Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Resmi Diluncurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Perang megapiksel kembali mengemuka. Resolusi besar, walau belum tentu sepadan dengan kualitas, menjadi jualan vendor ponsel. Adalah Xiaomi yang hari ini melakukan gebrakan dengan meluncurkan produk anyarnya. Perangkat yang diberi nama Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini diklaim menjadi smartphone pertama di Indonesia dengan resolusi kamera 64MP.

Memang betul kalau dilihat dari waktu peluncurannya. Karena pesaing utamanya, Realme XT, baru diluncurkan minggu depan. Kendati secara global, produk besutan realme ini diluncurkan lebih dulu. Dan sudah dipamerkan pula secara terbatas pada rekan media sejak 2 bulan lalu, namun memang belum boleh disebut nama serinya.

Sekarang kita fokus ke Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang gimmick menjelang peluncurannya pun dibuat heboh. Sejumlah media dan tech reviewer dikirimi undangan raksasa, berbentuk baliho yang dipasang di depan kantor masing-masing. Untuk menunjukkan bahwa kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang resolusinya 64MP dapat dicetak menjadi foto yang tingginya sampai 3,26 meter.

Terus terang saya belum melakukan pengujian secara mendalam mengenai produk ini. Tapi dari pengamatan produk dan observasi di sejumlah situs review, bisa memberi gambaran awal mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Simak ulasannya berikut ini.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Ini adalah smartphone kamera 64MP pertama dari Xiaomi yang memiliki konfigurasi quad kamera.Sehingga dianggap menjadikan pendamping yang ideal untuk fotografer ponsel.

Kamera utamanya memiliki resolusi 64MP dengan ukuran sensor 1.6μm 4-in-1 Super Pixel untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya dalam pemotretan malam hari. Selanjutnya, terdapat lensa ultra-lebar 8MP dengan area pandang sampai 120°, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.

Bagi yang masih gemar swafoto, kamera depan 20MP yang sudah ditanamkan teknologi AI. Sehingga pengguna bisa merekam ekspresi wajah melalui foto-foto selfie yang mendetail, mampu melakukan scene detection, dan face unlock.

Redmi Note 8 Pro diperkuat dengan Corning Gorilla Glass 5 pada body bagian depan dan belakang, untuk melindungi dari jatuh yang tidak disengaja. Untuk meningkatkan daya tahan, perangkat ini juga memiliki sertifikasi IP52, yang menawarkan perlindungan terhadap hujan dan keringat. Tapi belum bisa untuk berenang maupun terkena debu.

Dilengkapi layar FHD + Dot Drop 6,53 ” sensor sidik jari belakang, perangkat ini mencapai rasio layar-ke-tubuh 91,4%. Layar juga bersertifikat TÜV Rheinland, memberikan perlindungan terhadap cahaya biru dan mengurangi kemungkinan kelelahan visual.

Related Posts
1 daripada 218

Redmi Note 8 Pro tampil dengan glossy frame dan lekukan G3 yang presisi untuk mengakomodasi cengkeraman yang nyaman. Terdapat tiga varian warnanya yang elegan – Mineral Grey, Pearl White dan Forest Green.

Dapur pacu Xiaomi Redmi Note 8 Pro ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G90T terbaru. Di dalamnya terdapat sebuah CPU octa-core clock hingga 2.05GHz untuk penggunaan sehari-hari. Sementara itu, GPU Arm Mali-G76 3EEMC4 memungkinkan pengalaman gaming lebih bagus, dengan frekuensi maksimal 800MHz dan daya AI hingga 1TMACs. Perangkat ini juga dilengkapi LiquidCool untuk memfasilitasi game berkecepatan tinggi dan mengurangi panas.

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Ponsel baru Xiaomi yang sudah dibekali NFC ni hadir dalam dua varian. Pertama, varian dengan kapasitas RAM 6GB + ROM 64 GB. Kedua  varian dengan kapasitas RAM 6GB dan ROM 128 GB.

Varian 6+64GB dipasarkan dengan harga normal Rp3.099.000 yang mana untuk promo dibanderol Rp2.999.000. Sedangkan varian yang lebih tinggi yaitu 6+128GB dibanderol dengan harga Rp3.499.000. Khusus untuk masa promo dipasarkan dengan harga Rp3.399.000. Kedua ponsel tersebut tersedia mulai tanggal 29 Oktober 2019 di Shopee dan Mi Store.

Dengan spesifikasi kelas atas dan harga sangat terjangkau, bisa dipastikan ponsel ini akan laris manis di pasaran. Bahkan Xiaomi juga berupaya untuk mengantisipasi stigma sebagai ponsel gaib dengan menyiapkan stok yang cukup banyak. Untuk flash sale, dipersiapkan 20 ribu unit dan untuk bulan pertama sebanyak 100 ribu unit. Bagaimana, tertarik Gizmolovers?

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Desain kuat dengan dua panel Gorilla Glass 5
  • Memakai chipset MediaTek Helio G90T yang cepat dan efisien
  • Daya tahan baterai awet
  • Sensor 64MP utama serbaguna dan memberikan gambar yang sangat baik di siang dan malam hari.
  • Kamera selfie juga cukup bagus.
  • Kualitas perekaman video hebat secara keseluruhan.
  • Mendukung pengisian USB PD, dilengkapi dengan kabel USB-C ke USB-C dan pengisi daya yang sesuai di dalam kotak
  • Memiliki NFC

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Kamera makro dan ultrawide hasilnya kurang maksimal
  • Perekaman video dalam 1080p
  • Memakai slot hybrid (SIM/micro SD) yang kurang nyaman bagi sebagian orang
  • Hanya splash-proof, bukan dust and waterproof