Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Snapdragon 865 Plus Diluncurkan, Ini Smartphone Pertama yang Bakal Pakai

0 759

Sejak tahun 2019, Qualcomm sepertinya terapkan sistem dimana mereka merilis dua chipset flagship tiap tahunnya. Awal tahun kebagian chipset yang sepenuhnya baru, kemudian sekitar enam bulan kemudian dihadirkan seri Plus yang membawa peningkatan minor. Tak terkecuali di tahun 2020, dimana kali ini Qualcomm telah meresmikan Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, dirancang untuk performa yang lebih baik.

Sebagai informasi, SoC flagship Snapdragon 865 kini telah digunakan lebih dari 140 perangkat, baik yang sudah diumumkan atau masih dalam tahap pengembangan. Di Indonesia sendiri, beberapa diantaranya ada Xiaomi Mi 10 maupun OPPO Find X2 Pro. Jadi penerus, Snapdragon 865 Plus bakal berikan aspek gameplay superior serta konektivitas yang lebih baik.

Alex Katouzian, Senior VP & General Manager, Qualcomm Technologies, Inc. mengatakan jika Qualcomm terus berinvestasi pada seri premium, yaitu mobile platform seri-8, untuk dorong aspek performa dan efisiensi daya. Serta membawa kamera, AI dan pengalaman gaming generasi selanjutnya, seiring upayanya untuk sebarluaskan 5G.

“Meneruskan kesuksesan Snapdragon 865, Snapdragon 865 Plus yang baru akan memberikan performa yang ditingkatkaan untuk smartphone flagship gelombang selanjutnya,” ujar Alex dalam siaran pers yang diterima Gizmologi.

Baca juga: Snapdragon Wear 4100, Lebih Kencang dan Hemat Daya

Performa Snapdragon 865 Plus Meningkat 10% Lebih Kencang

Elite Gaming Snapdragon 865 Plus

hipset ini membawa Snapdragon X55 5G Modem-RF System untuk dukungan jaringan 5G secara global serta Qualcomm AI Engine generasi ke-5. AI Engine tersebut dapat tingkatkan kualitas kamera, audio dan pengalaman gaming pada smartphone lebih lancar.

Snapdragon 865 Plus juga hadir dengan fitur-fitur yang dibawa oleh Snapdragon Elite Gaming. Driver GPU-nya dapat diperbarui, sanggup hadirkan gameplay 5G hingga 144fps, plus true 10-bit HDR gaming yang berikan detail sinematik dengan lebih daru satu milyar warna. GPU Qualcomm Adreno 650 tawarkan render grafis 10% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Sementara untuk prosesor, CPU Qualcomm Kryo 585 Prime pada Snapdragon 865 Plus punya clock-speed yang lebih tinggi, mencapai 3,1GHz dengan peningkatan 10%. Teknologi Qualcomm FastConnect 6900 dorong kecepatan Wi-Fi hingga 3,6 Gbps, tercepat di industri untuk kemampuan Wi-Fi perangkat mobile. Sehingga dapat berikan performa sempurna untuk perangkat kelas premium.

ROG Phone 3 Dipastikan Pakai Snapdragon 865 Plus

Dengan diresmikannya Snapdragon 865 Plus, dipastikan beberapa smartphone flagship yang bakal dirilis menjelang akhir tahun 2020 akan menggunakan chipset terbaik dari Qualcomm ini. Nah, menjadi salah satu yang pertama diumumkan, ASUS akan segera merilis spesifikasi lengkap dari ROG Phone 3, sebuah smartphone gaming yang generasi sebelumnya ciptakan antusiasme sangat tinggi.

Dalam beberapa minggu mendatang, spesifikasi utama ROG Phone 3 akan diberitahukan secara resmi. Selain ASUS, smartphone gaming 5G Lenovo Legion juga nantinya bakal gunakan chipset Qualcomm yang paling kencang di tahun 2020 ini. Sementara untuk smartphone lainnya, akan mulai diumumkan pada kuartal ketiga tahun 2020 ini.