Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A53 5G Gunakan Chipset Dimensity 720, Harga Rp2 Jutaan

0 10.732

Meski namanya familiar, smartphone ini sangat berbeda dari yang sudah dirilis di Tanah Air bulan Agustus lalu. Di negara asalnya, OPPO cukup banyak rilis smartphone kelas menengah 5G menggunakan chipset dari MediaTek. Sama halnya dengan OPPO A53 5G yang baru saja diperkenalkan ini.

Segmen smartphone kelas menengah 5G memang sudah cukup populer di beberapa negara seperti China hingga wilayah Eropa. Sayangnya, di Indonesia sendiri tren tersebut belum dimulai, mengingat dukungan untuk konektivitas masa depan tersebut masih belum siap. Sehingga akan sia-sia bila perangkat seperti ini dirilis dalam waktu dekat di Indonesia, konsumen belum bisa menikmati daya tarik utamanya.

Kembali ke OPPO A53 5G. Desainnya terlihat serupa dengan OPPO A72 5G yang rilis Juli lalu, memiliki bingkai kamera kotak dengan setup tiga kamera di dalamnya. Bedanya, bodi belakang smartphone 5G murah OPPO satu ini tak dilengkapi garis atau corak khusus, hanya satu warna yang bisa pantulkan beragam intensitas cahaya.
Baca juga: Mengintip Desain Baru OPPO Reno5, Gunakan Teknik Reno Glow

Spesifikasi OPPO A53 5G

OPPO A53 5G

Sensor sidik jarinya ditempatkan pada bodi samping, menyatu dengan tombol power. Karena panel layar yang digunakan sama dengan OPPO A53, yaitu belum gunakan panel AMOLED. Sama-sama memiliki refresh rate 90Hz, resolusinya meningkat ke full HD+. Sudah mencakup rentang warna 100% sRGB, dan bisa menyala hingga 480 nits.

Untuk membawa dukungan jaringan 5G, OPPO gunakan chipset Dimensity 720 dari MediaTek. Prosesor ini sangat umum digunakan di smartphone 5G Rp3 jutaan. Bukanlah chipset terbaru, namun bakal hadirkan peningkatan performa yang signifikan tentunya, dibandingkan dengan Snapdragon 460 di OPPO A53. Kapasitas RAM-nya 4/6GB, dengan penyimpanan internal 128GB tanpa slot kartu microSD tambahan.

Di bagian depan, disematkan sebuah kamera berbentuk punch-hole dengan resolusi 8MP. Sementara di dalam bingkai kamera belakangnya, terdapat tiga sensor kamera. Konfigurasinya serupa dengan seri A53; 16MP f/2.2 sebagai sensor utama, ditemani dua sensor macro dan depth sensor beresolusi 2MP f/2.4. OPPO tingkatkan kemampuan kameranya dengan fitur AI.

Harga OPPO A53 5G Tak Sampai Rp3 Juta

OPPO A53 5G

Meski beberapa spesifikasinya mengalami peningkatan, ada juga yang dibuat lebih sederhana. Bagian baterai, misalnya. Kapasitas baterai OPPO A53 5G hanya 4,040 mAh, tak sampai 5,000 mAh dan juga tak didukung dengan fast charging. Mungkin agar smartphone ini bisa miliki profil yang tipis dan ringan; ketebalannya hanya 7,9mm dengan bobot 175 gram.

OPPO A53 5G sudah tersedia di China, dan tanpa informasi mengenai ketersediaannya di wilayah lain secara global. Harganya tergolong sangat terjangkau, yaitu CNY1,299 atau setara Rp2,8 jutaan. Alias tak sampai Rp3 juta, konsumen sudah bisa mendapatkan smartphone 5G dari OPPO. Ada tiga opsi warna yang bisa dipilih; Purple, Lake Green dan Black.