Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Redmi Note 9 Pro Series Debut dengan Snapdragon 720G

0 4.057

Virus Corona (COVID-19) berdampak besar pada perekonomian global, tak terkecuali industri smartphone. Sebagian besar mengundur waktu peluncuran hingga mengubah acara dari press conference yang mengundang para jurnalis menjadi cukup dilakukan secara online. Seperti dilakukan Xiaomi pada produk terbarunya Redmi Note 9 Pro series.

Xiaomi baru saja menggelar sebuah acara di India yang mereka klaim sebagai “biggest online product launch”. Akibat persebaran virus COVID-19 yang mengharuskan berbagai produsen ponsel tak bisa mengadakan acara perilisan secara luring (offline). Dalam acara tersebut, diperkenalkan Redmi Note 9 Pro & Note 9 Pro Max, penamaan yang sedikit berbeda dari generasi sebelumnya.

Dikutip dari akun Twitter resmi Redmi India, Xiaomi telah berhasil menjual lebih dari 100 juta ponsel di India dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Sebagai bentuk dari perayaan tersebut, Redmi Note 9 Pro series debut di India terlebih dahulu, dengan tagar “Pro Cameras, Max Performance.”

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro Series

Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 series mengadopsi bahasa desain baru, Aura Balance Design. Bodi belakangnya dibuat simetris baik sudut maupun peletakan kameranya, menggunakan material kaca 3D yang sedikit melengkung di sudutnya. Dimensi layarnya lebih besar, menggunakan panel IPS 6,67 inci dengan resolusi FHD+ dan perlindungan Gorilla Glass 5 (baik di bagian depan, belakang dan kamera). Jika dibandingkan dengan generasi Mi Max pertama, dimensi Redmi Note 9 Pro lebih kecil.

Baca juga: Canalys: Redmi Note Jadi Smartphone Global Terlaris di 2019

Port audio 3,5mm sampai IR blaster masih hadir khas seri Redmi lainnya, dan Xiaomi menambahkan modul Z-axis vibration untuk efek getar (haptic feedback) yang lebih presisi. Belum menggunakan panel AMOLED, sensor sidik jarinya diletakkan di sisi samping kanan bodi, menyatu pada tombol power. Dengan proteksi P2i, Redmi Note 9 Pro series diklaim tahan cipratan air.

Keduanya ditenagai oleh chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 720G octa-core. Sebelumnya, chipset ini pertama kali digunakan di realme 6 Pro lebih dulu, yang akan dirilis resmi di Indonesia dalam waktu dekat. Pembeda pertama ada pada pilihan RAM (LPDDR4X) dan penyimpanan internalnya (UFS 2.1). Redmi Note 9 Pro hadir dalam opsi 4GB+64GB & 6GB+128GB, sementara Redmi Note 9 Pro Max mulai 6GB+64GB sampai varian tertinggi di 8GB+128GB.

Sama-sama dilengkapi kapasitas baterai besar 5020 mAh, keduanya juga mendukung teknologi fast charging. Dalam paket penjualan, disertakan charger 18W untuk Redmi Note 9 Pro, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max lebih cepat di 33W, dapat mengisi hingga 50% hanya dalam 30 menit.

Perbedaan selanjutnya ada pada setup kameranya. Keduanya sudah menggunakan kamera depan berjenis hole-punch yang diletakkan di sisi tengah atas layar, dengan resolusi 16MP untuk Redmi Note 9 Pro & 32MP untuk Redmi Note 9 Pro Max, resolusi tertinggi pada lini seri Redmi saat ini.

Sementara di bagian belakang terdapat setup empat kamera. Sensor utama Redmi Note 9 Pro beresolusi 48MP, dan varian Pro Max di 64MP. Tiga sensor lainnya identik; kamera ultra wide-angle 8MP 119 derajat, kamera makro 5MP (dengan jarak fokus 2cm – 10cm) dan depth sensor 5MP (2MP di versi Pro). Xiaomi menambahkan mode kamera baru yang dinamakan “Pro Colour”, yang secara otomatis mampu menambahkan saturasi warna secara real-time sebelum foto diambil.

Harga & Ketersediaan Redmi Note 9 Pro Series

redmi note 9 pro

Penasaran dengan harganya? Redmi Note 9 Pro 4GB+64GB dibanderol seharga 12,999 INR (atau sekitar Rp2,5 jutaan) & 6GB+128GB di 15,999 INR (Rp3,1 jutaan). Sementara untuk Redmi Note 9 Pro Max, varian termurah 6GB+64GB dijual seharga 14,999 INR (Rp2,9 jutaan), dan 18,999 INR (Rp3,7 jutaan) untuk versi tertinggi dengan memori 8GB+128GB.

Redmi Note 9 Pro mulai dijual di India pada tanggal 17 Maret mendatang, menyusul Redmi Note 9 Pro Max di 25 Maret 2020, lewat ritel resmi dan Amazon India. Melihat spesifikasi dan harga yang ditawarkan, tentunya pasti menarik jika turut hadir resmi di Indonesia. Kita nantikan saja ya.


Beli smartphone Xiaomi secara online di:

Shopee Lazada Blibli Eraspace