Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Spesifikasi Galaxy A42, Smartphone 5G Termurah Samsung

0 2.880

Pada awal bulan September kemarin, Samsung Electronics. Inc mengadakan sebuah konferensi virtual bertajuk “Life Unstoppable” untuk menunjukkan berbagai macam produk elektronik terbarunya. Mulai dari perangkat dapur seperti kulkas, hingga perangkat portable seperti smartphone dan tablet. Untuk kebutuhan koneksi cepat, Samsung perkenalkan Galaxy A42 5G.

Saat peluncuran, Samsung tidak secara lengkap menyebutkan spesifikasi maupun harga dari perangkat ini. Namun dari penamaan serinya, diduga bila ini akan menjadi smartphone 5G termurah Samsung. Kini lewat sebuah rilis dari situs resmi Samsung Newsroom UK, kita bisa mengetahui lebih detil tentang apa saja yang dibawa oleh Samsung Galaxy A42 5G.

“kami dengan senang hati menghadirkan smartphone 5G terbaru kami dalam jajaran seri A,” kata James Kitto, VP of Sales, Samsung UK & Irlandia. “Galaxy A42 5G menghadirkan fitur dan inovasi premium, siap didukung untuk konektivitas jaringan 5G super cepat. Ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk hadirkan konektivitas generasi mendatang kepada lebih banyak orang.”

Baca juga: Paket Bundling Smartphone Samsung dan Telkomsel Dukung Semangat Tetap Sekolah

Samsung Galaxy A42 5G Usung Chipset Snapdragon 750G

Galaxy A42 5G

Dari desain bodi belakangnya, Samsung menggunakan bentuk pola warna yang berbeda, yaitu “layered pattern” atau berlapis, miliki sudut-sudut membulat. Desainnya diklaim membuat smartphone ini nyaman digenggam satu tangan, hadir dalam tiga warna; Prism Dot Black, Prism Dot White dan Prism Dot Grey.

Meski resolusinya masih HD+, setidaknya layar depan Galaxy A42 5G sudah gunakan panel Super AMOLED, lengkap dengan on-screen fingerprint sensor alias di bawah layar. Bentuk kamera depannya juga masih berupa Infinity-U, belum gunakan desain kamera punch-hole yang sudah hadir di Galaxy A11.

Dimensinya sendiri cukup ramping di 8,6mm, dengan bobot yang sedikit berat, hampir 200 gram atau tepatnya 193 gram. Sementara untuk urusan dapur pacu, perangkat 5G murah Samsung ini gunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 750G (atau Exynos 7225 untuk versi global). Mungkin inilah alasan mengapa Samsung belum mendetilkan spesifikasinya, karena chipset tersebut baru diresmikan pada 23 September lalu.

Snapdragon 750G sendiri mengunggulkan kemampuan AI, dengan GPU Adreno 619 yang kinerjanya 10% lebih baik dibandingkan Snapdragon 730G. Ditambah dengan dukungan jaringan 5G, diharap pemain dapat memainkan berbagai judul gim multiplayer lebih lancar lewat smartphone ini. Selain menikmati kecepatan unduh dan unggah ekstra cepat.

Punya Baterai 5,000 mAh, Dibanderol Rp6 Jutaan

Warna Galaxy A42 5G

Performanya diimbangi dengan baterai besar 5,000 mAh yang mendukung fast charging 15 watt. Selain RAM 4GB dan memori penyimpanan 128GB (yang bisa ditambah dengan kartu microSD sampai 1TB), Galaxy A42 5G juga sudah mendukung Samsung Pay. Kamera depannya beresolusi 20MP f/2.2 fixed focus, dan di belakang ada setup empat kamera; 48MP f/1.8, 8MP ultra-wide, 5MP macro dan 5MP depth.

Samsung Galaxy A42 5G bakal dijual mulai 6 November mendatang di Inggris, menyusul di wilayah lainnya di Eropa. Harga ritelnya mencapai 349 Poundsterling, atau sekitar Rp6,7 jutaan. Membuatnya bakal bersaing dengan OnePlus Nord yang juga hadir sebagai smartphone kelas menengah premium dengan dukungan 5G.