alexa

Nokia 5.3 Resmi Mendapat Pembaruan ke Android 11, Unduh Sekarang Juga!

Jakarta, Gizmologi – Salah satu benefit dari menggunakan smartphone Android merek Nokia adalah jaminan pembaruan perangkat lunak (software) serta keamanan bulanan (monthly update) yang terjamin dan berkala. Salah satu perangkat yang dapat jaminan tersebut adalah Nokia 5.3, hadir secara resmi sekitar pertengahan tahun 2020 kemarin.

Menjadi smartphone Android kelas menengah, Nokia 5.3 tawarkan desain khas smartphone Nokia pada umumnya, berikan jaminan kualitas serta penggunaan stock Android yang bebas kustomisasi serta bloatware melimpah. Dilengkapi sensor NFC, sah-sah saja bila smartphone ini jadi pilihan konsumen. Meski chipset dan kamera bukan yang paling unggul di kelasnya.

Baca juga: Review Nokia 5.3: Hanya untuk Kalangan Terbatas

Suksesor dari smartphone ini, Nokia 5.4 juga sudah diresmikan di Indonesia. Meski begitu, smartphone Rp2 jutaan ini masih tetap dijual secara resmi, dengan harga lebih murah tentunya. Sama-sama punya setup empat kamera belakang dan layar depan yang luas. Asalkan tidak benar-benar mementingkan spesifikasi di atas kertas saja.

Indonesia Kebagian yang Pertama Menjajal Android 11

Nokia 5.3 - Android 11

Setelah lama ‘tersangkut’ di Android 10, akhirnya pengguna Nokia 5.3 sudah bisa merasakan jalankan software Android versi terbaru di perangkatnya. Sejatinya bisa dibilang jika pembaruan ini terhitung terlambat, mengingat justru ada vendor lain yang tidak jalankan stock Android namun justru dapat Android 11 lebih dulu.

Android 12 pun sudah masuk dalam tahap beta, dan sebentar lagi bakal digulirkan secara resmi termasuk ke perangkat Google sendiri, Pixel 6 yang bakal diresmikan musim gugur ini. Setidaknya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?

Pengguna Nokia 5.3 di Indonesia bisa dibilang cukup beruntung. Pasalnya, HMD Global meluncurkan pembaruan software tersebut secara bertahap untuk pengguna global. Untuk gelombang pertama, tercatat total 1 negara yang bakal kebagian Android 11 lebih dulu. Selain India, Malaysia dan Vietnam, Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang ada di gelombang awal tersebut.

Dalam sebuah postingan resmi pada situs komunitas resmi Nokia, disebutkan bila sekitar 50% pengguna Nokia 5.3 bakal mendapatkan update Android 11 sejak hari ini. Baru kemudian mencapai 100% penggunanya di 6 Agustus 2021.

Spesifikasi & Harga Terbaru Nokia 5.3

Nokia 5.3

Pertama kali diluncurkan secara resmi dengan harga Rp2,99 juta, kini Nokia 5.3 sudah bisa didapatkan dengan harga signifikan lebih murah. Di situs e-dagang lokal, dijual mulai Rp2,5 jutaan, dengan rata-rata harga lebih mahal Rp100 ribu untuk opsi warna yang baru nan jarang, yaitu Cyan.

Dalam ulasan yang sudah kami terbitkan pada bulan Juli lalu, kami sebutkan bila Nokia 5.3 hanya untuk kalangan terbatas. Karena secara spesifikasi bukan yang terbaik, sebut saja layar 6,55 incinya yang hanya beresolusi HD+, ketika kompetitor sudah banyak yang gunakan panel full HD+.

Sensor kamera utamanya juga hanya beresolusi 13MP, tak gunakan resolusi lebih tinggi yang bisa manfaatkan teknologi penggabungan piksel atau pixel binning, pun sensor ultra-wide 5MP yang cenderung hasilkan foto halus. Sebagai alternatif, kamu bisa memasangkan aplikasi Google Camera secara terpisah untuk tingkatkan hasil fotonya, tentu dengan risiko sendiri ya.

Setidaknya, chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang diusungnya masih cukup bertenaga, dipadukan dengan RAM 6GB dan penggunaan stock Android yang lebih ringan. Hanya saja, baterai 4,000 mAh di dalamnya tak mendukung fast charging, sehingga memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk isi daya sampai penuh.

Tinggalkan komen