Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Rilis Snapdragon 750G, Chipset Smartphone 5G dengan Gaming HDR & AI

0 380

Qualcomm terus menambah portofolio chipset smartphone berkemampuan 5G. Pada Selasa kemarin (22/9), perusahaan semikonduktor asal San Diego AS tersebut memperkenalkan Snapdragon 750G. Ini adalah Mobile Platform di jajaran Snapdragon seri 7 yang memungkinkan 5G global dengan gaming HDR brilian dan on device artificial intelligence (AI).

Perusahaan mengungkapkan, sampai saat ini, telah ada lebih dari 275 desain yang ditenagai oleh Snapdragon mobile platform seri 7 yang sudah diumumkan dan dalam pengembangan, termasuk 140 desain 5G. Kedar Kondap, Vice President of  Product Management, Qualcomm Technologies, mengatakan pihaknya melihat perhatian yang luar biasa pada mobile platform Snapdragon seri 7 yang termasuk 5G tier-tinggi Qualcomm.

“Saat kami membangun tier yang baru dari peta jalan mobile platform kami, kami selalu mencari cara untuk mendukung kebutuhan mitra OEM kami yang terus meningkat. Snapdragon 750G memberikan pilihan fitur mobile premium ke pengguna secara lebih luas,” kata Kedar saat memperkenalkan Snapdragon 750G.
Baca juga: Helio G95, Chipset Gaming Terbaru dari Mediatek

Fitur Canggih di Qualcomm Snapdragon 750G

Qualcomm Snapdragon 750G 5G

Label G sudah menegaskan peruntukan dari chipset ini untuk gaming. Sehingga menawarkan beberapa fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming™ dalam menghadirkan gameplay yang lancar untuk kualitas hiburan yang lebih kaya.

Dilengkapi dengan Qualcomm Adreno™ 619 GPU, Snapdragon 750G memberikan render grafis 10% lebih baik dibanding dengan Snapdragon 730G untuk hasil yang lebih memukau dan hidup. Sebagai tambahan, para pemain dapat memanfaatkan 5G melalui permainan multiplayer. Atau melakukan streaming game langsung melalui smartphone masing-masing dari 5G cloud gaming platform yang akan hadir.

Snapdragon 750G diperkuat dengan Snapdragon X52 5G Modem-RF System, yang mendukung teknologi mmWave dan sub-6 GHz, mode stand- alone (SA) dan non-standalone (NSA), Time Division Duplex (TDD), Frequency Division Duplex (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS), serta roaming global dan multi-SIM.

Solusi komprehensif modem-to-antenna membuat perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 750G mendukung koneksi multi-gigabit sehingga koneksi lebih cepat.

Dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-5 terbaru, Snapdragon 750G mentenagai interaksi intuitif dengan kamera dan video pintar, translasi menggunakan suara, imaging berbasis AI canggih, dan pengalaman gaming yang didukung AI. Dengan operasi AI sampai 4.0 Trillion Operations Per Second (TOPS), Qualcomm AI Engine memberikan peningkatkan sampai 20% dibandingkan dengan Snapdragon 730G untuk pengalaman secara keseluruhan yang ditingkatkan.

Snapdragon 750G juga dilengkapi dengan always-on Qualcomm Sensing Hub, yang menggabungkan banyak sumber data untuk keadaan kontekstual. Kemudian Qualcomm AI Engine berdaya rendah memungkinkan echo cancellation berbasis AI dan pengurangan kebisingan latar atau background noise untuk memberikan pengalaman voice-chat dalam gaming yang ditingkatkan.

Meskipun terdapat suara kebisingan latar seperti suara konstruksi, anak-anak, atau anjing menggonggong, pendengar tetap akan mendengarkan suara pembicara secara jelas dengan adanya audio and voice communication suite berbasis AI milik Qualcomm Technologies yang diintegrasikan pada Snapdragon 750G.

Snapdragon 750G Bakal Dipakai pada Xiaomi Terbaru

Salah satu brand smartphone pertama yang akan merilis produk berbasis Snapdragon 750G adalah Xiaomi, meski tidak disebutkan secara spesifik pada seri apa. Quanxin Wang, General Manager of Product and Technology, Xiaomi International, hanya mengatakan Xiaomi berkomitmen untuk mengembangkan perangkat canggih dalam menjawab permintaan konsumen akan 5G.

“Kami bangga untuk bekerja sama dengan Qualcomm Technolgies dalam meluncurkan ponsel pintar komersil yang berbasis Snapdragon 750G terbaru untuk para konsumen,” kata Quanxin.

Perangkat komersil berbasis Snapdragon 750G diharapkan akan hadir secara komersil pada akhir tahun 2020. Snapdragon 750G juga kompatibel secara pin dan perangkat lunak dengan Snapdragon 690 5G Mobile Platform.