Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kolaborasi Intel & MediaTek Hadirkan Laptop 5G Awal 2021

1 2.628

Smartphone dengan dukungan 5G mungkin sudah terdengar biasa, meski regulasinya belum masuk tahap final di Indonesia. Bahkan beberapa produsen telah berhasil merilis smartphone 5G pada rentang harga Rp4-5 jutaan. Namun selain smartphone, perangkat yang biasa kita gunakan untuk bekerja sehari-hari seperti laptop juga bakal mendukung jaringan masa depan ini.

Tidak lama lagi, finalisasi modem 5G hasil kerjasama Intel dengan MediaTek bakal segera dapat diaplikasikan oleh para OEM ke perangkat notebook atau laptop mereka masing-masing. Lewat modem MediaTek T700, laptop masa depan bakal mendukung jaringan yang sama seperti smartphone. Mudahkan portabilitas serta kebutuhan akan koneksi internet cepat, tak perlu lagi menggunakan akses Wi-Fi atau lainnya.

Kolaborasi keduanya sendiri telah dimulai sejak tahun lalu. Menariknya, hal tersebut seolah menepis rumor yang beredar sejak pertengahan 2019 lalu, dimana Apple kabarnya ingin mengakuisisi bisnis modem 5G dari Intel. Kini wujud dari MediaTek T700 sendiri sudah tersedia, dan proses implementasinya siap dilanjutkan hingga tahap final.

Baca juga: MediaTek Dimensity 720, Chipset 5G 7nm untuk Smartphone Lebih Murah

Dukungan Jaringan Modem 5G MediaTek T700

MediaTek T700 5G modem

MediaTek T700 sendiri telah mendukung frekuensi jaringan 5G dual-mode sub-6GHz, alias frekuensi umum yang sudah tersedia di beberapa negara saat ini. Selain bentuk fisik, modem 5G ini juga telah berhasil melalui uji sertifikasi serta tes secara langsung untuk penggunaan telepon dalam jaringan 5G SA.

Kedepannya, Intel bakal menyempurnakan integrasi terhadap platform sistem perangkat keras mereka, serta menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan serta dukungan untuk para OEM. Agar nantinya produsen notebook atau laptop dapat mengaplikasikan modem MediaTek T700 ini ke perangkat mereka. Selain dukungan jaringan 5G SA NSA, generasi berikutnya juga bakal mendukung frekuensi mmWave.

“Kemitraan kami dengan Intel merupakan perpanjangan alami dari bisnis 5G mobile kami yang terus berkembang, dan merupakan sebuah peluang pasar luar biasa bagi MediaTek untuk masuk ke dalam pasar PC,” kata Joe Chen selaku President dari MediaTek, lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (6/8).

Joe menambahkan, dengan pengalaman Intel yang kaya dalam PC, serta teknologi modem 5G canggih milik MediaTek, keduanya akan mendefinisikan ulang pengalaman laptop serta berikan pengalaman 5G terbaik bagi para pelanggan. MediaTek T700 memungkinkan para pengguna PC untuk menjelajah web, streaming dan bermain gim di kecepatan 5G ultra-cepat, di manapun mereka berada.

Diperkirakan Bakal Hadir Tahun Depan

Chris Walker, Corporate VP & GM untuk Mobile Client Platforms, Intel mengatakan, “kami sangat senang melihat perkembangan cepat yang dilakukan bersama MediaTek dalam solusi modem 5G kami, dengan percobaan bersama pelanggan di kuartal ini.” Bagi Intel, 5G dipercaya untuk mengubah cara kita terhubung, berkomputasi serta berkomunikasi kedepannya.

Lalu kapankah konsumen dapat memulai untuk membeli perangkat laptop dengan dukungan 5G? Rencananya, solusi modem 5G MediaTek T700 yang dihadirkan oleh MediaTek dan Intel ini bakal hadir di awal tahun 2021. Sementara beberapa operator seluler di Tanah Air optimis jika implementasi 5G di Indonesia bisa terwujud mulai tahun depan. Kita nantikan bersama ya.