Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Dimensity 800U Dirilis dengan Dukungan Dual 5G SIM

0 2.767

Menjadi salah satu pemasok chipset smartphone terbesar, MediaTek cukup rajin untuk rilis seri chipset baru sepanjang tahun 2020 ini. Beberapa seri di antaranya banyak digunakan untuk smartphone dengan harga yang terjangkau di kelasnya. Juga sebagai alternatif bagi OEM untuk rilis smartphone murah dengan dukungan jaringan 5G.

Kali ini, MediaTek kembali merilis chipset baru untuk smartphone kelas menengah, masih pada seri 800. Jika bulan Mei kemarin merilis Dimensity 820, sekarang giliran MediaTek Dimensity 800U. Ini adalah SoC keenam dengan modem 5G terintegrasi, dan juga seri Dimensity keenam yang pernah diluncurkan oleh MediaTek.

Baca juga: Kolaborasi Intel & MediaTek Hadirkan Laptop 5G Awal 2021

Spesifikasi MediaTek Dimensity 800U

MediaTek Dimensity 800U

Menjadi chipset terbaru, tentu saja MediaTek Dimensity 800U sudah gunakan proses fabrikasi 7nm. CPU octa-core yang digunakan memiliki arsitektur big.LITTLE, dengan 2-core ARM Cortex-A76 hingga 2.4GHz plus 6-core Cortex-A55 hingga kecepatan 2GHz. Dengan begitu, masing-masing core dari Dimensity 800U memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari seri 800, namun masih di bawah 820.

Dan meski GPU-nya sama-sama menggunakan seri ARM Mali-G57, MediaTek Dimensity 800U hanya miliki 4-core (dibandingkan dua seri lainnya dengan 5-core). Namun chipset ini tetap hadir dengan AI processing unit (APU) terdedikasi. APU berperan penting untuk fitur-fitur yang memerlukan olah software, seperti fitur kamera dan augmented reality.

Dipasangkan dengan RAM LPDDR4x serta memori berjenis UFS 2.2, MediaTek Dimensity 800U diklaim miliki performa CPU 11% lebih kencang, serta olah grafis 28% lebih baik bila dibandingkan dengan seri Dimensity 720. Chipset ini juga mendukung jenis panel layar hingga resolusi full HD+ dengan refresh rate sampai 120Hz, plus dukungan konten HDR10+.

Mendukung jaringan 5G, MediaTek unggulkan chipset ini sebagai solusi terjangkau yang mendukung dual 5G SIM secara global, dan juga Voice over New Radio (VoNR) untuk kualitas telepon dan panggilan video yang lebih berkualitas. Teknologi MediaTek 5G UltraSave juga dibenamkan untuk efisiensi daya yang lebih baik, serta memperpanjang umur batere.

Hadir Untuk Smartphone Mid-range, Fitur Tetap Lengkap

MediaTek Dimensity 800U juga mendukung konfigurasi empat sensor kamera utama, dengan resolusi tertinggi di 64MP, sehingga mendukung smartphone kelas menengah yang ingin mengunggulkan kemampuan fotografi maupun videografi. Kombinasi dari ISP serta APU juga dapat tingkatkan kualitas kamera secara menyeluruh.

Sementara untuk perintah suara, fitur voice on wakeup (VoW) hadir untuk layanan seperti Google Assistant, memudahkan perangkat untuk menangkap perintah suara dari pengguna. Teknologi dual-mic noise reduction technology juga dapat tingkatkan kualitas panggilan telepon.

Ketika merilis chipset baru yang satu ini, MediaTek tidak mengumumkan seri smartphone tertentu yang kedepannya bakal menjadi yang pertama untuk menggunakan MediaTek Dimensity 800U ini. Sementara hingga saat ini, belum ada smartphone dengan seri Dimensity yang hadir di Indonesia. Menurut Gizmo friends, perlukah smartphone mid-range 5G hadir dalam waktu dekat?