Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Epic Games: SSD PS5 Lebih Cepat dari PC Saat Ini!

2 624

Tim Sweeney, Founder dan CEO Epic Games, mengutarakan bahwa kemampuan SSD PS5 (Solid State Drive Playstation 5) memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan SSD PC saat ini. Pernyataan tersebut menghadirkan analisis tentang mana yang sebenarnya lebih hebat antara dua konsol next-gen terbaru, PS5 atau Xbox X.

Peningkatan grafis antara konsol di tiap generasi memang lazim ditemukan. Dengan lompatan terbesar tentu saja terjadi pada saat lahirnya Playstation 2. Dengan kemampuan poligon jauh lebih baik dibandingkan pada Playstation generasi pertama.

Hal tersebut juga akan terjadi pada Playstation 5. Sweeney berujar bahwa Sony melakukan terobosan pada hal yang lebih mendasar. Terutama pada peningkatan multi-order bandwith dan pengurangan latensi pada ruang penyimpanan memori.

Baca juga: Sajian Epik dari Epic Games lewat Unreal Engine 5

Kemampuan Baca SSD PS5 Hingga 5GB per Detik

Beberapa waktu lalu, pada bulan Maret 2020, sebelum dirilisnya presentasi demo Unreal Engine 5 yang begitu menakjubkan. Sony telah mengungkapkan bahwa mereka akan menggunakan custom SSD pada konsol PS5. Dengan kemampuan bandwith yang besar.

ssd ps5
sumber: extremetech.com

Sony paling tidak menargetkan kemampuan SSD PS5 akan menghasilkan kemampuan baca sampai 5GB per detik. Lonjakan tersebut sangat jauh dibandingkan hard drive milik PS4 saat ini, dengan kemampuan 50-100 MB per detik saja.

Kemampuan sedemikian cepat dapat mengubah kemampuan loading maupun streaming pada game itu sendiri. “Ini bukan hanya banyak poligon dan memori. Ini juga banyak poligon yang dimuat tiap frame pada saat berjalan melalui lingkungan dan detail seperti ini, yang tak mungkin diliha tanpa terobosan dari Sony,” ujar Sweeney.

Komentar Sweeney sepertinya bermaksud memperlihatkan bahwa apa yang kita lihat dalam tayangan demo Unreal Engine 5 hanya dapat dicapai berkat terobosan dari Sony. Karena memang tayangan tersebut berupa live demo menggunakan kinerja dari perangkat Playstation 5 yang belum juga dirilis.

Pada akhirnya Sweeney pun menegaskan bahwa arsitektur SSD PS5 dari Sony berada jauh di depan, “dari solusi SSD yang dapat Anda beli untuk PC saat ini. Dan sangat menyenangkan melihat konsol mendorong lebih jauh kemampuan PC high-end dengan cara begini,” ujar Sweeney dikutip dari IGN.com.

SSD PS5 Meniadakan Loading Time

Kemampuan dan peningkatan SSD PS5 yang sedemikian masif, pada akhirnya akan membuat pengalaman gaming turut meningkat. Tidak hanya kualitas visual lewat pencahayaan dan poligon yang semakin rapat. Di sana ada peluang menikmati alur gaming yang semakin halus di tiap bagiannya.

Playstation 5 dapat meniadakan waktu loading ketika terjadi perpindahan dari satu ruang tempat ke tempat lain. Seperti halnya pada demo Unreal Engine 5, ketika sang tokoh berpindah dari bagian gua ke luar ruang dengan halus. Untuk kemudian segera melakukan aksi berbeda.

Sony juga telat merilis beberapa bagian dari PS5 di antaranya AMD Zen 2-based CPU with 8 cores at 3.5GHz, 16GB of GDDR6 memory, dan RDNA 2 AMD GPU that puts out 10.28 TFLOPs of processing power. Jadi makin gak sabar nih!