Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus Nord Hadir dengan Snapdragon 765G, Harga Mulai Rp4 Jutaan

0 8.198

Akhirnya, OnePlus kembali lagi merilis sebuah smartphone di segmen harga kelas menengah. Setelah beberapa tahun lalu merilis OnePlus X yang sempat hadir juga di Indonesia, OnePlus kini kembali pede untuk merilis flagship murah lewat OnePlus Nord. Memang, ini bukan dirilis untuk menjadi penerus OnePlus X yang punya desain kompak, melainkan ada di kelas berbeda.

Secara tampilan luar, OnePlus Nord terlihat mirip dengan smartphone lain, yaitu OPPO Reno3 Pro. Wajar saja, kedua perusahaan ini masih dalam satu naungan perusahaan induk. Yang dibuat menarik adalah opsi warna yang ditawarkan—Gray Onyx serta Blue Marble. OnePlus juga memperkenalkan enam case resmi, dengan salah satunya model transparan hasil kerjasama oleh JerryRigEverything.

Baca juga:OnePlus 8 Series, Smartphone Flagship dengan Snapdragon 865 & Layar Fluid AMOLED

Spesifikasi OnePlus Nord

OnePlus Nord

OnePlus kembali merasa percaya diri rilis smartphone mid-range karena chipset Qualcomm Snapdragon 765G bisa dibilang powerful. Meski bukan seri-8, fabrikasi 7nm dan kompabilitas 5G yang dibawa cukup menjanjikan. Kedepannya, OnePlus Nord bakal mendapat jaminan dua tahun pembaruan perangkat lunak dan tiga tahun keamanan, sama seperti seri smartphone Android One.

Layar depannya memiliki dimensi 6,44 inci, gunakan panel Fluid AMOLED dengan refresh rate 90Hz. Bezelnya terlihat relatif tipis bahkan di sudut bawahnya, dan sudah terlindung oleh lapisan Gorilla Glass 5. Kameranya menganut desain dual punch-hole, diletakkan di sisi kiri atas. Layar OnePlus Nord sudah mendukung standar warna sRGB serta DCI-P3, namun belum mendukung konten HDR.

Yang menarik, kamera depannya memiliki sensor 32MP Sony IMX616, lebih tinggi dalam besaran resolusi jika dibandingkan dengan OnePlus 8 series sekalipun. Kamera tersebut ditemani sensor sekunder 8MP ultra wide-angle, memudahkan pengguna untuk ambil foto dengan latar pemandangan atau group selfie.

Sementara sensor utama kamera belakangnya persis dengan OnePlus 8, yaitu 48MP Sony IMX586 f/1.75, dengan dukungan OIS dan EIS. Tanpa telefoto, sensor lainnya yang menemani adalah 8MP ultra-wdie, 2MP macro dan 5MP depth sensor. Kameranya sanggup merekam hingga resolusi 4K 30fps baik depan maupun belakang, serta dukungan perekaman slo-mo 240fps pada resolusi 1080p.

Pengisian dayanya juga bukan menjadi sisi dimana OnePlus harus memotong fitur agar bisa hadir lebih murah. Pasalnya, OnePlus Nord tetap mendukung teknologi Warp Charge 30T. Dengan baterai 4,115 mAh, pengisian 30 menit melalui port USB-C dapat mencapai hingga 70%. Namun harus gantian ya port-nya, karena perangkat ini tak dilengkapi jack audio 3,5mm.

Harga OnePlus Nord di India

Case OnePlus Nord

OnePlus akan memasarkan OnePlus Nord di beberapa negara Asia seperti India, Hong Kong dan Malaysia, serta wilayah Eropa. Smartphone ini hadir tanpa sertifikasi IP rating, namun OnePlus mengatakan jika 300 timnya telah menguji perangkat untuk tahan tetesan air maupun keringat.

Khusus di India, OnePlus Nord varian termurah hadir dalam kombinasi RAM serta memori internal 6GB LPDDR4x & 64GB UFS 2.1, dijual seharga INR24,999 atau sekitar Rp4,9 juta. Sementara dua varian lain, 8GB+128GB & 12GB+256GB masing-masing dibanderol sekitar Rp5,5 juta & Rp5,9 jutaan.