Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Rilis webOS 6.0, Platform Smart TV Intuitif dengan AI dan Magic Remote

0 85

Berbeda dengan smartphone yang saat ini hanya dikuasai oleh Android dan iOS, platform sistem operasi di televisi pintar lebih bervariasi. Selain Android TV, produsen televisi yang menguasai pasar sudah memiliki sistem operasinya masing-masing. Samsung punya Tizen, LG memiliki webOS, Hisense mengembangkan VIDAA U, termasuk pabrikan lokal Polytron yang memakai Fira OS.

Khusus untuk webOS, platform smart TV yang dikembangkan LG dirilis versi terbarunya yang dipamerkan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021. LG WebOS 6.0 diperkenalkan berpasangan dengan Magic Remote terbaru dengan peningkatan kepintaran pada LG ThinQ AI. Platform terbaru ini dikatakan bakal memberikan pengalaman menjelajah konten yang lebih menyenangkan dan inuitif.

“Versi terbaru dari platform terbuka webOS 6.0 ini mewakili pembaruan paling signifikan sejak pertama kali kami memperkenalkan webOS pada tahun 2014 lalu. webOS 6.0 ini akan menjadi platform smart pintar LG edisi 2021. Termasuk didalamnya TV OLED, QNED Mini LED, NanoCell dan Ultra HD TV,” ujar Park Hyoung-sei, President LG Home Entertainment Company.

Pembaruan LG webOS 6.0 dengan LG Magic Remote

LG Magic Remote WebOSPengguna smart TV LG berbasis webOS akan mudah melihat perbedaan pada versi baru dengan adanya perubahan pada tampilan utama layar.  Rancangan ulang tampilan home screen ini dibuat dengan mempertimbangkan kebiasaan konsumsi konten yang berubah dari pemirsa.

Tampilan versi terbaru ini memberikan akses lebih cepat pada aplikasi yang paling sering digunakan. Disisi lain, menyederhanakan penemuan konten dengan rekomendasi berdasarkan preferensi pengguna dan riwayat penayangan. Dengan konten pilihan dan informasi terkait tertampil secara sekilas pada layar utama, home screen menjadi pusat pengaturan dan ekosistem webOS yang lebih mudah.

Melengkapi pengalaman intuitif dari platform smart TV terbarunya ini, LG memberi pembaruan pada remote control populernya yaitu Magic Remote. Pembaruan Magic Remote ini menawarkan kontrol lebih sederhana saat menggunakan pengenalan suara dengan dukungan platform Artificial Intelligence (AI). Bersanding dengan LG ThinQ, fungsi pengenalan suara pada Magic Remote juga mendukung bagi Amazon Alexa maupun Google Assistant.

Dengan kemudahan navigasi dan tampilannya yang apik, Magic Remote juga menawarkan keterhubungan lebih cepat antara TV dan perangkat digital lainnya. LG juga menyediakan tombol pintas untuk mengakses penyedia konten populer seperti Netflix, Amazon Prime Video dan Disney+.

Selain itu, LG juga melengkapi remote control smart TV terbarunya ini dengan fitur Magic Tap. Keberadaannya memungkinkan aktivasi fungsi NFC lebih cepat hanya melalui satu sentuhan. Sementara keberadaan Magic Explorer yang menjadi peningkatan versi dari LG Magic Link, memberikan konten informatif terkait dengan konten yang sedang tertampila pada layar. Informasi ini diantaranya terkait aktor, lokasi dan berbagai hal yang menarik perhatian pada film maupun siaran TV.

Juga terdapat Next Picks yang bekerja menganalisis preferensi pengguna untuk memberikan konten terkait yang sesuai dengan selera. “Dengan seluruh kebisaannya ini, webOS terbaru LG mewakili komitmen perusahaan dalam memberikan layanan, produk dan teknologi yang menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen kami yang berharga,” pungkas Park Hyoung-sei.