Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pre-order Nokia C1 Dibuka, Smartphone Android Go Rp800 Ribuan

0 4.034

Menanti kehadiran smartphone Nokia terbaru di Indonesia? Jika iya, maka ada kabar baik sekaligus kabar yang kurang baik. Kabar baiknya, HMD Indonesia sedang membuka pre-order sebuah smartphone Android baru bermerk Nokia. Nah, kurang baiknya, yang hadir adalah Nokia C1, alias smartphone Nokia baru dengan spesifikasi paling rendah.

Nokia C1 sebenarnya sudah dirilis sejak Desember 2019 lalu. HMD malah sudah merilis generasi terbarunya, Nokia C2 di bulan Maret lalu, sudah mendukung jaringan 4G. Iya, betul, konektivitas tertinggi atau tercepat yang didukung Nokia C1 hanyalah 3G saja. Yah, namanya juga dijual di harga kurang dari Rp1 juta.

Ketika saya menyebutkan “spesifikasi paling rendah” di atas, HMD memang tidak main-main. Ketika merilisnya, Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global mengatakan bila ini adalah smartphone yang cocok bagi mereka yang baru saja ingin beralih dari feature phone. Terutama di regional Afrika, Timur Tengah dan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Baca juga: Review Nokia 5.3: Hanya untuk Kalangan Terbatas

Spesifikasi Nokia C1 (2020) dengan Android Go

Nokia C1 (2020)

Desainnya dibuat sangat polos dan sederhana, setidaknya ada opsi varian warna merah yang cukup menarik perhatian selain hitam. Di bagian depan, bezel atas dan bawah terlihat masih cukup tebal. Namun setidaknya lebih tipis dari Redmi Go, dengan dimensi layar lebih besar di 5,45 inci beresolusi 480p.

Masih satu kelas dengan Redmi Go, Nokia C1 juga menjalankan sistem operasi Android versi sederhana, yaitu Android 9 Pie (Go edition). Sehingga aplikasi bawaannya dibuat lebih sederhana, supaya tidak membebani prosesor serta memori. Dengan CPU quad-core 1,3GHz, kapasitas RAM-nya hanya 1GB. Sedangkan memori internalnya masih cukup lega (untuk smartphone Android Go) di 16GB.

Jika dirasa kurang, disediakan slot kartu microSD yang bisa tampung kapasitas sampai 64GB. Sementara untuk mendukung kebutuhan fotografi, disematkan satu kamera 5MP dengan autofocus di belakang, dan satu lagi kamera 5MP di depan. Kedua kameranya dilengkapi lampu kilat, yang lumayan digunakan ketika situasi mendesak dan butuh pencahayaan tambahan.

Punya spesifikasi yang minim, kapasitas baterainya juga cukup kecil di 2,500 mAh. Kabar baiknya, baterai milik Nokia C1 dapat dilepas, sehingga bila dirasa perlu, bisa membawa dua baterai cadangan, atau setidaknya penggantian sparepart akan menjadi lebih murah.

Baca juga: Samsung Galaxy A01 Core, Android Go Harga Sejutaan

Harga Nokia C1 (2020) di Indonesia

Di Indonesia, Nokia C1 dijual secara pre-order mulai 18 hingga 27 September 2020 mendatang. Harganya relatif lebih murah dari smartphone Android Go lainnya, hanya Rp849 ribu. Layar cukup besar, hanya saja konsekuensinya ada di batasan jaringan 3G.

Selama masa pre-order, konsumen bisa mendapat bonus total kuota hingga 100GB dari Axis, serta proteksi perangkat tambahan dari Qoala, serupa dengan penawaran yang didapat dari pembelian Nokia 5.3. Bila Gizmo friends mencari smartphone sekunder Android super murah, tak ada salahnya untuk melirik smartphone murah Nokia satu ini.


Cek harga Smartphone Nokia di e-commerc:

Shopee Lazada Tokopedia Blibli