Yang Baru di iPad 9th Gen, Tablet Paling Laris Rilisan Apple

Jakarta, Gizmologi – Pada acara peluncuran tahunan Apple yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, tidak hanya seri iPhone dan iPad mini saja yang diberikan pembaruan. Perangkat tablet paling populer dan paling murahnya juga mendapat peningkatan spesifikasi, banyak disebut sebagai iPad 9th Gen atau iPad (2021).

Hanya saja, memang, tak terlalu jauh atau signifikan dibandingkan dua produk lainnya tersebut. Terutama bisa disandingkan bersama iPad mini 2021, yang memang belum diperbarui sejak 2019. Wajar bila kemudian hadir dengan desain menyerupai iPad Pro, penggunaan chipset terbaru, sampai fitur kamera unggulan yang dibawa dari lini tablet Apple paling mahal.

Baca juga: iPad mini 2021 Mendukung 5G, Bawa Teknologi Kamera Depan Canggih

Meski begitu, pembaruan internal pada iPad 9th Gen kali ini bisa dibilang cukup penting. Terutama pada era di mana panggilan video lebih sering digunakan, baik untuk menempuh sekolah daring maupun bekerja. Karena iPad terbaru satu ini punya setup yang lebih superior, bahkan dari iPad Air terbaru sekalipun. Khusus kamera depan, ya.

Pakai Chipset yang Sama dengan iPhone 11 Series

iPad 9th Gen

Lantas apa saja peningkatan yang diberikan oleh Apple pada iPad 9th Gen kali ini? Secara garis besar, ada empat poin yang Gizmo friends perlu tahu. Yang pertama adalah kapasitasnya yang kini dilipatgandakan, dengan opsi paling rendah yaitu 64GB (plus opsi tertinggi di 256GB), sehingga lebih ‘aman’ untuk menyimpan data secara luring.

Lalu teknologi layarnya yang kali ini diberikan fitur True Tone display. Hadir sejak seri iPhone X, keseimbangan warna putihnya dapat menyesuaikan pencahayaan di sekitar, berikan tampilan yang lebih nyaman dan akurat di mata. Dan tentu saja, chipset-nya yang diperbarui menjadi A13 Bionic, sama seperti iPhone 11 series dengan fabrikasi 7nm.

Nah, yang paling penting adalah sensor kamera depannya, di mana kini mengadopsi sensor 12MP ultra wide-angle yang membawa fitur Center Stage. Selain kualitas yang jauh lebih baik, sudut pandangnya sangat lebar, dan otomatis memosisikan frame sesuai jumlah orang yang tertangkap kamera tersebut.

Dimensi iPad 9th Gen Sama Seperti Tahun Lalu

iPad 9th Gen

Sementara sisanya masih sama seperti iPad generasi tahun lalu alias iPad 2020. Dimensi fisiknya sama persis, dengan ketebalan 7,5mm dan bobot di kisaran 490 gram. iPad 9th Gen menjadi iPad terakhir yang masih menyematkan sebuah home button di bagian bawah layar, berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari.

Dampak positifnya, kamu yang berencana untuk upgrade, masih bisa gunakan aksesori sebelumnya seperti case, keyboard sampai stylus Apple Pencil generasi pertama. Ya, selain True Tone Display, spesifikasi layarnya masih sama persis—10,2 inci IPS dengan resolusi 1620p, dan bisa menyala dengan kecerahan maksimum 500 nits.

Kamera belakangnya beresolusi 8MP dengan diafragma f/2.4, kini didukung oleh gyro-EIS untuk perekaman video yang lebih stabil hingga resolusi full HD. Port yang digunakan juga masih lightning, alias belum USB-C, tapi setidaknya masih disematkan 3,5mm audio jack untuk penggunaan earphone kabel yang lebih umum.

Sama-sama gunakan fabrikasi 7nm, daya tahan baterai iPad 9th Gen masih sama, diklaim bisa mencapai 10 jam penggunaan aktif. Menjalankan iPadOS 15, ada banyak fitur yang dibuat lebih optimal seperti pintasan untuk akses catatan cepat, tampilan Safari baru, sampai cara multitasking lebih mudah.

iPad 9th Gen tersedia dalam dua opsi warna yaitu space gray dan silver, alias tidak ada opsi warna gold. Untuk harganya, masih sama persis seperti tahun lalu, mulai dari USD329 (Rp4,6 jutaan) untuk opsi Wi-Fi only dengan memori yang kini lebih besar dua kali lipat di 64GB.

Tinggalkan komen