Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HMD Global Merilis Nokia C2, Ponsel 4G Android Go Terjangkau

1 1.755

Menutup tahun 2019, HMD Global merilis ponsel Android dengan spesifikasi yang, bisa dibilang, cukup seadanya yaitu Nokia C1. Mengunggulkan layar lebar dan harga yang terjangkau (Rp800 ribuan), ponsel tersebut menjalankan Android Go dan hanya mendukung konektivitas 3G, dikhususkan bagi mereka yang baru berpindah dari feature phone ke smartphone pertamanya.

Selang tiga bulan kemudian, HMD selaku pemegang lisensi tunggal brand ponsel Nokia merilis pembaruan dari ponsel kelas entri terbarunya, dinamakan Nokia C2. Tanpa acara perilisan khusus, Nokia C2 diumumkan oleh Juho Sarvikas, Chief Product Officer, HMD Global melalui akun Twitter pribadinya.

Lewat sebuah cuitan, Juho mengatakan, “Nokia C2 akan menjadi (ponsel) 4G terjangkau untuk beberapa pasar tertentu. Ponsel ini besar, tegas dan brilian.” Benarkah seperti itu? Mari kita kupas lebih jauh produk ini.

Baca juga: Galaxy A11, Ponsel Termurah Samsung dengan Punch-Hole Display

Fitur & Spesifikasi Nokia C2

Nokia C2

Secara desain, bisa dibilang masih identik dengan generasi sebelumnya. Ponsel ini akan hadir dalam dua varian warna; hitam dan cyan. Tanpa desain layar punch-hole ataupun notch, tepian layarnya masih tebal seperti ponsel rilisan beberapa tahun lalu. Wajar, mengingat harganya yang seharusnya sangat terjangkau.

Ponsel murah ini memiliki dimensi layar yang sedikit membesar di 5,7 inci, dengan resolusi HD+, rasio 18:9 dan jenis panel IPS, tanpa proteksi perlindungan tambahan. Port yang digunakan masih microUSB 2.0, namun juga dilengkapi jack audio 3,5mm. Berkat kerjasama HMD Global dengan Google, Nokia C2 juga dilengkapi tombol khusus untuk mengakses Google Assistant, membuat pengguna dapat melakukan berbagai hal dengaan mudah tanpa perlu membuka kunci ponsel, seperti membuat pengingat.

Ponsel ini ditenagai oleh prosesor quad-core 1,4GHz dari Unisoc, dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 16GB. Terdapat slot kartu microSD yang mendukung kapasitas sampai 64GB. Dengan spesifikasi yang pas-pasan, ponsel ini menjalankan Android 9 Pie (Go Edition), versi ringan dari Android agar pengoperasian tetap berjalan lancar, tanpa menghabiskan banyak memori.

Baik kamera depan maupun belakang sama-sama beresolusi 5MP dan masing-masing ditemani LED flash. Sebagai peningkatan, selain autofocus, kamera utamanya kini sudah dilengkapi dengan HDR. Kapasitas baterainya sendiri 2800 mAh, dengan kecepatan isi daya maksimal 5V 1A.

Hingga saat ini, belum ada keterangan perihal harga maupun region mana saja yang akan dituju oleh HMD Global. Nokia C2 baru akan diperkenalkan secara global pada Kamis mendatang.

Di Indonesia sendiri, HMD Global hampir tak terdengar lagi kabarnya. Ponsel terakhir yang dirilis secara resmi adalah Nokia 2.2, dirilis resmi Juni 2019 lalu. Berbagai tipe baru dirilis secara global setelahnya, namun sayangnya tidak di Indonesia.


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace