Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Bocoran Desain Samsung Galaxy A52 5G & A72 5G

0 135

Kalau biasanya seri mid-range dulu yang diperbarui, tahun ini Samsung memang berikan impresi yang berbeda dengan menghadirkan lini flagshipnya lebih dulu, yaitu Galaxy S21 series. Sementara itu, untuk yang lebih terjangkau, tampilan dari Galaxy A52 5G serta Galaxy A72 5G baru sekadar muncul dalam bentuk rumor.

Beberapa hari lalu, di Indonesia sendiri Samsung baru saja menyegarkan varian lamanya yaitu Galaxy A51, yang kini hadir dalam opsi penyimpanan lega 256GB, dengan harga yang cukup atraktif. Perilisan smartphone tersebut seolah penerusnya masih memerlukan waktu sebelum akhirnya dirilis ke pasaran. Namun sepertinya sudah disiapkan dengan munculnya foto render berikut.

Sementara kita menanti perilisan resminya, Evan Blass, seorang pembocor informasi smartphone terbaru yang sudah punya reputasi akan akurasinya, baru saja mengunggah foto yang diduga adalah Galaxy A52 5G dan Galaxy A72 5G. Sama seperti tahun lalu, keduanya memiliki desain cukup identik, hanya berbeda secara dimensi saja.

Baca juga: Samsung Rilis Varian Galaxy A51 256GB, Harga Rp4 Jutaan

Foto Render Samsung Galaxy A52 5G & A72 5G

Galaxy A52 5G

Dari foto yang diunggah oleh Evan lewat media sosial Voice di atas, terlihat Samsung Galaxy A52 5G yang hadir dalam warna hitam pekat. Ya, tahun ini Samsung mengenalkan warna Phantom Black di seluruh lini Galaxy S21, dan sepertinya opsi warna serupa juga dibawa ke seri lainnya. Menyeluruh mulai dari bagian back cover, modul kamera sampai bingkai samping gelap.

Dilihat dari tampak depan, terlihat sama persis dengan Galaxy A51, mulai dari desain kamera punch-hole yang ada di bagian tengah atas, ketebalan bezel di keempat sisinya, sampai lubang earpiece paling atas. Sementara dari samping, terlihat bahwa nanti Galaxy A52 5G bakal punya tonjolan kamera lumayan signifikan.

Ada dua kemungkinan, antara bodinya yang jadi lebih tipis, atau modul kameranya lebih besar. Desain modulnya mengingatkan saya dengan Galaxy Note20 Ultra, alih-alih mereplikasi Galaxy S21 series. Terdapat empat sensor kamera di belakang, yang ditemani dengan sebuah lampu kilat.

Galaxy A72 5G

Selain mengunggah foto Galaxy A52 5G, Evan juga unggah tampak depan dari Galaxy A72 5G. Lagi-lagi, terlihat identik, hanya saja rasio layarnya terlihat sedikit berbeda. Ukuran kamera depan nampak sedikit lebih kecil, menandakan layar smartphone yang punya dimensi lebih besar. Kabarnya, dua smartphone terbaru Samsung ini bakal gunakan bodi belakang kaca dengan bingkai metal.

Samsung Galaxy A52 5G Bakal Gunakan Chipset Snapdragon 750G

Qualcomm snapdragon 750g

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Masih belum banyak rumor perihal ini. Samsung Galaxy A52 5G dikabarkan bakal mengusung salah satu chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 750G. Sementara untuk varian 4G LTE, akan digunakan chipset yang lebih lama, Snapdragon 720G yang juga masih digunakan di OPPO Reno5.

Sebelumnya, sebuah varian dari Galaxy A52 5G telah muncul dalam sebuah situs uji performa (benchmark), tampil dengan RAM 6GB dan sistem operasi Android 11. Lalu jika ditilik dari situs sertifikasi 3C asal China, smartphone Samsung kelas menengah ini bakal mendukung pengisian daya 15W, alias masih sama seperti varian lama.

Dimensi layar depannya masih berukuran 6,5 inci, dengan panel AMOLED dan ketebalan sekitar 8,4mm. Dikabarkan bila versi 5G dari Galaxy A52 bakal dibanderol di kisaran harga Rp7 jutaan. Apakah Indonesia bakal kebagian varian 5G atau 4G? Kita nantikan perilisan resminya ya.