Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Pamerkan Lensa Teleskopik Canggih untuk Smartphone

1 6.683

Berbicara mengenai perkembangan teknologi kamera pada smartphone, beragam merek berlomba untuk hadirkan solusi masing-masing untuk berikan kualitas foto terbaik. Tak hanya sensor utama, teknologi pembesaran gambar atau zoom juga berkembang pesat. Mulai dari yang awalnya hanya 2x optical zoom, hingga kini bisa mencapai 5x memanfaatkan sensor telefoto periskop.

Tantangan yang perlu dihadapi saat ini adalah bagaimana menyematkan sensor dengan dimensi kecil, punya rentang pembesaran yang jauh, namun tetap berkualitas. Xiaomi mencoba hadirkan solusi terbaru, dipamerkan dalam sebuah acara khusus developer atau para pengembang pekan lalu (5/11). Yaitu dengan hadirkan lensa telescopic generasi terbaru.

Flashback ke beberapa tahun yang lalu, bila menggunakan lensa dengan optik yang bisa bergerak (layaknya beberapa seri Nokia Nseries lawas), dimensi smartphone harus lebih tebal, dengan tangkapan cahaya yang juga tentunya berkurang. Kemudian muncul beberapa smartphone dengan lensa teleskopik besar, layaknya Samsung Galaxy K Zoom. Berkualitas? Iya. Namun lagi-lagi, dimensinya cukup tebal dengan desain layaknya kamera saku.

Baca juga: Masa Pandemi, Xiaomi Berburu 5.000 Engineer Teknologi

Lensa Teleskopik Xiaomi Unggul dalam Tiga Poin Penting

Solusi yang dihadirkan Xiaomi, kabarnya sudah bisa hadir dalam waktu dekat. Pabrikan elektronik asal China tersebut mengatakan bila teknologi kamera baru ini sudah siap diimplementasikan ke produk smartphone nantinya. Mungkin di salah satu seri Mi yang bakal dirilis 2021 nanti ya.

Xiaomi kemudian menyebutkan beberapa benefit dari penggunaan lensa teleskopik tersebut. Yang utama, lensa tersebut diklaim bisa menangkap cahaya lebih banyak dari sistem tradisional, hingga 300%. Ini sangat krusial, terutama untuk pengambilan foto objek di dalam ruangan gelap atau kondisi kurang cahaya. Tingkat ketajamannya juga naik hingga 20%.

Serta dibenamkan juga teknologi stabilisasi khusus, di mana lensa akan “terbuka” secara otomatis, untuk hasil video minim guncangan. Pemanfaatan zoom lewat lensa teleskopik juga berfungsi ganda untuk ambil objek foto sangat dekat (makro). Teknologi ini sudah mencapai tahap final, sehingga implementasinya dapat dirasakan dalam waktu yang tidak terpaut lama.

Solusi Praktis Tanpa Perlu Gunakan Banyak Sensor Kamera

Lensa teleskopik Xiaomi

Penggunaan lensa teleskopik baru ini bisa hadir sebagai solusi menarik, agar sebuah smartphone tak perlu memiliki banyak sensor kamera. Lewat satu sensor, bisa punya peran sebagai sensor utama, telefoto, dengan diafragma yang variatif. Mungkin yang kurang hanya dibenamkan sensor ultra wide-angle saja, atau depth sensor. Jadi tiga sensor saja sudah cukup.

Xiaomi mengatakan, teknologi seperti ini dihadirkan bagi mereka yang ingin miliki kualitas fotografi profesional dari smartphone. Meski begitu, belum diinformasikan rentang jarak pembesarannya, hingga diafragma yang dimiliki. Meningat sensor telefoto sekarang sudah mulai untuk miliki diafragma cukup besar, sehingga masih bisa digunakan dalam kondisi kurang cahaya.

Sehingga kita tidak bisa mengetahui secara persis, tingkat naik 300% di atas, jika dibandingkan dengan kamera yang spesifikasinya seperti apa. Serta sejauh apa perbedaannya dengan sensor telefoto pada smartphone-smartphone baru, sebut saja iPhone 12 Pro series. Kita nantikan saja perkembangannya ya.