alexa

iPad mini 2021 Mendukung 5G, Bawa Teknologi Kamera Depan Canggih

California, Gizmologi – Acara tahunan yang paling dinanti oleh penggemar teknologi serta Apple fanboy akhirnya resmi diadakan! Ya, Apple Event September 2021 baru saja berjalan pada tengah malam waktu Indonesia. Dan salah satu pengumuman terbesar untuk produk yang terkecil paling mengejutkan, adalah iPad mini 2021.

Mengapa mengejutkan? Pasalnya dalam dua tahun terakhir, Apple tak kunjung perbarui seri tablet termungilnya tersebut. Generasi terakhir yang tersedia di pasaran adalah iPad mini rilisan 2019, punya bezel tebal serta chipset yang sudah ketinggalan. Sehingga pilihan konsumen untuk menikmati pengalaman penggunaan terbaik hanya ada di iPad Pro dan iPad Air.

Baca juga: Tablet Apple iPad Pro M1 Resmi Dijual di Indonesia, Mulai Rp14 Jutaan

Namun akhir tahun ini bakal berbeda dengan iPad mini 2021. Peningkatan yang dihadirkan sangat menyeluruh, mulai dari bagian desain, performa, konektivitas sampai kamera depan dan belakang. Tampil modern, kini bezel depannya sudah dibuat menyerupai iPad termahal, tanpa tombol home di bagian depan. Sensor sidik jari Touch ID sudah dipindahkan ke samping seperti iPad Air terbaru.

“Dengan desain ultra-portabel dan beragam kegunaan dari tugas sehari-hari, hingga aplikasi untuk para kreator maupun tingkat organisasi, tak ada yang lain seperti iPad mini 2021,” jelas Greg Joswiak, Senior VP, Worldwide Marketing, Apple pada rilisan resminya. Hadir dalam empat pilihan warna menarik—pink, starlight, purple & space gray.

iPad mini 2021 Punya Desain Baru & Bezel Tipis

iPad mini 2021

Layar iPad mini 2021 berdimensi 8,3 inci, dengan Retina Display, kecerahan maksimum 500 nits serta cakupan warna DCI-P3. Layar yang ditingkatkan ini juga dipasangkan dengan speaker stereo, agar lebih nyaman untuk konsumsi multimedia dan hiburan lainnya. Dan untuk para ilustrator, dihadirkan pula dukungan stylus Apple Pencil generasi kedua.

Stylus tersebut bisa ‘terpasangkan’ secara magnetik pada bodi samping iPad mini 2021, sekaligus menghubungkan dan mengisi daya secara simultan. Dan untuk hadirkan performa yang jauh lebih kencang, perangkat ini sudah gunakan chipset yang setara dengan iPhone 13 series, yaitu Apple A15 Bionic. Bawa peningkatan CPU hingga 40% & grafis 80% dari generasi sebelumnya.

iPad mini 2021

Dengan chipset tersebut, iPad mini 2021 juga tak hanya mendukung konektivitas LTE, melainkan hingga 5G dengan kecepatan unduh maksimum 3,5Gbps. Untuk menyambungkan aksesori lainnya, port yang digunakan juga sudah USB-C, meninggalkan port lightning yang masih digunakan pada iPad versi dasar terbaru.

Sementara pada bagian kameranya, baik sensor kamera belakang dan depan kini sama-sama beresolusi 12MP. Namun yang spesial adalah kamera depannya, di mana iPad mini 2021 pakai sensor yang sama dengan iPad Pro M1.

Artinya, sensor tersebut punya sudut pandang ekstra lebar dan mendukung Center Stage. Secara otomatis dapat mengikuti subyek manusia dan melakukan framing secara otomatis. Sejak awal, perangkat ini juga bakal sudah jalankan sistem operasi iPadOS 15.

Harga iPad mini 2021 Mulai Rp9 Jutaan

iPad mini 2021

Dengan banyaknya peningkatan yang dibawa, iPad mini 2021 dibanderol dengan harga paling murah senilai USD649, alias sekitar Rp9,2 jutaan, untuk varian 64GB Wi-Fi only. Kapasitas penyimpanannya hanya dua saja, dengan ukuran terbesar di 256GB.

Pemesanan sudah dimulai sejak tanggal peluncuran, sementara ketersediaan secara langsung dimulai pada 24 September mendatang di 28 negara dan wilayah. Kita nantikan saja kehadiran resminya di Tanah Air ya!

Tinggalkan komen