengeluarkan rilis harga tetapi sesuai namanya yang premium, harga akan cukup ‘tebal’ di kantong. Melihat harga Sony Xperia XZ2 yang US$800 atau hampir Rp11 juta, Sony Xperia XZ2 Premium bisa mencapai $900 atau $1.000 atau antara Rp12,3 dan Rp13,7 jutaan. Namun jika melihat rekam jejak sebelumnya, kemungkinan produk ini tidak akan beredar di Indonesia. Sayang sekali.