Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Helio G95, Chipset Gaming Terbaru dengan Peningkatan Minor

1 8.943

Dengan banyaknya produsen smartphone yang merilis produk baru di kelas menengah ke atas, produsen chipset jadi bersemangat untuk rilis seri baru, membawa peningkatan major maupun minor. Baru-baru ini, Qualcomm memperbarui seri chipset Snapdragon 730G menjadi 732G. Peningkatan yang dibawa hanya sedikit, meski generasi sebelumnya memang sudah bagus.

Tak mau ketinggalan, MediaTek juga merilis pembaruan untuk salah satu chipset terbaiknya, yang sudah umum digunakan di smartphone Rp2-3 jutaan di Indonesia. Ya, MediaTek Helio G95 dihadirkan sebagai penerus dari seri Helio G90 & Helio G90T, sebelumnya sudah digunakan di seri Redmi Note 8 Pro dan realme Narzo.

Ditargetkan untuk mentenagai smartphone gaming harga terjangkau, peningkatan yang dibawa lewat MediaTek Helio G95 bisa dibilang minor. Serupa dengan apa yang dilakukan oleh Qualcomm, MediaTek meningkatkan clockspeed pada CPU, serta performa dari unit GPU-nya. Arsitekturnya sendiri masih sama, dan juga belum mendukung konektivitas jaringan 5G.

Baca juga: MediaTek Dimensity 800U Dirilis dengan Dukungan Dual 5G SIM

MediaTek Helio G95 Tingkatkan Performa CPU & GPU

MediaTek Helio G95

Arsitektur chipset-nya terbuat dari proses fabrikasi 12nm, dengan CPU big.LITTLE. Terdapat dua inti CPU berkecepatan tinggi, yaitu Cortex-A76 hingga 2,05GHz, ditemani enam inti CPU hemat daya Cortex-A55 2GHz. Sementara GPU mali-G76 MC4 membawa performa 5% lebih baik, hingga 900MHz. Chipset ini mendukung RAM LPDDR4x hingga ukuran 10GB, dan penyimpanan berjenis UFS 2.1.

Standar lainnya masih sama, mendukung dual SIM 4G, konektivitas Wi-Fi 5 serta Bluetooth 5.0. Untuk layar smartphone, MediaTek Helio G95 mendukung panel hingga resolusi 1080p+ dengan refresh rate 90Hz. Sebagai informasi, Helio G90T telah mentenagai realme Narzo yang miliki spesifikasi layar 90Hz tersebut.

MediaTek juga mengunggulkan fitur yang bakal sangat dirasakan dalam situasi pandemi saat ini, yaitu AI Super Resolution. Ini bukanlah fitur untuk kamera, namun didesain untuk video streaming dan telekonferensi seperti rapat daring. Secara pintar, chipset akan meningkatkan resolusi video menggunakan AI. Dengan begitu, kualitas panggilan video bisa lebih baik, sekaligus menekan bandwidth atau kuota data.

Selain itu, fitur MediaTek HyperEngine juga tersedia untuk tingkatkan pengalaman bermain gim mobile pada smartphone, secara dinamis mengatur konfigurasi perangkat keras untuk optimalkan jalannya gim. MediaTek MiraVision Video Playback juga hadir untuk tingkatkan kualitas penayangan konten video dengan standar HDR10+.

Dikabarkan Hadir Pertama Kali di realme 7 Series

realme 7 series

Karena smartphone kelas menengah saat ini sudah memiliki kamera canggih, MediaTek Helio G95 tentu mendukung sensor besar hingga resolusi 64MP. Dengan peningkatan AI, produsen bisa berikan efek kamera AR dengan proses yang lebih lancar. Termasuk konsumsi daya yang lebih rendah saat merekam video atau sekadar jepret foto.

Baca juga: Diperkenalkan 3 September, Inilah Bocoran Spesifikasi realme 7 Pro

Nah, kabarnya, MediaTek Helio G95 bakal pertama kali digunakan di smartphone realme juga, yaitu realme 7 series yang bakal diresmikan di India pada 3 September mendatang. Smartphone tersebut bakal memiliki teknologi pengisian daya cepat 65W SuperDART setara realme X50 Pro 5G, dan juga sensor 64MP generasi kedua dari Sony.