Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nubia Red Magic 5S Hadir Bawa Layar 144Hz & Teknologi Pendingin Baru

0 5.371

Smartphone yang dirilis khusus untuk para gamer mobile semakin banyak. Beberapa waktu lalu, ASUS baru saja merilis smartphone seri ROG yang miliki spesifikasi rata kanan, sebut saja layar 144Hz, baterai terbesar serta prosesor terbaik dari Qualcomm saat ini. Hal tersebut tentu membuat produsen lainnya tergerak untuk rilis perangkat pesaing.

Salah satunya adalah Nubia, yang umumnya dikenal merilis smartphone gaming dengan harga yang lebih terjangkau. Di bulan Maret lalu, Nubia Red Magic 5G diperkenalkan dengan desain yang kuat, serta teknologi layar 144Hz. Selang beberapa bulan kemudian, kini Nubia perkenalkan seri Red Magic 5S, bersamaan dengan sebuah perangkat AIoT terbarunya. Apa saja peningkatan yang dibawa?

Baca juga: Nubia Play 5G, Smartphone Gaming Termurah dengan Layar AMOLED 144Hz

Sistem Pendingin Baru, Sisanya Masih Sama

nubia Red Magic 5S

Bisa dibilang pembaruan yang dibawa oleh Nubia Red Magic 5S cukup minor. Desainnya secara keseluruhan sama, bahkan spesifikasi lainnya. Yang baru pada seri ini adalah sistem pendingin yang bisa dibilang cukup krusial untuk menjamin kelancaran dalam bermain gim di smartphone, terutama dalam durasi yang cukup lama.

Nubia Red Magic 5S dilengkapi dengan dudukan pendingin berupa selembar plat silver yang disebut dengan “ICE Ag”, menemani kipas yang dapat berputar hingga 15,000 RPM. Pendingin ini dapat membantu menurunkan suhu ketika chipset sedang bekerja keras, termasuk ketika proses isi daya baterai berlangsung. Kapasitas baterainya masih 5.000 mAh, dengan dukungan fast charging 55 watt.

Sama dengan warna plat pendinginnya, Nubia Red Magic 5S bakal hadir dengan opsi warna baru yaitu silver, selain opsi warna gabungan biru dan merah seperti generasi sebelumnya. Smartphone ini miliki layar 6,65 inci full HD+, dengan panel AMOLED yang dukung refresh rate 144Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Dan seperti smartphone gaming Nubia sebelumnya, terdapat sepasang trigger kapasitif di sisi kanan bodi, mendukung touch rate yang lebih tinggi di 320Hz. Trigger ini dapat membantu pemain gim untuk membidik maupun pintasan lainnya, mengikuti jenis atau genre gim yang dimainkan.

Mungkin atas alasan agar smartphone masih bisa dijual dengan harga terjangkau, sehingga Red Magic 5S masih gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865. Sebenarnya chipset ini sudah sangat kencang, terutama dipasangkan dengan RAM 16GB LPDDR5 serta penyimpanan 256GB UFS 3.1. Sistem operasinya sendiri telah jalankan Android 10 dengan kustomisasi UI Red Magic OS.

Harga Nubia Red Magic 5S

nubia Red Magic 5S

Sama seperti ROG Phone 3, bodi belakang smartphone dilengkapi dengan tiga sensor utama. Masing-masing adalah sensor utama 64MP Sony IMX686, 8MP ultra-wide dan 2MP macro. Juga terdapat strip lampu RGB untuk efek yang dapat menarik perhatian khas perangkat gaming.

Dijual secara pre-sale di China, varian paling rendah Nubia Red Magic 5S dengan memori 8/128GB dibanderol seharga CNY3,799 (Rp7,9 jutaan). Sementara varian tertingginya, 16/256GB seharga CNY4,999 (Rp10,4 jutaan). Penjualan resminya dimulai awal Agustus mendatang, sementara ketersediaan secara global bakal menyusul di bulan September.

Akankah dibawa ke Indonesia? Tentu kita berharap demikian. Meski jika melihat rekam jejak produsen ponsel sub-brand ZTE tersebut, mereka sudah lama tidak merilis perangkat baru di Tanah Air.