Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS ROG Phone 3 Usung Chipset Snapdragon 865 Plus & Layar 144Hz

0 5.683

Kabar baik untuk para mobile gamers baik kasual maupun profesional. Setelah sukses merilis sekuel produknya bulan Juli 2019 lalu, pabrikan elektronik asal Taiwan, ASUS baru saja perkenalkan smartphone gaming terbarunya yaitu ROG Phone 3. Smartphone ini hadir dengan desain yang kurang lebih sama, dengan beberapa penyempurnaan di sana-sini, termasuk jumlah kamera utama yang lebih banyak.

Diluncurkan dalam sebuah acara daring bertajuk Game Changer, Rabu (22/7), Co-CEO ASUS, S. Y. Hsu perkenalkan ROG Phone 3 lengkap beserta jajaran aksesorinya. Smartphone ini menjadi yang pertama menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 865 Plus 5G.

“ROG Phone 3 menghadirkan pengalaman gaming yang tak terbayangkan dan memberdayakan gamer untuk menyesuaikan pengalaman ini sesuai keinginan,” kata Hsu.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming dengan AniMe Matrix yang Unik

ROG Phone 3 Kini Hadir dalam Dua Varian

ASUS ROG Phone 3

Berbeda dengan sebelumnya, ASUS kali ini hadirkan ROG Phone 3 dalam dua versi. Selain yang utama, ada ROG Phone 3 Strix Edition yang menjadi versi hemat. Kapasitas RAM serta penyimpanan internalnya lebih kecil, dan chipsetnya ‘masih’ menggunakan Snapdragon 865 non-Plus.

Namun tidak ada alasan untuk Gizmo friends melewatkan varian terbaiknya. Layarnya sendiri sudah memiliki refresh rate hingga 144Hz, dengan latensi hanya 25ms saja. Panel 6,59 inci yang digunakan tentu sudah gunakan jenis AMOLED dan mendukung standar konten HDR10+.

Yang spesial tentunya ada di dapur pacu yang digunakan. Ini adalah smartphone gaming pertama dengan clockspeed mencapai 3,09GHz. Tak hanya itu, Snapdragon 865 Plus juga membawa peningkatan di sektor GPU, naik 10% dari generasi sebelumnya. Dikombinasikan dengan dukungan jaringan Wi-Fi 6E, latensi jaringan dapat ditekan hingga 3ms—dengan router yang mendukung tentunya.

Kalau smartphone kelas entri punya memori penyimpanan sebesar 16GB, maka ROG Phone 3 miliki kapasitas RAM yang sama (selain varian terendah dengan RAM 12GB & 8GB untuk Strix Edition). Pilihan memori internal UFS 3.1-nya sendiri tersedia hingga 512GB. Generasi terbaru kali ini tidak hadir dengan jack audio 3,5mm, namun ASUS langsung memberikan solusinya.

ASUS AeroActive Cooler 3

Aksesori pendingin kini termasuk dalam paket pembelian ROG Phone 3, yaitu AeroActive Cooler 3. Ini berfungsi sebagai pendingin untuk mengatur suhu belakang bodi yang sudah dilengkapi dengan penyebar panas, enam kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Pengguna dapat menancapkan earphone kabel favorit mereka lewat aksesori yang satu ini.

Dan untuk tingkatkan pengalaman gaming, terdapat total empat tombol kapasitif di sudut sisi kanannya, dinamakan ultrasonic shoulder buttons. Tombol tersebut dapat dikustomisasi sesuai keperluan pengguna, atau digunakan sebagai slide gesture untuk mengganti angle kamera di dalam gim.

Kapasitas baterainya masih sama-sama besar yaitu 6.000 mAh, sudah mendukung pengecasan 30W USB PD. Untuk mengisi daya 70% hanya membutuhkan waktu 46 menit saja. Dan untuk memperpanjang masa pakai baterai, terdapat fitur dimana pengguna dapat membatasi tegangan isi daya hingga 10W saja, atau isi daya maksimal sampai 80-90%.

Tak hanya kemampuan gaming, sektor kamera juga ditingkatkan termasuk dengan penambahan sensor kamera ketiga, yaitu sensor makro 5MP. Sementara sensor utamanya ditingkatkan, gunakan Sony IMX686 64MP yang mendukung lossless zoom hingga 2x dalam resolusi 16MP. Sementara sensor sekundernya adalah 13MP ultra wide-angle.

Sensor utama tersebut sanggup digunakan untuk rekam video hingga resolusi 8K 30fps atau 4K 120fps. Stabilisasi HyperSteady Video juga hadir lengkap dengan Wind Filter, memanfaatkan total empat mikrofon yang ada di sekelilingnya. Sementara di bagian depan, disiapkan kamera 24MP untuk swafoto beresolusi tinggi.

Harga ASUS ROG Phone 3

ROG Phone 3

Smartphone ini bakal diluncurkan dengan menjalankan sistem operasi Android 10. Akan ada dua launcher yang bisa penggunanya pilih, ROG UI yang lebih fokus untuk gim, serta Zen UI yang mendekati stock Android. ROG Phone 3 bakal dijual seharga 1000 Euro atau Rp16 jutaan untuk varian 12GB+512GB.

Sementara varian RAM 16GB dijual seharga 1100 Euro atau sekitar Rp18 jutaan. Dan versi sederhana, ROG Phone 3 Strix Edition dibanderol 800 Euro (Rp13,5 jutaan). Bersama dengan smartphone-nya, ASUS juga merilis serangkaian aksesori baru untuk menemani smartphone gaming tercanggih saat ini, yang akan kami tuliskan dalam artikel terpisah.


Cek harga produk ASUS di

Lazada Shopee.co.id Tokopedia.com Bhinneka.com