Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

6 Hal yang Wajib Diketahui Tentang ASUS ZenFone 6

Kota Valencia, Spanyol, menjadi penanda kelahiran smartphone flagship terbaru dari Asus. Perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut meluncurkan Asus Zenfone 6 sebagai smartphone premium terbaru dengan performa powerful serta dilengkapi dengan fitur Flip Camera.

Menurut  Jonney Shih, Chairman ASUS, Asus ZenFone 6 adalah ilustrasi utama dari semangat dan kegigihan perusahaan untuk inovasi dan teknologi. “Ponsel ini adalah lambang untuk menghormati basis penggemar hardcore kami, dan penghargaan terhadap asal-usul teknik tanpa henti kami,” ujar Shih dalam sambutannya.

Sebagai ponsel premium, banyak hal menarik yang disematkan di Asus Zenfone 6. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Flip Camera

Sebagai upaya untuk membuat layar ponsel benar-benar full screen, tidak ada halangan notch untuk menyimpan kamera depan, maka Asus membuat Flip Camera. Pendekatannya mirip dengan yang ada di Samsung Galaxy A80 yakni memfungsikan kamera belakang sekaligus sebagai kamera depan. Sehingga kualitasnya pun menjadi lebih bagus. Hanya pendekatannya saja yang berbeda.

Flip Camera pada ZenFone 6 ditenagai oleh motor elektrik khusus yang dapat membalikkan modul kamera utama sejauh 180 . Motor elektrik yang digunakan memiliki gerakan dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Selain dapat berfungsi sebagai kamera selfie, pengguna juga bisa mengambil gambar dari berbagai sudut posisi modul kamera di ZenFone 6. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar secara lebih kreatif dan profesional.

Modul kamera yang digunakan di ZenFone 6 sendiri terdiri dari sensor kamera utama Sony IMX586 dengan resolusi 48MP serta sensor kamera ultrawide beresolusi 13MP yang mampu mengambil gambar hingga 125 .Kamera utamanya sudah dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer. Teknologi ini berguna untuk pengambilan gambar lebih sempurna saat kondisi gelap, serta teknologi autofocus 2×1 OCL PDAF untuk fokus lebih akurat dan cepat. Sementara kamera ultrawide pada ZenFone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi anti-distorsi.

2. Layar NanoEdge

Untuk menghadirkan pengalaman visual tanpa batas yang sebenarnya, ZenFone 6 hadir dengan layar berukuran 6,4-inci berteknologi NanoEdge Display yang memiliki screen-to-body ratio hingga 92%. Desain  tanpa notch membuat tampilan visual lebih lega, membuat pengguna lebih bisa menikmati konten yang disajikan, baik itu konten dari aplikasi ataupun web.

Layar ZenFone 6 merupakan layar cinema-grade dengan tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sebesar 100%, memastikan kualitas visual yang kaya dan lebih hidup. Ditambah dengan tingkat kecerahan hingga 600nits, pengguna ZenFone 6 dapat menikmati konten dalam berbagai kondisi bahkan saat di luar ruangan. Layar tersebut dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 yang tahan gores dan telah lolos berbagai pengujian ketahanan ekstrem lainnya.

3. Performa ekstrem  

Related Posts
1 daripada 200

ZenFone 6 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform, sebuah prosesor mobile terbaru yang hadir dengan konfigurasi octa-core berkecepatan hingga 2,8GHz dan menggunakan arsitektur berbasiskan pemrosesan 7nm. Dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB, ZenFone 6 mampu menghadirkan performa yang sangat kencang dan dipastikan dapat menjalankan aplikasi Android paling berat tanpa masalah.

Qualcomm Snapdragon 855 sendiri mampu menghadirkan performa CPU 45% lebih tinggi serta performa rendering grafis 20% lebih kencang dibandingkan prosesor mobile generasi sebelumnya.

4. Baterai 5000 mAh

Agar dapat menemani penggunanya seharian, ZenFone 6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas super besar yaitu 5.000mAh. Di atas kertas, kapasitas baterai sebesar ini membuat Asus Zenfone 6 sanggup digunakan selama dua hari untuk penggunaan non stop, stand by di jaringan 4G selama 26 hari, talk time di jaringan 3G selama 33 jam, dan 21 jam untuk browsing dengan WiFi.

Kapasitas baterai besar berarti waktu pengisian yang juga semakin lama. Asus telah mengantisipasinya dengan mengadopsi teknologi isi ulang Quick Charge 4.0 dari Qualcomm. Asus mengklaim, dengan baterai 5000 mAh, tidak hanya mengukuhkan ZenFone 6 sebagai smartphone flagship dengan baterai terbesar saat ini, tetapi juga membuatnya tampil sebagai perangkat serba bisa, memiliki performa tinggi, daya tahan batrai panjang, serta kamera berkualitas tinggi.

5. Antarmuka Zen UI 6

ZenFone 6 menggunakan sistem antarmuka ZenUI 6 yang berjalan pada Android Pie. ZenUI 6 hadir dengan tampilan yang lebih simpel dan mudah digunakan. ZenUI 6 mengedepankan konsep tampilan yang hanya dibutuhkan oleh pengguna, serta telah dilengkapi dengan Dark Mode, yaitu mode tampilan gelap yang membantu penglihatan pengguna agar tidak cepat lelah ketika menggunakan ZenFone 6 dalam kondisi gelap.

Antarmuka yang sudah didesain ulang juga menghadirkan animasi yang lebih halus serta mendukung penggunaan untuk satu tangan dengan tampilan yang ditempatkan secara khusus sehingga dapat dijangkau oleh jari pengguna.

ZenFone 6 dilengkapi dengan teknologi OptiFlex yang membuat aplikasi dapat dibuka dan dijalankan lebih cepat. OptiFlex dapat mempelajari aplikasi mana saja yang sering digunakan oleh pengguna dan aplikasi tersebut disimpan secara khusus pada memori sehingga dapat dijalankan lebih cepat kapan saja. Selain itu terdapat juga mode Private Listening yang memungkinkan pengguna untuk memutar pesan suara dan berinteraksi dengan Google Assistant hanya melalui earpiece, sehingga tidak akan terdengar oleh orang sekitar.

6. Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 6

Model ZenFone 6 (ZS630KL)
Display, Resolution 6.4“ FHD+ (2340×1080) IPS, all-screen NanoEdge display

92% screen-to-body ratio, 19.5:9 ratio, 96% NTSC color gamut

100% DCI-P3 coverage / 600 nits in HBM / RGB-subpixel matrix

SoC Processor CPU Latest 7nm Qualcomm Snapdragon 855 Octa Core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 640 GPU
Memory RAM / Storage Up to LPDDR4X 8GB
Camera System Rear (main)

Camera

48MP SONY IMX586 flagship sensor, Quad Bayer Technology, F1.79,

0.8µm/1.6µm effective pixel size, 1/2.0″, 2×1 OCL PDAF, Laser focus, Dual LED flash

Rear (wide)

Camera

13MP, 125˚ ultrawide, F2.4, Real-time distortion correction
Front camera 13MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Wireless 802.11a/b/g/n/ac, 2*2MIMO; WiFi-Direct

Bluetooth 5.0

Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope, G-sensor
NFC Yes
SIM card and SD slot Triple slots, dual SIM dual standby (4G+4G)

Slot1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot3: Supports up to 2TB microSD card

Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

DC-HSPA+: UL 5.76Mbps / DL 42Mbps; up to LTE DL 5CA UL 150Mbps / DL

1200Mbps; 4CA UL 150Mbps / DL 800Mbps

GPS Support GPS(L1+L5), GLONASS(L1), BDS(B1), GALILEO(E1+E5a), QZSS(L1+L5)
OS All new ZenUI 6, Pure Android enhanced by ASUS, on Android 9
Battery 5.000mAh capacity

Supports Quick Charge 4.0 (18W charger included in box)

Supports 10W Reverse Charge (USB-C to USB-C)

Audio / Microphone Dual stereo speakers with ear piece receiver + main 5-magnet speaker

Dual NXP TFA9874 smart amplifier

2 microphones for noise reduction

Hi-res earphones bundled, supports DTS Headphone X™ 7.1

FM-Radio

Size / Weight 159.1×75.44×9.2mm / 190g
Color Midnight Black, Twilight Silver