Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi Note 9 5G Series Bawa Layar 120Hz dan Sensor Kamera 108MP

2 8.582

Rumor akan kehadiran smartphone baru dari Xiaomi ini sudah bermunculan sejak beberapa pekan terakhir. Masih gunakan seri Redmi Note 9, namun desainnya dibuat berbeda, dan tentunya dengan spesifikasi yang berbeda pula. Diresmikan di China kemarin malam (26/11), Xiaomi luncurkan Redmi Note 9 5G series.

Secara total, ada empat produk yang dirilis bersamaan; Redmi Note 9 5G, Redmi Note 9 Pro 5G, Redmi Note 9 4G dan sebuah perangkat wearable yaitu Redmi Watch. Namun kali ini, mari kita bahas dua smartphone utama yang menjadi primadona baru untuk Xiaomi. Membawa sensor kamera dengan besaran resolusi setara flagship 2020.

Baca juga: Xiaomi Pamerkan Lensa Teleskopik Canggih untuk Smartphone

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G Punya Sensor 108MP

Redmi Note 9 Pro 5G

Bukan produk Xiaomi namanya, kalau tidak membawa smartphone dengan value yang tinggi. Redmi Note 9 Pro 5G hadir dengan harga yang sama seperti seri Pro tahun lalu, namun peningkatan yang dibawa cukup masif. Dimulai dari segi desain yang kini gunakan kaca Gorilla Glass 5 depan belakang, serta empat sudut 3D curved pada bodi belakangnya.

Ya, Redmi Note 9 Pro 5G punya desain yang berbeda dari Redmi Note 9 Pro biasa yang hadir resmi di Indonesia. Desain yang sama hanya bisa ditemukan di bagian depan, di mana keduanya sama-sama punya kamera punch hole yang terletak di tengah atas layar. Dimensinya 6,67 inci dan punya resolusi full HD+.

Namun refresh rate layar Redmi Note 9 Pro 5G kini sudah adaptif, mulai 30Hz hingga 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz. Selain kamera, keunggulan utama yang ditawarkan adalah kemampuan kameranya. Xiaomi gunakan sensor 108MP generasi ketiga dari Samsung, yaitu ISOCELL HM2. Sensor tersebut mendukung teknologi 9-in-1 pixel binning seperti pada Galaxy S20 Ultra.

Dikombinasikan dengan teknologi Dual Native ISO dan mode malam versi baru, smartphone ini diklaim bisa hasilkan foto low-light terbaik di kelasnya. Sementara tiga sensor kamera lainnya adalah 8MP ultra-wide, 2MP macro dan 2MP depth sensor, dengan sensor 16MP di depan untuk keperluan swafoto.

Xiaomi gunakan chipset Snapdragon 750G pada Redmi Note 9 Pro 5G. Dengan kapasitas baterai 4,820 mAh, bisa diisi penuh kurang dari satu jam lewat dukungan 33 watt fast charger. Konektivitasnya lengkap, mulai IR blaster hingga NFC. Sampai setup speaker stereo dengan motor getaran khusus seperti pada Poco X3 NFC.

Redmi Note 9 5G Lebih Murah dengan Tiga Kamera

Redmi Note 9 5G

Untuk opsi yang lebih terjangkau, dihadirkan Redmi Note 9 5G yang jalankan chipset MediaTek Dimensity 800U. layarnya sedikit lebih kecil di 6,53 inci tanpa refresh rate tinggi, namun masih terlindungi Gorilla Glass 5. Kamera depannya 13MP dan posisinya bergeser ke sudut kiri atas.

Sementara di belakang, sensor utamanya lebih modis di 48MP. Masih ada sensor ultra-wide, namun depth sensor ditiadakan. Kapasitas baterai sedikit lebih besar di 5,000 mAh, dan dukungan fast charging juga masih tersedia walaupun input yang didukung berbeda, yaitu 22,5 watt. Sisanya masih sama, seperti stereo speaker dan total 7 antena untuk penerimaan sinyal 360 derajat.

Harga Redmi Note 9 5G Series

Redmi Note 9 Pro 5G varian paling murah (6/128GB) dijual mulai dari CNY1,600 (Rp3,4 jutaan), sementara varian tertinggi dengan memori 8/256GB seharga CNY2,000 (Rp4,2 jutaan). Lalu untuk opsi yang lebih murah, Redmi Note 9 5G bakal tersedia mulai dari CNY1,300 (Rp2,7 jutaan).

Belum ada informasi apakah kedua smartphone ini bakal tersedia di luar negara asal Xiaomi tersebut. Kalau memang bakal hadir di pasar Asia Tenggara seperti India atau Indonesia, meski jaringan 5G-nya belum bisa dinikmati, spesifikasi yang dibawa seperti layar 120Hz dan sensor 108MP bakal tetap terasa menggiurkan.