Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TCL A20, Smart TV Layar 4K HDR dengan Sistem Operasi Android 11

Bertepatan dengan bulan Ramadan, TCL Indonesia memperkenalkan TV pintar generasi terbarunya, TCL A20. Sebuah momen yang tepat karena di bulan Ramadan, biasanya banyak yang memanfaatkan waktu luang dengan menonton TV sebagai hiburan sambil menunggu waktu berbuka maupun saat sahur.

Hal ini ditegaskan oleh Peter Chen, Direktur Sales dan Marketing TCL Indonesia yang mengatakan perusahaan menghadirkan teknologi terbaru dan terdepan kepada masyarakat melalui TCL A20. “Ini adalah sebuah TV pintar generasi terbaru yang tidak hanya memberikan tontonan berkualitas, namun mampu menembus batas, menghadirkan silaturahmi dengan kualitas gambar dan audio yang nyata dan prima menghapus jarak, mendekatkan hati,” kata Peter (22/4).

Baca juga: TCL A10 50 inci, TV Pintar Android 9 Berteknologi Dolby & 4K UHD

Televisi ini dibekali teknologi serta fitur canggih untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam menikmati tontonan atau hiburan pilhan. TV TCL A20 Smart TV hadir dengan tiga ukuran yaitu 43, 50, dan 55 inch. Namun untuk yang tersedia saat ini baru dua varian yaitu 50 dan 55 inchi.

Fitur dan Spesifikasi TCL A20

TCL A20 TV Android TCL A20 diklaim punya fitur-fitur canggih dengan audiovisual yang mampu memanjakan pengguna. Fitur premium dengan harga terjangkau yang disematkan menjadikannya pilihan terbaik untuk menghadirkan tontonan prima. Tampilan premium terasa dengan desain minimalis berbingkai tipis dari bahan logam untuk memastikan bahwa layar TV akan terlihat lebih maksimal.

Terdapat teknologi pemrosesan gambar bergerak MEMC (Motion Estimation Motion Compensation). Fitur ini memastikan gambar dan suara yang tajam, tidak buram dan stabil selama menampilkan tontonan olahraga dan adegan bergerak cepat penuh aksi menciptakan pengalaman benar-benar seperti nyata.

Detail gambar ditawarkan TCL A20 dengan resolusi 4K, HDR 10 dengan 4 juta piksel, dan kedalaman 10-bit yang menampilkan 1,07 miliar warna. Grafisnya mampu menghasilkan semua bayangan, rentang nada yang lebih luas, serta kecerahan yang indah. Layarnya menggabungkan rentang dinamis tinggi (HDR) dengan kemampuan warna cerah. Sehingga menghasilkan kualitas gambar sinematik yang jelas dengan kecerahan, kontras, warna, dan detail.

Di sektor audio, televisi ini dipersenjatai dengan Dolby Vision & Atmos yang menyajikan audio imersif. Uniknya, terdapat fitur Hands-Free Voice Control 2.0. Fitur ini memudahkan pengguna berinteraksi dengan TV TCL melalui empat mikforon internal. Sehingga pengguna dapat mengubah saluran siaran, menyetel pengingat, dan menjelajahi layanan streaming melalui perintah suara sederhana.

TCL A20 juga mendukung panggilan suara (pengenalan suara lebih cepat) dan koneksi ke berbagai perangkat rumah pintar. Selain itu, TCL A20 dilengkapi fitur Wi-Fi dual-band 2.4G + 5G. HDMI 2.1 dan AiPQ Engine. Dengan Wi-Fi dual-band HDMI 2.1 menjadikan streaming lebih cepat serta stabil. Konektivitas ini mendukung resolusi video yang lebih tinggi, refresh rate lebih cepat, dan kapasitas transmisi lebih besar,  membawa TV serta game ke level lebih baik.

Dapur pacunya sendiri memakai AiPQ Engine Chipset. Bukan chipset yang populer, tapi diklaim mampu memproses konten dalam waktu nyata, serta meningkatkan tampilan dan audio. Berbekal chipset ini, TCL A20 dapat mengoptimalkan gambar menurut konten. Juga meningkatkan kualitas audio yang dikompensasikan secara dinamis berdasarkan volume, menghilangkan distorsi sinyal dan speaker, memberikan pengalaman mendengarkan lebih autentik.

Dengan OS  Android TV terbaru yaitu Android 11 atau Android R, menjadikan pengoperasian TCL A20 mulus dan memiliki respon cepat. Pengguna dapat memiliki akses ke lebih dari 7.000 aplikasi serta 70.000 film atau acara di satu tempat yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Selain itu, Chromecast memungkinkan pencerminan layar (screen mirroring) yang mudah langsung dari perangkat pengguna baik telepon pintar dan laptop.

Harga Mulai Rp5,9 Jutaan, TCL A20 Terjual 400 Unit dalam 1 Hari

TCL A20 Kehadiran TV terbaru ini, TV 4K HDR seri TCL A20 disambut antusias oleh pelanggan. TCL mengklaim, penjualan perdana TCL A20 mampu terjual 200 unit dan total di hari yang sama terjual habis sampai 400 unit untuk ukuran 50 dan 55 inch. Untuk melengkapi pilihan bagi para pelanggan, TCL A20 tersedia dengan tiga pilihan ukuran, yaitu 43, 50 dan 55 inch.

Peter menambahkan, peluncuran TCL A20 menggandeng partner seperti Dolby, Bardi dan Vidio untuk membuktikan keseriusan dalam menampilkan teknologi canggih terkini untuk memanjakan para pelanggan.

“Dengan beragam kelebihan ini, kami percaya A20 mampu menghadirkan kualitas pengalaman baik tontonan, erntertainment dan game dengan level yang lebih baik. Selain itu, ia menjadikan silaturahmi tahun ini akan terasa begitu spesial yang menghadirkan komunikasi dan interaksi begitu nyata, membuat A20 pilihan terbaik bagi pelanggan setia kami,” imbuhnya.

Tertarik memilikinya? Berdasarkan penelurusan kami, TCL A20 sudah tersedia di situs belanja Lazada dengan dua varian. Pertama, TCL 50A20 yang berukuran 50″ dengan harga Rp5.999.000. Kedua, TCL 55A20 yang layarnya berukuran 55″ dipasarkan dengan harga Rp7.499.000.

Tinggalkan komen